KEBIJAKAN PRIVASI


Aplikasi YUKK adalah sebuah layanan aplikasi yang berperan sebagai penghubung antara customers dengan retailers dengan memberikan nilai tambah yang berfokus pada Fashion, Food & Beverages, dan Services (“Aplikasi YUKK”), yang dioperasikan oleh PT Yukk Kreasi Indonesia (“Kami”).

Kebijakan Privasi ini menjelaskan cara Kami mengumpulkan, menyimpan dan menggunakan data dan/atau informasi pengguna ketika mengunjungi dan/atau menggunakan website dan/atau Aplikasi YUKK (“Data Pribadi”). Harap memperhatikan segala ketentuan pada Kebijakan Privasi ini dengan teliti dan seksama. 

Dengan mengakses dan menggunakan Aplikasi YUKK, pengguna dianggap telah membaca, memahami, mengakui dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengolahan dan berbagi Data Pribadi pengguna seperti yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini.

Kami berhak untuk memodifikasi, mengganti, menambah, mengurangi, mengubah dan/atau melakukan hal-hal lainnya yang Kami pandang perlu untuk dilakukan terhadap Kebijakan Privasi ini, dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, baik sebagian maupun seluruhnya. Pengguna setuju bahwa hal tersebut akan menjadi tanggung jawab pengguna untuk meninjau Kebijakan Privasi yang disediakan dalam Website atau melalui Aplikasi YUKK. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Aplikasi YUKK, maka pengguna dianggap mengakui dan menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.
 

1. Data dan/atau Informasi yang Kami Kumpulkan
Data Pribadi merupakan informasi tentang pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, alamat tempat tinggal, alamat email, jenis kelamin, pekerjaan, nomor handphone, lokasi, informasi rekening bank, informasi kartu kredit dan/atau informasi lain yang Kami pandang sebagai informasi yang berkaitan dengan penggunaan layanan dan/atau Aplikasi YUKK.

Penyerahan Data Pribadi pengguna adalah bersifat sukarela. Namun, pengguna harus memahami bahwa tanpa penyerahan Data Pribadi tersebut, Kami tidak dapat melanjutkan proses pendaftaran pada Aplikasi YUKK dan tujuan lain sebagaimana diuraikan dibawah ini.


2. Pengumpulan Data Pribadi Pengguna
Kami mengumpulkan Data Pribadi pengguna dengan tujuan untuk pengelolaan permintaan pembuatan akun dan penggunaan Aplikasi YUKK. Kami mengumpulkan Data Pribadi pengguna melalui: a) pengisian aplikasi pendaftaran pada Aplikasi YUKK, b) penggunaan layanan Aplikasi YUKK, c) pengajuan pengaduan/keberatan/bantuan terkait layanan dan/atau Aplikasi YUKK dan/atau sistem Kami, d) komunikasi pengguna dengan Kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, e) pembaharuan informasi pribadi oleh pengguna, f) permintaan data pengguna oleh Kami untuk keperluan peningkatan atau pengembangan kualitas layanan dan/atau Aplikasi YUKK dan/atau sistem Kami, f) kunjungan pengguna pada website Kami, g) cookies yang digunakan pada website Kami, h) pengguna mengikuti acara atau kegiatan yang Kami selenggarakan, i) media sosial Kami jika pengguna mengikuti dan melakukan interaksi dan/atau j) cara lain yang Kami pandang berkaitan dengan layanan dan/atau Aplikasi YUKK.

Pengguna mengerti dan memahami bahwa Data Pribadi yang Kami kumpulkan akan diolah dan diproses untuk penggunaan dan kelancaran layanan dan/atau Aplikasi YUKK. Tanpa pengolahan Data Pribadi tersebut, pengguna tidak akan dapat menggunakan layanan dan/atau Aplikasi YUKK.

Harap dipahami bahwa keamanan dan kerahasiaan dari kata sandi pengguna dan YUKK ID pengguna adalah tanggungjawab pengguna sendiri, sehingga Kami tidak bertanggungjawab atas segala akibat yang ditimbulkan oleh kelalaian pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi dan YUKK ID pengguna.


3. Penggunaan Data Pribadi Pengguna
Kami dapat menggunakan Data Pribadi yang Kami kumpulkan untuk menyediakan, mengoperasikan, memelihara, dan/atau meningkatkan kualitas layanan dan/atau Aplikasi YUKK dan/atau sistem Kami. Lebih lanjut, Kami dapat menggunakan Data Pribadi pengguna untuk, termasuk namun tidak terbatas pada tujuan: a) untuk menyediakan akun pengguna dan penggunaan layanan pada Aplikasi YUKK, b) melaksanakan kewajiban Kami sesuai Syarat dan Ketentuan, c) menyediakan/memberikan layanan kepada pengguna, d) memberitahukan informasi terkait promo yang sedang berlangsung kepada pengguna, e) menanggapi keberatan/pengaduan/pertanyaan dari pengguna, f) administrasi internal Kami, g) mengembangkan atau meningkatkan layanan dan/atau Aplikasi YUKK, h) tujuan promosi dengan mengirimkan informasi terkini tentang layanan dan/atau Aplikasi YUKK, i) ucapan salam dari Kami atas hari-hari tertentu, j) undangan atas event kami, k) tujuan lain yang Kami anggap berkaitan dengan penggunaan Aplikasi YUKK, dan/atau sistem, dan/atau tujuan lain yang tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

 

4. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna
Kami dapat mengungkapkan atau membagikan Data Pribadi pengguna kepada: a) pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami untuk tujuan menyediakan layanan kepada pengguna, b) rekan/mitra yang bekerjasama dengan Kami untuk kegiatan, tujuan atau program tertentu, c) penasihat Kami, termasuk namun tidak terbatas pada penasihat hukum, penasihat keuangan, konsultan, dan auditor internal, d) pemerintah dan/atau pihak ketiga atas perintah putusan pengadilan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, e) membantu proses hukum dan penegak hukum, f) pihak lain dalam rangka melindungi dan mengamankan layanan dan/atau Aplikasi YUKK, dan/atau g) sehubungan dengan transaksi perusahaan, seperti merger, akusisi, peralihan aset, h) tujuan lain yang dalam rangka melindungi Aplikasi YUKK dan penggunaannya, dan/atau i) pihak ketiga yang dipandang perlu oleh Kami berkaitan dengan layanan dan/atau Aplikasi YUKK dan/atau sistem Kami.

Website Kami mungkin berisi link atau situs website pihak ketiga. Harap dipahami bahwa Kami tidak bertanggungjawab atas pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan data dan informasi pengguna oleh pihak ketiga tersebut. Apabila pengguna memberikan data atau informasi kepada pihak ketiga tersebut, maka kebijakan privasi pada situs tersebutlah yang berlaku dan Kami tidak bertanggungjawab atas penggunaan dan pengungkapan data atau informasi oleh situs tersebut.
 

5. Perlindungan Data Pribadi Pengguna
Kami menggunakan pengamanan yang sah dan wajar untuk menjaga keamanan Data Pribadi pengguna. Namun, perlu diketahui bahwa ini bukanlah jaminan bahwa Data Pribadi pengguna tidak dapat diakses dan diungkapkan dengan pelanggaran keamanan Kami.

Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi dan/atau YUKK ID dan/atau informasi lain terkait akun pengguna.

Dalam keadaan tertentu, pengguna dimungkinkan untuk memberikan Data Pribadi atas orang lain, misalnya pasangan pengguna, anggota keluarga, atau teman pengguna. Dalam keadaan seperti itu, pengguna menyatakan dan menjamin bahwa pengguna mempunyai hak dan kewenangan untuk memberikan Data Pribadi mereka kepada Kami dan pengguna dianggap telah mendapatkan persetujuan dari mereka bahwa Data Pribadi mereka akan dikumpulkan, diolah, dan dipergunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.


6. Perlindungan Data Transaksi Pengguna
Segala data atau informasi terkait transaksi yang dilakukan oleh pengguna dalam Aplikasi YUKK akan direkam dan disimpan dalam sistem Kami. Dengan mengakses atau menggunakan Aplikasi YUKK, pengguna mengakui dan menyatakan setuju bahwa Kami dapat mengumpulkan, menyimpan, mengolah, menggunakan dan/atau mengungkapkan data atau informasi terkait transaksi tersebut.


Atas alasan yang dianggap wajar oleh Kami, pengguna dapat meminta data atau informasi terkait transaksi tersebut, namun terbatas pada data atau informasi atas transaksi yang dilakukan selama-lamanya 1 (satu) tahun sebelumnya.

Atas perintah pengadilan dan penegak hukum lainnya, Kami dapat mengungkapkan data atau informasi terkait transaksi pengguna, sepanjang data atau informasi terkait transaksi tersebut masih tersimpan dalam sistem Kami.
 

7. Ketentuan Lain
Dengan mengakses dan menggunakan Aplikasi YUKK, pengguna mengakui telah membaca, memahami dan mengerti seluruh isi Kebijakan Privasi ini, dan oleh karenanya pengguna menyatakan telah menyetujui Kebijakan Privasi ini.

Kami berhak untuk mengubah, memperbaharui, atau memodifikasi Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karenanya, menjadi tanggungjawab pengguna untuk memeriksa perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi pada website Kami. Sepanjang pengguna mengakses dan menggunakan Aplikasi YUKK, maka pengguna dianggap telah menyetujui perubahan atau pembaharuan dalam Kebijakan Privasi ini.

Jika terdapat pertanyaan terkait Kebijakan Privasi ini, dapat disampaikan ke email info@yukk.co.id atau mengirimkan surat ke alamat berikut:

PT Yukk Kreasi Indonesia
Palmrya Utama, Ruko De Mansion
Jl. Jalur Sutera No.17, RT.001/RW.014 
Kunciran, Kec. Pinang
Kota Tangerang, Banten 15143
Indonesia

Pertanyaan Seputar Complaint Handling


1. Apakah menggunakan jasa payment gateway YUKK Payment Gateway aman ?
YUKK PG adalah salah satu jasa pembayaran yang mempunyai standar keamanan dan sistem pencegahan penipuan terkini, kami juga mengimplementasikan beberapa teknik deteksi pencegahan transaksi fraud yang di dukung oleh FDS (Fraud Detection System) dan tim Risk Management untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui YUKK PG.

2. Sejauh mana YUKK Payment Gateway  menjaga keamanan informasi pelanggan?
Sebagai penyedia jasa pembayaran YUKK PG telah memliki sertifikasi keamanan data informasi PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) tingkat 1, yaitu level tertinggi standar keamanan data informasi pelanggan, pemegang kartu baik kartu kredit, ATM, debit maupun e-money. Sertifikasi ini membuktikan bahwa YUKK PG komitmen dan patuh pada standar kemanan ekosistem pemrosesan kartu dan termasuk perangkat-perangkat di dalamnya.

3. Merchant mengalami tindakan penipuan dari seseorang atau oknum melalui transaksi menggunakan YUKK Payment Gateway, bagaimana saya melapor hal tersebut? 
Apabila Anda merasa menjadi sasaran tindakan penipuan melalui perantara transaksi menggunakan YUKK PG, dimohon melaporkan transaksi tersebut melalui email info@yukk.co.id secepatnya atau dapat menghubungi no telepon 021-31108040 dengan menyertakan :

  • Data transaksi (nama, email, alamat lokasi, jumlah transaksi, no telepon)
  • Bukti transaksi ( Struk pembayaran, invoice, dll)
  • Pelaporan pengaduan kepada bank atau instansi terkait
  • Pelaporan kepolisian
4. Bagaimana jika merchant menemukan atau menerima pelaporan penipuan? 
Berikut cara-cara yang mungkin dapat berguna dilakukan di sisi merchant:
  • Pastikan untuk menganalisa transaksi sedetail mungkin dari mulai informasi pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis pembayaran yang digunakan, histori transaksi dan lain-lain.
  • Apabila terdapat kemungkinan mengarah pada transaksi penipuan, blok akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan transaksi. Apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan.
  • Masukan ke dalam daftar hitam/blacklist seperi : Nama Pengguna, Email ID, Nomer kartu kredit, ID perangkat dan lain-lain.
  • Demi keamanan jangan memberikan informasi rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis, contoh : Surat kepolisian, atau instansi yang berwenang.
  • Lakukan pembenahan teknis dan non teknis dan menutup celah-celah yang dapat di susupi oleh penipu sebagai sasaran tindak kejahatan.
  • Selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh: Payment Gateway (YUKK) Bank, regulator, dan lain-lain untuk dapat bertukar informasi umum mengenai tindakan penipuan terkini yang umumnya terjadi pada industri yang sama
5. Apa yang perlu dilakukan terdapat sanggahan dari pelanggan atau bank (dispute)?
Sanggahan atau yang biasa dikenal dengan dispute adalah hal yang umum terjadi pada transaksi online menggunakan kartu kredit. Ini terjadi karena transaksi online dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian kartu kredit. Sehingga bank memberikan kesempatan untuk melakukan proses mediasi antara pemilik kartu dan pedagang (merchant) untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual-beli semestinya. Oleh karena itu apabila merchant mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah yang perlu dilakukan :
  • Memberikan detail informasi transaksi selengkap mungkin, contoh: informasi pengguna, alamat rumah, alamat billing, detail pengiriman barang, invoice dan lain-lain.
  • Apabila perlu dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen.
  • Menyertakan TNC, disclaimer atau ketentuan-ketentuan merchant pada pelanggan.
  • Membuktikan bahwa merchant telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3ds, OTP (on time password), dan lain-lain.
​6. Apa yang terjadi jika sanggahan tersebut menjadi chargeback dan biaya apa saja yang akan ditanggung?
Chargeback terjadi apabila pihak principal dimana Visa atau Mastercard menyatakan seluruh dokumen yang diberikan merchant tidak dapat mendukung sanggahan yang dilakukan oleh pemegang kartu. Apabila terdapat chargebackmerchant harus membayar atau mengembalikan sejumlah transaksi yang disanggah tersebut kepada pemegang kartu kredit. Namun dalam hal ini tidak ada biaya tambahan lain yang dibebankan oleh YUKK PG kepada merchant.

7. Bagaimanakah proses pengembalian dana atau refund pada YUKK PG?
Untuk tipe merchant fasilitator dimana merchant secara legalitas terhubung langsung dengan bank dan menerima dana settlement langsung dari bank, maka apabila terdapat chargeback pada umumnya dana akan di potong otomatis oleh pihak bank. Namun untuk tipe merchant aggregator dimana merchant ID terdaftar melalui YUKK PG maka tim YUKK PG akan memberikan notifikasi untuk dilakukan pemotongan dana kepada merchant sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
YUKK - Simplifying Your Lifestyle
BERLANGGANAN NEWSLETTER

DAN SELALU JADILAH YANG PERTAMA MENDAPATKAN UPDATE TERBARU MENGENAI YUKK

TEMUKAN YUKK DI

DOWNLOAD SEKARANG, GRATIS!

Download aplikasi YUKK Android di Google Playstore Download aplikasi YUKK iOS di App Store

Hak Cipta © 2021 PT. YUKK Kreasi Indonesia (YUKK Indonesia).
All rights reserved.