YUKKers, Begini Cara Melawan Hoax Tentang Corona

Begini Cara Melawan Hoax tentang Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Senin (20/7) lalu, terjadi penambahan 1.693 kasus Covid-19, sehingga jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 88.214 kasus. Sebanyak 46.977 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Dan sebanyak 4.239 orang meninggal dunia.

Jika diperhatikan sungguh-sungguh, hampir setiap hari terjadi penambahan kasus dengan jumlah lebih dari 1.000 kasus. Bahkan terjadi dalam beberapa hari berturut-turut. Tentu ini bukanlah kabar yang baik.

Mengapa kasus harian terus bertambah dengan angka yang sangat signifikan? Ada banyak faktor. Salah satunya adalah masih banyak orang yang lalai; masih banyak orang yang abai; masih banyak orang yang menganggap bahwa wabah ini tidak sangat mengerikan.

Begini Cara Melawan Hoax tentang Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ada banyak hal yang membuat orang lalai, abai, dan tidak menganggap serius masalah ini. Salah satunya adalah hoax. Selama wabah ini berlangsung, ada begitu banyak hoax yang beredar di tengah masyarakat. Misalnya, tidak ada virus Corona, penyakit Covid-19 adalah konspirasi sejumlah negara, Covid-19 tidak sangat mengerikan, Covid-19 hanyalah flu biasa, dan lain-lain.

Yang teranyar adalah komentar seorang penyanyi bernama Anji. Dia memberikan tanggapan atas sebuah foto bidikan seorang fotografer bernama Joshua Irwandi untuk majalah National Geographic edisi Agustus 2020. Foto yang memperlihatkan jenazah pasien Covid-19 yang dibungkus dengan plastik dan diletakkan di atas kasur di sebuah rumah sakit.

Penyanyi itu mengakui bahwa Covid-19 ada. Namun, menurutnya, Covid-19 bukanlah penyakit yang sangat mengerikan.

“Saya percaya cvd (COVID-19) itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu,” tulisnya dalam akun Instagram-nya.

Begini Cara Melawan Hoax tentang Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, Msc, sikap meremehkan dan menganggap Covid-19 tidak berbahaya akan membuat orang tidak mematuhi protokol kesehatan. Jika protokol kesehatan tidak dipatuhi, grafik kasus Covid-19 pasti meningkat.

“Pasti naiklah. Kalau semua abai, pasti, ya, naik. Kira-kira hari ini 1.000, besoknya 2.000, dan bisa bertahan lama. Atau bahkan bisa sampai 3.000,” katanya seperti dikutip YUKK dari detikcom, Senin (20/7) lalu.

Pandu Riono, ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), juga mengatakan hal yang sama. Meningkatnya grafik kasus baru Covid-19 pada akhir-akhir ini juga dipengaruhi oleh masih adanya orang yang ragu dan meremehkan virus ini.

“Sebagian dipengaruhi oleh itu. Kalau itu banyak, pasti, kan, nggak mau pakai masker. Jadi, kalau nggak pakai masker, ya berisiko terkena,” katanya.

Begini Cara Melawan Hoax tentang Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, menegaskan bahwa virus Corona berbahaya dan cepat menular. Orang yang masih ragu akan infeksi dari virus ini disarankan untuk bertanya kepada pasien yang sudah sembuh.

“Apabila masih punya keraguan, akseslah dan kumpulkanlah terus informasi dari seluruh dunia. Baik dari WHO, Kemenkes, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan simak kesaksian penyintas atau mereka yang baru saja pulih dari Covid-19,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube, Senin (20/7) lalu.

Pulsa dan Paket Data yang Murah Ada di YUKK
Promo Pulsa dan Paket Data di YUKK (Grafis: YUKK)

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengakses dan mengumpulkan informasi yang benar. Kamu hanya memerlukan akses internet yang cepat untuk mencari sumber informasi yang valid. Pulsa telepon dan paket internet yang murah bisa kamu dapatkan melalui YUKK. Harganya murah untuk semua provider.

Untuk para pelanggan Axis, pulsa dengan nominal Rp25.000 bisa kamu dapatkan hanya dengan uang sebesar Rp25.500. Hanya dengan Rp23.000, kamu sudah bisa mendapatkan paket Bronet 4G Owsem 1 GB + 1GB (4 GB). Paket Bronet 4G Owsem 3 GB + 9 GB (4 GB) hanya senilai Rp75.000. Dan paket Bronet 24 Jam 5 GB 60 Hari hanya senilai Rp53.000. Sangat murah!

(Grafis: YUKK)

Paket data dan pulsa telepon untuk pelanggan Telkomsel juga tidak tanggung-tanggung murahnya. Cukup dengan Rp11.000, kamu sudah bisa mendapatkan pulsa senilai Rp10.000. Kamu ingin membeli pulsa senilai Rp75.000? Bisa! Harganya hanya Rp75.000. Kalau senilai Rp100.000? Kamu hanya cukup membayar Rp99.000.

Mau tahu harga untuk paket datanya? Untuk Telkomsel Direct Paket Data (Games Max. 25.000), kamu hanya perlu membayar Rp25.500. Untuk Telkomsel Direct Paket Data 15 GB (Maxstream Gala), kamu hanya cukup membayar Rp99.000. Kalau paket data 12 GB + 2 GB OMG? Hanya Rp99.000.

Belanja online pakai aplikasi YUKK dalam era New Normal
(Foto: Dok. YUKK)

Kabar gembiranya adalah untuk setiap pembelian pulsa telepon dan pengisian paket data, kamu akan mendapatkan cashback 10%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point yang jumlah maksimalnya mencapai 10.000 poin. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi lain seperti membayar iuran BPJS Kesehatan, Angsuran, TV Kabel & Internet, dan membeli voucher game dan paket Spotify, JOOX, dan Sushiroll.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry