Waspada, Wanita Lebih Rentan Terhadap Lupus!

Selena Gomez
Selena Gomez (Foto: nigeriana)

Selena Gomez menjadi buah bibir dalam beberapa hari belakangan ini. Bukan karena kisah cintanya dengan The Weeknd, melainkan karena kondisi kesehatannya. Mantan kekasih Justin Bieber ini menderita penyakit lupus. Karena penyakit itu, pada musim panas lalu, ia menjalani transplantasi ginjal. Francia Raisa, sahabatnya, mendonorkan salah satu ginjalnya kepadanya.

Apa yang dialami Selena membuat banyak orang kaget. Tidak ada yang menyangka bahwa gadis cantik berusia 25 tahun itu menderita penyakit autoimun. Tidak ada yang menyangka bahwa ia harus menjalani transplantasi ginjal pada usia yang masih sangat muda.

Selena bukanlah perempuan pertama yang menderita penyakit lupus. Hingga saat ini, sudah banyak perempuan menderita penyakit yang sering disebut penyakit dengan seribu wajah itu. Dan banyak dari antara mereka yang berhasil melewati saat-saat yang sulit.

Antibodi Berlebihan

Perempuan pusing
Ilustrasi (Foto: merdeka.com)

Lupus Eritematosus Sistemik (SLE) adalah sebuah penyakit autoimun. Penyakit ini bisa menyerang banyak organ tubuh. Biasanya ditandai dengan adanya produksi antibodi terhadap tubuh sendiri secara berlebihan, sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan tubuh.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya penyakit ini. Namun, para ahli yakin bahwa beberapa orang terlahir dengan membawa gen tertentu yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka. Orang-orang ini lebih mungkin terkena lupus.

Tidak ada gejala khas dari penyakit ini. Gejalanya sangat beragam. Beberapa gejalanya yang bisa diketahui adalah pegal linu seperti rematik, sendi sakit dan bengkak, mudah capek, demam, wajah memerah, muncul bitnik-bintik pada kulit, rambut rontok, sariawan, dan sering pusing. Jika gejala-gejala ini terjadi secara berurutan dan lebih dari dua minggu, penderita harus segera memeriksakan diri.

Lebih dari 90%

perempuan lelah
ilustrasi (Foto: intisari.grid.id)

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Namun, data menunjukkan bahwa lebih dari 90% pasien lupus adalah perempuan berusia 15—45 tahun. Mengapa perempuan lebih rentan terhadap penyakit lupus?

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan terhadap lupus karena faktor hormon estrogen. Hormon yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ini diproduksi selama siklus menstruasi, kehamilan, dan persalinan. Jika berlebihan, hormon ini bisa memicu banyak masalah kesehatan.

Selain lupus, berikut ini ada beberapa masalah yang muncul karena kelebihan hormon estrogen:

  • Kenaikan berat badan
    Kadar estrogen yang tinggi bisa menyebabkan naiknya berat badan. Mengapa? Kadar estrogen yang tinggi bisa memicu tingginya nafsu makan. Perempuan dengan kadar estrogen yang tinggi cenderung memiliki berat badan yang berlebihan.
  • Gairah seks rendah
    Kadar estrogen yang tinggi bisa berdampak pada penurunan gairah seksual. Gairah seksual menurun karena menurunnya kepekaan dinding vagina terhadap rangsangan. Kelebihan estrogen juga dapat membatasi kemampuan wanita untuk mencapai orgasme.
  • Kanker payudara
    BreastCancer.org melaporkan bahwa meningkatnya risiko kanker payudara dipengaruhi juga oleh tingginya kadar estrogen.
  • Endometriosis
    Masalah lain yang juga bisa timbul karena tingginya kadar estrogen adalah endometriosis. Endometriosis adalah penyakit pada system reproduksi wanita dimana jaringan dari lapisan dalam dinding Rahim (endometrium) tumbuh di luar rongga Rahim). Pada umumnya, penyakit ini menyerag wanita usia produktif.
  • Masalah tiroid
    Kadar estrogen yang tinggi juga menyebabkan disfungsi tiroid. Mengapa? Karena kadar estrogen yang tinggi itu menyebabkan produksi globulin berlebihan oleh hati. Globulin bekerja mengikat hormon tiroid dalam darah, sehingga tidak bisa masuk ke dalam sel. Hal ini menurunkan jumlah hormon tiroid yang tersedia untuk sel. Akibatnya adalah kinerja sel menurun dan tubuh mengalami kekurangan energi.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry