Waspada, Ada Bahaya di Balik Penggunaan Lilin Aroma!

Bahaya di balik lilin aroma terapi
Ilustrasi (Foto: beautybusinessjournal.com)

Bukan lagi rahasia bahwa banyak orang menggunakan lilin beraroma atau canted candle untuk membangun suasana hangat dan tenang. Lilin beraroma melati, misalnya. Banyak pasangan suami-istri menggunakan lilin ini untuk membangkitan gairah cinta dari dalam jiwa.

Selain membangun suasana yang hangat dan tenang, lilin beraroma masih punya banyak manfaat lainnya. Sebut saja mengatasi insomnia, mengatasi tekanan dan nyeri pada otot, mengatasi alergi dan infeksi, dan lain-lain. Manfaat-manfaat inilah yang membuat lilin ini laris manis di pasaran.

Yang kemudian menjadi masalah adalah lilin yang sama bisa mendatangkan bahaya yang tidak kecil. Jika dinyalakan di dalam ruangan, lilin ini bisa memicu masalah pencemaran udara.

Bahaya di balik lilin aroma terapi
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

“Publik tak banyak tahu soal sumber pencemaran udara dalam ruangan. Padahal, sumber-sumber pencemaran ini juga merusak kesehatan,” kata Prof. John Sodeau, ahli kesehatan, seperti dilansir Evening Echo.

Selain itu, beberapa lilin beraroma terbuat dari parafin. Seperti dilansir Huffington Post, parafin adalah produk tanpa warna dari petroleum.

Ketika dibakar, lilin beraroma itu mengeluarkan zat kimia berbahaya. Dua di antaranya adalah benzene dan loluene. Keduanya merupakan karsinogen yang mampu meningkatkan risiko kanker paru.

Itu belum termasuk pewarna dan pewangi buatan yang terkandung dalam lilin-lilin itu. Pewarna dan pewangi buatan itu dapat menyebabkan sakit kepala, asma, dan infeksi saluran napas.

Bahaya di balik lilin aroma terapi
Ilustrasi (Foto: Lifehack.org)

Kalau begitu, lilin beraroma seperti apa yang sebaiknya digunakan? Pertama, pilihlah lilin beraroma yang terbuat dari kedelai. Lilin jenis ini hanya menghasilkan 1 dari 10 jelaga yang biasa ditimbulkan dari pembakaran parafin.

Kedua, perhatikan bahan pembuat sumbu lilin. Pastikan sumbu terbuat dari kapas. Kapas membuat jelaga yang dihasilkan lebih sedikit saat dibakar.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry