Waspada, Penyakit Jantung Menyerang Usia Produktif!

Waspada, Penyakit Jantung Menyerang Usia Produktif!
Ilustrasi (Foto: earth.com)

Siapa bilang penyakit jantung hanya diderita orang lanjut usia? Data justru menunjukkan sebaliknya. Penyakit jantung dan kardiovaskuler justru banyak diderita kelompok usia produktif.

Fakta ini disampaikan oleh Esti Nurjadin, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, dalam konferensi pers Hari Jantung Sedunia 2021, Senin (27/9) lalu.

Waspada, Penyakit Jantung Menyerang Usia Produktif!
Ilustrasi jantung (Foto: yodiyim)

“Penyakit jantung dan kardiovaskuler sering menyerang kelompok usia produktif. Beberapa kasus yang banyak kita dengar terjadi meninggal mendadak pada usia produktif atau usia generasi milenial,” katanya seperti dikutip dari detikHealth.

Salah satu penyebab makin banyak anak muda yang menderita penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat. Selama pandemi Covid-19, diberlakukannya PPKM turut memperparah faktor ini. Pasalnya, orang menjadi lebih banyak diam daripada bergerak.

Waspada, Penyakit Jantung Menyerang Usia Produktif!
Ilustrasi berhenti merokok (Foto: Shutterstock)

“Tingginya prevalensi penyakit jantung di Indonesia disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini didorong oleh kemudahan-kemudahan yang ada seperti memesan makanan dan minuman dengan ojek online,” katanya.

Faktor lainnya adalahstres yang meningkat, merokok, dan polusi udara.

“Situasi pandemi juga menyebabkan kita harus PPKM di rumah, sehingga stres meningkat dan akhirnya konsumsi rokok pun meningkat. Ketika polusi udara yang tinggi juga memberi kontribusi sebagai faktor risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler,” terangnya.

Waspada, Penyakit Jantung Menyerang Usia Produktif!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Lalu bagaimana mencegahnya? Ada 5 langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

“Lima langkah yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang kami sebut sebagai panca usaha jantung sehat. Seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi dan atasi stres, awasi tekanan darah, dan teratur berolahraga,” ungkapnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry