Virus Corona Bisa Menempel pada Sayur dan Buah: Begini Cara Mencucinya

Virus Corona bisa menempel pada sayuran dan buah
Ilustrasi (Foto: AAPIMAGE)

Beberapa waktu lalu, sekelompok ilmuwan di Amerika Serikat melakukan penelitian untuk mengetahui mengapa virus Corona bisa sangat cepat menyebar dan menginfeksi manusia. Hasil penelitian para ilmuwan itu menunjukkan bahwa virus Corona bisa bertahan pada berbagai permukaan benda selama beberapa waktu. Ada yang sampai 24 jam. Bahkan ada yang bisa bertahan sampai 3 hari.

Apakah itu berarti bahwa virus Corona bisa menempel pada sayuran dan buah-buahan yang dijual di pasar atau supermarket? Menurut Timothy Newsome, Lektor Kepala di Universitas Sydney, Australia, sangat mungkin terjadi bahwa virus Corona menempel pada sayuran dan buah-buahan yang dijual di pasar atau supermarket. Mengapa? Karena sayuran dan buah-buahan itu dipegang atau disentuh banyak orang. Bisa jadi juga oleh orang yang positif Covid-19.

Virus Corona bisa menempel pada sayuran dan buah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Kita harus ingat bahwa setiap permukaan berpotensi terkontaminasi. Dan seperti permukaan lain, pasti ada risiko. Kita tidak melihatnya sebagai risiko tinggi karena itu datang dari kontak berkelanjutan dengan orang lain. Meskipun demikian, tetap saja penting untuk berhati-hati,” ungkapnya dilansir dikutip YUKK dari dailymail.co.uk.

Lalu bagaimana cara mencuci buah dan sayur agar Anda terhindar dari virus Corona? Jika biasanya Anda hanya membilas dengan air, mulai sekarang, lebih baik gunakan pula sabun. Anda dapat menggunakan sabun khusus sayur dan buah yang dijual di pasaran. Caranyanya adalah sayur dan buah direndam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun.

Virus Corona bisa menempel pada sayuran dan buah
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Cuci dengan air hangat bersabun. Sebelumnya kamu juga harus cuci tangan,” sarannya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry