Ini 10 Tips Jualan di Instagram Biar Dagangan Ludes Diborong Pelanggan

Tips pemasaran instagram untuk bisnis UMKM

Tahukah Anda Instagram menjadi media sosial yang populer di kalangan para pelaku usaha dengan tingkat penggunaan mencapai angka 80%. Anda pun dapat memperoleh manfaat yang optimal dengan menerapkan tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM secara tepat. 

Ditambah lagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar nomor 4 dunia. Tingkat penggunaannya pun terus mengalami peningkatan. Bahkan, data terbaru per Agustus 2023 dari NapoleonCat mengungkapkan bahwa jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 116,16 juta user

Dengan pemanfaatan yang tepat, Anda dapat mengandalkan Instagram untuk bisa mendongkrak angka penjualan bisnis UMKM. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Ada 10 tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda terapkan, yakni: 

Tetapkan Target Pemasaran dengan Jelas

Pertama, Anda perlu paham dengan target yang ingin dicapai dari penggunaan Instagram untuk pemasaran. Tujuannya, biar Anda dapat dengan mudah menyusun strategi konten yang digunakan. 

Misalnya, Anda ingin menggunakan Instagram sebagai sarana berjualan atau social selling. Maka, Anda perlu mengedepankan konten promosi produk. Kalau Anda berkecimpung dalam B2B, dapat memanfaatkan Instagram sebagai sarana edukasi. 

Optimasi Profil Akun Instagram

Tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM selanjutnya adalah pastikan bahwa Anda sudah melakukan optimasi akun. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda lakukan dalam proses optimasi tersebut, antara lain: 

  • Menggunakan akun Instagram Bisnis yang menawarkan kemudahan dalam pengelolaan serta proses analisis
  • Bangun bio yang menarik. Bio menjadi first impression penting untuk menarik perhatian konsumen dan follower potensial
  • Gunakan gambar profil jelas. Pastikan kalau gambar profil tersebut merepresentasikan brand Anda

Susun Strategi Konten yang Menarik

Selanjutnya, Anda perlu menyusun strategi konten dengan tepat. Ada beberapa poin penting berkaitan dengan strategi konten yang bisa Anda perhatikan, yaitu: 

  • Gunakan gambar dengan resolusi tinggi dan menarik. Jangan lupa untuk memanfaatkan filter untuk mempercantik hasil gambar
  • Manfaatkan konten video. Pemakaian konten video bisa menjadi variasi yang menarik. Anda pun bisa menggunakan berbagai jenis konten video, termasuk di antaranya adalah video looping dan timelapse. 
  • Jangan lupa konsistensi tone dan tema. Anda perlu memperhatikan penggunaan style, font, warna, serta tone kata-kata maupun kalimat yang konsisten. Keberadaannya menjadi bagian dari strategi branding yang bisa Anda terapkan.
  • Gunakan caption dan CTA yang menarik. Sebagai pelengkap, Anda perlu mencantumkan hashtag yang sesuai dengan target audiens.

Manfaatkan Fasilitas Iklan di Instagram

Tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM berikutnya adalah dengan memanfaatkan. Dengan menggunakan fasilitas iklan di Instagram, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat, seperti: 

  • Kemampuan targeting yang lebih advance. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau audiens lebih besar. 
  • Meningkatkan engagement rate. Apalagi, secara umum tingkat engagement Instagram relatif jauh lebih besar dibandingkan dengan media sosial lain. 
  • Konten video yang lebih panjang. Dengan memanfaatkan Instagram ads, Anda bisa menggunakan konten video yang durasinya panjang, mencapai 2 menit.

Baca juga: Biar Tak Boncos, Ini Tips Menggunakan Google Ads untuk Pemasaran UMKM

Ajak Follower untuk Berinteraksi Secara Aktif

Efektivitas pemasaran produk UMKM dapat Anda tingkatkan dengan mendorong interaksi para follower. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah dengan mendorong follower untuk mengunggah konten produk Anda. 

Keberadaan konten dari para pelanggan tersebut memberikan kesan konten yang autentik. Apalagi, Instagram memudahkan Anda untuk menampilkan konten tersebut pada bagian Tagged tab. 

Pahami Cara Penggunaan Instagram Insight

Tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM yang tak kalah penting adalah dengan memanfaatkan Instagram Insight. Tool ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh Instagram secara khusus untuk akun bisnis. 

Anda bisa memperoleh berbagai informasi menarik dari penggunaan Instagram Insight, termasuk di antaranya: 

  • Tingkat interaksi masing-masing konten
  • Data para audiens, mulai dari jenis kelamin, usia, hingga geografis
  • Mengetahui jenis konten yang paling banyak disukai

Optimalkan Penggunaan Instagram Reels dan Stories

Strategi selanjutnya dalam pemasaran bisnis UMKM di Instagram adalah dengan variasi konten. Anda tidak cuma mengandalkan konten berupa gambar dan video. Jangan lupa untuk memanfaatkan Story dan Reels. 

Secara khusus, Reels menjadi fitur yang banyak disukai oleh para pengguna Instagram. Bahkan, Reels Instagram menjanjikan 22% tingkat interaksi yang lebih tinggi dibandingkan konten video biasa

Baca juga: Tips Jualan Lebih Atraktif & Menarik Pakai Instagram Live!

Balas Komentar dan DM

Interaksi dengan para follower menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan dalam strategi pemasaran di Instagram. Salah satu bentuk interaksi penting yang perlu Anda lakukan adalah dengan membalas setiap komentar maupun direct message (DM). 

Manfaatkan Jasa Influencer

Tips berikutnya adalah menggunakan jasa influencer. Hanya saja, Anda perlu cermat dalam menentukan influencer yang dipilih untuk mendongkrak pemasaran. Jangan hanya memperhatikan influencer dari jumlah follower yang mereka miliki. 

Alih-alih jumlah follower, Anda perlu memperhatikan pada tingkat interaksi serta kesesuaian karakter influencer dengan brand. Dengan begitu, penggunaan jasa influencer bisa memberikan dampak yang positif terhadap bisnis Anda. 

Aktifkan Instagram Shop

Tips pemasaran Instagram untuk bisnis UMKM yang terakhir adalah pertimbangkan untuk mengaktifkan Instagram Shop. Instagram Shopping merupakan fasilitas yang memungkinkan akun Instagram Bisnis untuk melakukan penjualan secara langsung di Instagram. Dengan begitu, para follower dapat berbelanja dengan lebih praktis dan mudah.

Baca juga: TikTok Shop Efektif Bantu UMKM, Apakah Bakal Dibuka Kembali?

Lewat penerapan secara tepat, aktivitas pemasaran produk di Instagram dapat memberikan kontribusi tinggi pada bisnis Anda. Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk menawarkan kemudahan dalam cara pembayaran oleh para pelanggan. Solusi terbaiknya adalah dengan memanfaatkan YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway menghadirkan cara pembayaran yang praktis dan modern. Hanya dengan satu tools, Anda bisa menyediakan beberapa opsi cara pembayaran online sekaligus.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry