WHO: Dunia di Titik Berbahaya!

News | 9 July 2021
WHO: Dunia di Titik Berbahaya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hingga Jumat (9/7), seperti dikutip YUKK dari Worldometers, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia adalah 186.350.645 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 170.491.284 orang dinyatakan sembuh. Sementara yang meninggal dunia berjumlah 4.026.868 orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah orang yang meninggal dunia lebih banyak daripada yang terkonfirmasi saat ini. Banyak yang meninggal dunia, tapi tidak tercatat. Hal ini menjadi tanda bahwa dunia sedang berada dalam bahaya besar.

“Dunia berada pada titik berbahaya dalam pandemi ini,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, seperti dikutip dari laman resmi WHO, Jumat (9/7).

WHO: Dunia di Titik Berbahaya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ia menyayangkan beberapa negara dengan cakupan vaksinasi yang tinggi sudah berencana untuk meluncurkan suntikan vaksin booster dalam beberapa bulan mendatang dan melonggarkan protokol kesehatan; mulai bersantai seolah-olah pandemi sudah berakhir. Belum lagi vaksin tidak sepenuhnya bisa mengalahkan varian baru.

Pada sisi lain, ada ketidakadilan distribusi vaksin di seluruh dunia. Ketika negara-negara kaya sudah memvaksinasi hampir seluruh penduduknya, ada negara yang bahkan tenaga kesehatannya belum vaksin. Dikhawatirkan pandemi bisa berlangsung lebih lama daripada yang diperkirakan.

WHO: Dunia di Titik Berbahaya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Saat ini, varian memenangkan perlombaannya terhadap vaksin karena ketidaksetaraan produksi dan distribusi. Hal ini juga mengancam pemulihan ekonomi global. Tidak harus seperti ini di masa mendatang,” katanya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry