Wow, Mangkuk Seharga Rp500 Ribu Ternyata Barang Antik Senilai Rp7 M

News | 5 March 2021
Wow, Mangkuk Seharga Rp500 Ribu Ternyata Barang Antik Senilai Rp7 M
Mangkuk Porselen (Foto: Sotheby’s via AP)

Pembeli barang-barang bekas di salah satu sudut New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, itu tidak menyangka bahwa mangkuk porselen kecil yang ada di tangannya itu berasal dari abad ke-15. Dibuat pada masa pemerintahan Kaisar Yongle, penguasa ketiga Dinasti Ming. Nilainya mencapai US$500 ribu atau setara dengan Rp7,1 miliar.

Pembeli, yang tidak disebutkan namanya itu, baru tahu fakta itu setelah dikabarkan pihak Sotheby’s sebagai jawaban atas e-mail-nya. Dia memang mengirim surat elektronik berisi informasi dan foto porselen itu ke Sotheby’s untuk meminta evaluasi. Dari foto itu tampak jelas sebuah mangkuk berwarna putih yang dihiasi lukisan bunga biru kobalt. Diameternya sekitar 16 cm.

Segera setelah melihat foto itu, Angela McAteer dan Hang Yin, pakar rumah lelang untuk keramik dan seni China, langsung yakin bahwa mangkuk porselen itu berasal dari abad ke-15.

Wow, Mangkuk Seharga Rp500 Ribu Ternyata Barang Antik Senilai Rp7 M
(Foto: AFP/Sotheby’s)

“Kami berdua segera melihat bahwa kami sedang melihat sesuatu yang sangat-sangat istimewa. Gaya lukisan, bentuk mangkuk, bahkan hanya warna birunya adalah ciri khas dari porselen awal abad ke-15 itu,” kata McAteer, Wakil Presiden Senior Sotheby’s dan Kepala Departemen Karya Seni China, seperti dikutip dari AP.

Hanya dengan melihatnya saja, tanpa melakukan tes ilmiah, mereka yakin bahwa mangkuk itu dibuat pada tahun 1400-an. Mangkuk itu sangat halus saat disentuh. Lapisan, warna, dan desainnya khas pada masa itu. Mereka pun memberi nilai mangkuk tersebut sekitar US$300 ribu atau setara dengan Rp4,2 miliar hingga US$500 ribu atau setara dengan Rp7,1 miliar.

Wow, Mangkuk Seharga Rp500 Ribu Ternyata Barang Antik Senilai Rp7 M
Kaisar Yongle (Foto: ThoughtCo)

Istana Yongle dikenal telah mengantarkan gaya baru ke tungku porselen di kota Jingdezhen dan, menurut Sotheby’s, mangkuk tersebut adalah produk Yongle yang klasik. Mangkuk itu dibuat dengan bentuk kuncup teratai atau hati ayam. Bagian dalamnya dihiasi dengan medali di bagian bawah dan motif quatrefoil yang dikelilingi bunga. Bagian luarnya meliputi empat kuntum bunga teratai, peoni, krisan, dan bunga delima. Ada juga pola rumit di bagian atas baik luar maupun dalam.

“Semua karakteristik dan keunggulan ada yang mengidentifikasinya sebagai produk dari periode awal Ming,” kata McAteer.

Hanya 6 mangkuk serupa yang diketahui ada dan kebanyakan di antaranya ada di museum. Ada 2 di National Palace Museum di Taipei, Taiwan, 2 di museum di London, dan 1 di National Museum of Iran di Teheran.

Wow, Mangkuk Seharga Rp500 Ribu Ternyata Barang Antik Senilai Rp7 M
Pengrajin porselen di Jingdezhen (Foto: Wikipedia)

Tidak ada banyak informasi yang didapatkan McAteer dan timnya tentang bagaimana bisa mangkuk itu ada di Amerika Serikat. Mereka hanya tahu bahwa pembeli mangkuk itu mendapatkannya dari pasar loak di sudut New Haven, Connecticut, tahun lalu. Ketika itu, dia membelinya dengan harga US$35 atau setara dengan Rp500 ribu.

“Itu selalu sangat menarik bagi kami sebagai spesialis ketika sesuatu yang bahkan tidak kami ketahui ada di sini muncul entah dari mana,” kata McAteer.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry