Upss…Letak Jerawat di Wajah Ternyata Membawa “Pesan” Lho

Letak jerawat di wajah dan pesan tersembunyi
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Siapa yang senang wajahnya berjerawat? Tidak ada yang senang. Jerawat mengganggu penampilan. Jerawat membuat wajah menjadi tidak enak dipandang.

Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Pada umumnya kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Biasanya jerawat akan hilang pada usia 20 tahun. Namun, dalam beberapa kasus, jerawat masih tetap ada hingga orang itu berusia lebih dari 30 tahun, khususnya perempuan.

Jerawat ini, pada beberapa bagian tubuh tertentu, ternyata membawa “pesan” tentang apa yang sebetulnya terjadi pada tubuh. Berikut beberapa letak jerawat pada wajah dan isi “pesan”-nya:

Dahi

Letak jerawat di wajah dan pesan tersembunyi
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jika jerawat muncul di dahi, berarti tubuh sedang stress dan mengalami dehidrasi atau masalah pencernaan di usus kecil. Jika jerawat berada di tengah dahi, berarti pertumbuhan bakteri di usus kecil sedang meningkat.

Bagaimana mengatasinya? Mengurangi soda dan minuman berkarbonasi akan dapat mengurangi jerawat di area ini. Sebagai gantinya, konsumsilah minuman yang mengandung antioksidan seperti teh hijau untuk memperlancar sistem pencernaan.

Di antara alis

Letak jerawat di wajah dan pesan tersembunyi
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Jika jerawat tumbuh di antara alis, berarti ada sesuatu yang terjadi di organ hati. Kadar gula dan alkohol yang berlebihan bisa menjadi pemicunya. Munculnya jerawat itu menjadi tanda bahwa antioksidan alami di tubuh berkurang.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang sehat. Pilih makanan yang ringan seperti semangka atau timun dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung mentega dan gula.

Mata

Letak jerawat di wajah dan pesan tersembunyi
Ilustrasi (Foto: hollandandbarrett.ae)

Sama seperti jerawat yang muncul di antara alis, jerawat yang muncul di area mata bisa menjadi tanda bahwa fungsi hati buruk, komplikasi sendi, dan pencernaan yang buruk. Jerawat kronis dapat muncul di sekitar mata juga akibat dari peradangan sistemik di berbagai organ dan jaringan getah bening. Oleh karena itu, kurangi kurangi asupan gula dan garam. Warna kekuningan di mata juga menunjukkan fungsi hati yang lemah.

Pipi

Letak jerawat di wajah dan pesan tersembunyi
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bagaimana jika jerawat muncul di pipi? Berarti ada kelainan metabolik, masalah paru-paru, dan kurang asupan nutrisi. Perubahan warna pada pipi juga menunjukkan bahwa proses metabolisme buruk dan penyerapan nutrisi yang rendah seperti asam folat dan zat besi.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry