YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Singapura tercatat menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang terperosok ke dalam jurang resesi ekonomi. Negara itu jatuh ke dalam resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonominya minus dalam dua kuartal berturut-turut. Pertumbuhan ekonomi tertekan setelah pemerintah Singapura melakukan pembatasan sosial hingga penguncian wilayah untuk memutus penyebaran virus Corona.

Beberapa negara di kawasan ASEAN pun diprediksi mengalami resesi seperti Singapura. Menurut Morgan Stanley, lembaga riset internasional, ada 2 negara yang akan segera menyusul Singapura, yaitu Thailand dan Filipina. Kedua negara itu sudah mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus sejak kurtal pertama 2020.

Lalu Indonesia? Lembaga riset itu memperkirakan bahwa setelah Thailand dan Filipina, Malaysia dan Indonesia pun masuk dalam jurang resesi. Namun, proyeksinya baru akan terjadi pada kuartal ketiga 2020 karena pertumbuhan ekonomi Malaysia masih 0,7% pada kuartal pertama dan Indonesia sebesar 2,97% pada Januari-Maret 2020.

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sebuah negara sudah jatuh ke dalam jurang resesi ekonomi. Menurut Menurut Direktur Eksekutif Institute Development of Economic and Finance (Indef), Tauhid Ahmad, salah satu tanda paling mudah adalah menurunnya pendapatan masyarakat karena wabah dan karena kehilangan pekerjaan. Tanda lainnya adalah laju pemutusan hubungan kerja yang masih terus terjadi dan bantuan sosial untuk masyarakat masih diberikan.

Lalu apa yang harus dilakukan masing-masing orang dalam masa yang sulit ini? Yang paling mudah dan paling sederhana adalah hidup hemat. Bahkan ini adalah cara paling baik.

Hemat adalah senjata utama untuk bisa melewati resesi. Tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Tidak mengeluarkan uang yang besar untuk sesuatu yang sebenarnya bisa didapatkan dengan murah. Pada titik ini, manajemen keuangan yang tegas adalah kuncinya.

YUKK memahami kondisi ini. YUKK memahami kesulitanmu. Dan YUKK hadir untuk membantumu melewati masa-masa sulit ini. Berikut ini ada beberapa poin penting yang harus kamu lakukan:

Susun anggaran belanja

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
Belanja kebutuhanmu melalui YUKK Online (Grafis: YUKK)

Berhentilah hidup tanpa aturan. Tanpa manajemen. Mulai sekarang, susunlah anggaran belanjamu. Apa saja kebutuhanmu dalam sebulan? Berapa uang untuk membeli barang-barang kebutuhanmu?Berusahalah konsisten pada daftar yang sudah kamu susun itu. Belanjalah sesuai dengan apa yang ada di dalam daftar itu.

Barang-barang kebutuhan pokok itu bisa kamu dapatkan melalui YUKK Online. Ada banyak toko daring yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok. Ada makanan, minuman, pakaian, dan lainnya. Semuanya dijual dengan harga yang terjangkau.

Prioritaskan pos penting

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
Pos penting seperti iuran BPJS Kesehatan harus diprioritaskan (Grafis: YUKK)

Menghambur-hamburkan uang selama resesi adalah sebuah tindakan bunuh diri. Uang harus dikeluarkan sesuai dengan tingkat kepentingannya. Yang diprioritaskan adalah yang utama. Bagaimana persediaan makanan dan minuman selama sebulan? Apakah dana kesehatan sudah disiapkan? Apakah dana untuk membayar tagihan air, listrik, gas, iuran kartu kredit, dan angsuran sudah disisihkan? Lalu bagaimana dengan dana untuk membeli paket data dan pulsa telepon? Ingat, kamu membutuhkan internet untuk melakukan bisnis dalam jaringan (online).

YUKK sudah merilis fitur-fitur yang mempermudah kamu dalam membayar tagihan-tagihan pentingmu itu: tagihan BPJS Kesehatan, angsuran, iuran kartu kredit, iuran TV kabel dan internet, iuran listrik, tagihan air, dan tagihan gas. Kamu bisa membayar semua tagihanmu itu melalui fitur “Billing”. Jika kamu ingin membeli pulsa telepon dan paket internet, kamu bisa membuka fitur “Pulsa & Paket Data”.

Cari yang murah

Pulsa dan Paket Data yang Murah Ada di YUKK
Promo Pulsa dan Paket Data di YUKK (Grafis: YUKK)

Seperti sudah disebutkan di atas, hidup hemat dalam situasi yang sulit seperti ini adalah kunci. Itu berarti bahwa semua uang yang kamu keluarkan harus benar-benar kamu perhitungkan. Jika kamu mengeluarkan uang untuk barang ini, apakah masih ada uang untuk kebutuhan lainnya? Oleh karena itu, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah cari yang lebih murah.

YUKK membantu kamu dalam hal ini. Harga pulsa dan paket internet yang disuguhkan YUKK sangat murah. Ada yang biaya administrasinya hanya Rp500. Ada yang hanya Rp1.000. Bahkan ada yang tidak ada tambahan biaya apa pun. Jika kamu ingin membeli pulsa Smartfren senilai Rp100 ribu, misalnya, maka yang kamu bayar adalah Rp100 ribu. Tidak ada tambahan biaya lagi.

Jika kamu membeli pakaian, kamu bisa membelinya melalui YUKK Online. Di situ ada banyak toko yang menawarkan harga yang murah. Salah satunya adalah Verio Store. Saat ini, Verio Store sedang menggelar summer sale. Semua produk, mulai dari fashion  dari brand  ternama hingga teknologi, dijual dengan potongan harga hingga 60%. Sangat murah!

Ada cashback?

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
Jika kamu membayar iuran listrik, gas, dan air lewat YUKK, kamu akan mendapatkan cashback yang gede (Grafis: YUKK)

Selain potongan harga, yang juga harus kamu perhatikan adalah cashback. Mengapa? Karena faktor ini akan sangat mempengaruhi manajemen keuanganmu selama masa-masa sulit. Dengan cashback, kamu akan lebih irit.

Sederhananya begini: jika kamu ingin membeli sesuatu, perhatikan apakah ada cashback yang bisa kamu dapatkan dari transaksi itu atau tidak. Jika ada, belilah barang itu. Mengapa? Karena cashback itu bisa kamu gunakan untuk membayar tagihan atau membeli barang lainnya. Dengan begitu, dana untuk barang atau pos lain itu bisa kamu tabung atau sisihkan sebagai dana darurat.

Misalnya, kamu ingin membeli pulsa telepon dan paket data. Jika kamu membelinya melalui YUKK, kamu akan mendapatkan cashback 10%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point yang jumlah maksimalnya mencapai 10.000 poin. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, Angsuran, TV Kabel & Internet, dan membeli voucher game dan paket Spotify, JOOX, dan Sushiroll. Itu berarti bahwa dana untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, angsuran, dan lainnya berkurang. Sisa dana atau dana lebih yang sudah kamu siapkan untuk pos itu bisa kamu tabung.

Pilih voucher belanja

YUKKers, Resesi Ekonomi Sudah di Depan Mata; Jangan Boros!
YUKK punya banyak voucher belanja dengan harga yang sangat murah (Grafis: YUKK)

Jangan malu belanja menggunakan voucher. Dalam situasi yang sulit, belanja kebutuhan dengan voucher  adalah pilihan yang sangat masuk akal. Bukankah mendapatkan voucher belanja dengan nilai tertentu dengan harga yang murah lebih masuk akal daripada membeli satu barang dengan harga yang mahal?

YUKK membantu kamu dengan merilis fitur “Voucher”. Dalam fitur ini, kamu bisa mendapatkan banyak jenis voucher  dengan harga yang sangat murah. Untuk mendapatkan voucher apotek K24  senilai 100.000, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp92.000. Kamu lebih hemat Rp8.000. Jika kamu ingin mendapatkan voucher Es Teler senilai 50.000, kamu hanya perlu membayar Rp47.500. Lebih hemat.

Kabar gembiranya adalah, untuk setiap pembelian voucher, kamu mendapatkan cashback 20%. Cashback  ini diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 20.000 poin. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dan lainnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry