Wow, Rumah Kumuh Ini Berharga Triliunan Rupiah

News | 22 December 2017
Rumah "cumul" berharga triliunan rupiah
(Foto: nola.com)

Pada tahun 2016 lalu, sebuah rumah di New Orleans, Amerika Serikat, menarik perhatian dunia. Rumah yang terletak di Jl. Dauphine No. 612, Distrik French Quarter, itu menjadi buah bibir orang, khususnya para agen properti, karena tidak “sinkron”-nya tampilan fasad dan harga jual.

Mengapa tidak sinkron? Perhatikan fasad rumah itu! Rumah itu, selayang pandang, terlihat seperti “terdesak” oleh dua bangunan besar dan tinggi. Terlihat sangat lusuh. Kumuh. Cat temboknya sudah kumal. Bekas retakan terlihat di mana-mana.

Perhatikan pintu-pintunya! Desain empat pintu itu sangat kuno. Warna catnya sudah luntur. Bahkan sekilas terlihat seperti terkelupas di mana-mana. Pintu pagar yang terletak di pojok kiri dan kanan pun sama. Desainnya kuno. Terlihat seperti didesain seadanya. Ukurannya sangat kecil. Hanya untuk keluar-masuk sepeda motor.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Deretan rumah bergaya Eropa di salah satu sudut French Quarter (Foto; nola.gov)

Perhatikan juga atap rumah itu! Warna gentingnya tidak merata. Sebagian putih keabu-abuan. Sebagian cokelat kehitaman. Tidak seperti warna genting bangunan yang menghimpitnya.

Jika fasadnya tidak menarik, lalu mengapa harganya begitu mahal? Apa yang membuat rumah ini punya nilai jual yang tinggi? Bahkan menjadi salah satu rumah dengan harga termahal pada tahun 2016 lalu?

Sejak 200 tahun yang lalu
Hanya dari fasadnya saja orang bisa tahu bahwa rumah itu bukanlah rumah modern. Itu rumah zaman dahulu. Dari desainnya saja orang bisa tahu bahwa rumah itu adalah rumah orang Eropa pada zaman dahulu.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Salah satu sudut French Quarter (Foto: google)

Memang demikian. Rumah itu sudah berumur 200 tahun. Berdiri di kawasan yang disebut French Quarter di kota New Orleans. Kawasan itu disebut juga Vieux Carre atau Vieux Carre Historic District. Kawasan itu adalah kawasan tertua dari kota yang dibangun oleh Jean-Baptiste Le Moyne de Bienville pada tahun 1718 itu.

Rumah itu sempat bergonta-ganti pemilik. Sampai pada akhirnya rumah itu dibeli oleh Lenny Kravitz, salah satu musisi terkenal di Amerika Serikat. Pelantun lagu Again itu merenovasi dan mendesain ulang interior rumah itu. Sementara bagian luar rumah dibiarkan sama seperti sebelumnya. Seperti aslinya.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Lenny Kravitz (Foto: lennygkravitz.com)

Pada tahun 2012 lalu, Lenny menjual rumah itu kepada Brian Swier dengan harga US$655 ribu atau setara dengan Rp9 miliar. Pada tahun 2016 lalu, rumah itu dijual lagi. Mau tahu berapa harganya? US$1,16 juta. Harga yang tentu saja sangat tidak “sinkron” dengan tampilan luar rumah itu.

Sangat Mewah

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Dapur yang mewah (Foto: nola.curbed.com)

Mengapa harganya bisa semahal itu? Faktor pertama adalah historisitas rumah itu. Menurut Rachel Perkoff dari Re/Max N.O. Properties, seperti dilansir dari nola.com, desain eksterior rumah itu tidak diubah sama sekali. Tetap dibiarkan sebagaimana rumah itu dibangun pada sekitar tahun 1830.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Ruangan keluarga, ruangan makan, dan dapur sengaja dibuat terbuka dan tanpa sekat (Foto: nola.com)

Hal kedua yang membuat harga rumah dengan luas 1.500 m2 itu sangat mahal adalah elegannya desain interior. Setelah didesain kembali, bagian dalam rumah itu tampak sangat mewah. Terlihat sangat kokoh karena terbuat dari kayu eboni.

Ruangan keluarga, ruangan tamu, dan ruangan makan terletak di lantai satu. Semua ruangan itu sengaja dibuat menyatu. Tanpa partisi permanen. Partisinya hanyalah furnitur.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Kamar tidur (Foto: nola.com)

Furnitur di ruangan keluarga ini sangat berkelas. Elegan. Lihat saja sofa cokelat kehitaman yang diletakkan di atas permadani tebal. Sofa berbentuk leter L itu diletakkan tidak jauh dari tangga menuju lantai 2.

Kamar tidur dengan konsep terbuka ada di lantai 2. Di situ, ada dua tempat tidur.  Desain yang tepat membuat kamar tidur ini terasa spesial. Tidur di ruangan ini tidak ubahnya tidur di atas loteng.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Kamar mandi (Foto: nola.com)

Kemewahan rumah ini tercermin juga dari kemewahan kamar mandinya. Lantai dan dindingnya dilapisi marmer mewah. Desainnya benar-benar modern.

Rumah "kumuh" berharga triliunan rupiah
Teras belakang (Foto: nola.com)

Kekhasan lain dari rumah ini adalah teras belakang. Teras rumah ini tidak diubah atau direnovasi. Tetap dibiarkan seperti semula. Di situ ada sebuah meja bundar dan beberapa kursi. Suasana terasa segar dengan hadirnya beberapa pot bunga.

 

#YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
1
angry