Wow, Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018

Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018
(Foto: google)

Sebuah video yang diunggah laman Deutschland sucht den Superstar 2018 (DSDS 2018) beberapa waktu lalu menjadi perbincangan hangat warganet di Indonesia. Dalam video itu tampak seorang pemuda berdiri di hadapan 4 orang juri dan membawakan sebuah lagu. Judulnya Bring Him Home; sebuah lagu dari film musikal berjudul Les Miserables (2012). Ia tampil dengan udeng (ikat kepala dari Bali).

Para juri itu adalah orang-orang yang punya nama besar dalam dunia musik di tanah Bavaria. Mereka adalah Dieter Bohlen, seorang musisi, Ella Endlich dan Carolin Niemczyk, penyanyi, dan seorang produser bernama Mousse T. Dari keempat orang ini, Dieter Bohlenlah yang paling antusias menikmati penampilan pemuda itu.

Mengapa pemuda itu menjadi buah bibir warganet di tanah air? Karena pemuda itu berasal dari Kalimantan Barat. Tepatnya dari Dusun Saburayang, Desa Kelampai Setolo, Kecamatan Meranti, Kabupaten Landak. Namanya adalah Robian “Robinto” Pangarepo. Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi di Muenchen, Jerman.

Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018
Para juri (Foto: tvmovie.de)

Memang tidak semua juri dalam ruangan audisi itu memberikan kata “yes”. Namun, seperti dilansir thejakartapost.com, pujian Dieter Bohlen dan Carolin Niemczyk sudah cukup membawanya ke tahap selanjutnya. Ia lolos audisi.

Dengan mata yang berbinar, sambil menggenggam tiket DSDS 2018, ia keluar dari ruangan audisi dan bergabung dengan peserta lain yang sedang menunggu giliran. Ia benar-benar terharu karena bisa lolos audisi ajang pencarian bakat itu.

“Menyanyi adalah kehidupanku. Aku rasa DSDS bisa mengubah kehidupanku,” katanya di hadapan para peserta lain. Lantaran begitu terharu, ia tidak bisa membendung air matanya.

Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018
(Foto: google)

Lima Kali Audisi
Mengikuti ajang pencarian bakat di negara lain sebenarnya bukanlah hal yang asing. Sebelum Robinto, sudah ada beberapa anak Indonesia yang mengikuti ajang serupa. Sebut saja Sandhy Sondoro yang menjuarai New Wave 2009 di Latvia. Ada juga Eirene Dili Artris yang mengikuti Switzerland’s Got Talent 2015 dan pasangan ibu-anak, Ana dan Fia, yang menarik perhatian banyak orang dalam Britain’s Got Talent 2016.

Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018
(Foto: YouTube)

Ia mengikuti ajang DSDS 2018 itu setelah membaca iklan melalui internet ketika sedang berada dalam perjalanan dari sebuah kota di perbatasan Austria-Jerman. Ia, seperti dikatakannya dalam vlog-nya di YouTube, mencoba mengikuti ajang itu hanya untuk merasakan seperti apa kehebohan acara pencarian bakat seperti itu. Aksi Eirene Dili dan Ana-Fia ikut menginspirasinya.

Ia mendaftarkan diri dan mengirim aplikasi kepada tim DSDS. Beberapa waktu kemudian, ia mendapatkan balasan. Ia disuruh mengikuti audisi tingkat kota di Muenchen.

Proses audisi berlangsung selama 5 kali. Pada hari pertama, ia membawakan sebuah lagu dari Andy William. Setelah itu, ia mengikuti workshop di daerah Koeln. Kemudian masih ada beberapa audisi lagi, antara lain, audisi dengan produser musik dan produser acara.

Pemuda Asal Kalimantan Barat Lolos Audisi German Idol 2018
(Foto: YouTube)

“Pesertanya banyak banget. Dari berbagai negara. Dari Prancis, Belanda, Swiss, Austria, Polandia, dan tuan rumah, Jerman. Persaingannya ketat sekali karena talent beragam,” ungkapnya.

 

#YUKKpakeYUKK

 

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry