Tips Menghindari Penipuan Voucher Gim dan Diamond

Tips Menghindari Penipuan Voucher Gim dan Diamond
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kejahatan dalam dunia siber makin banyak. Tidak hanya penjebolan rekening bank, tapi juga penipuan-penipuan lainnya dalam platform jual-beli. Sudah banyak orang yang menjadi korban.

Pernah terjadi kasus seperti ini: barang yang dibeli atau dipesan berbeda dengan yang diterima, padahal uang sudah ditransfer. Ada juga yang sudah mentrasfer uang, tapi barang tidak kunjung dikirim. Bahkan nomor telepon penipu tidak bisa dihubungi lagi.

Kasus seperti ini pun dialami banyak pemain gim dalam jaringan (online game). Mereka menjadi korban dari penipu yang menyamar sebagai penjual voucher gim atau diamond. Mereka memanfaatkan kelengahan para pemain gim yang ingin cepat-cepat mendapatkan diamond atau ingin cepat-cepat main gim.

Hacker Bobol OpenSea dan Curi NFT Senilai Rp24 Miliar
Ilustrasi (Foto: Crello)

Bagaimana para penipu menjalankan aksi mereka? Mereka menjalankan aksi melalui berbagai media sosial. Mereka membuat akun bodong dan menawarkan vouchergim atau top-updiamond.

Modus ini sebenarnya punya ciri khas: mereka menawarkan harga voucher atau top-up diamond yang sangat murah agar calon korban tergiur untuk membelinya. Ketika korban sudah terlanjur tergiur, biasanya korban tidak mengecek akun penjual lebih lanjut dan langsung bayar via transfer. Setelah uang diterima, si penipu langsung menghilang dan memblokir nomor korban.

Hal ini disebut dengan social engineering. Di dalam “Kajian Peningkatan Kompetensi Keamanan Digital di Indonesia: Analisis Fenomena Penipuan dengan Teknik Rekayasa Sosial” yang dipublikasikan oleh Centre for Digital Society UGM diungkapkan bahwa modus penipuan dengan teknik social engineering atau manipulasi psikologis marak terjadi di Indonesia. Mengapa begitu? Karena rendahnya literasi digital masyarakat, khususnya terkait pentingnya menjaga keamanan data dalam penggunaan teknologi digital.

Sandiaga Uno: Ada 3 Bisnis yang Dibutuhkan pada Masa Depan
Ilustrasi (Foto: Crello)

Modus penipuan ini sebenarnya dapat dihindari. Ada 4 cara yang bisa dilakukan:

  • Jangan melakukan transaksi di luar aplikasi. Jika penjual memintamu mentransfer uang di luar aplikasi, sebaiknya kamu menolaknya,
  • Amankan data pribadi. Kamu harus menjaga data-data pribadimu. Jika ada yang meminta data pribadi seperti nama gadis ibu kandung, kode OTP, kata sandi, tanggal lahir, atau informasi personal lain, itu pasti ulah penipu,
  • Gunakan PIN atau fitur biometrik ketika bertransaksi agar transaksimu lebih aman,
  • Adukan hal yang mencurigakan. Jika kamu mendeteksi hal janggal atau bahkan akun yang mencurigakan, jangan ragu untuk melapor lewat halaman bantuan resmi.
Tips Menghindari Penipuan Voucher Gim dan Diamond
Promo YUKK (Grafis: YUKK)

Supaya lebih aman, belilah voucher gim dan diamond di aplikasi yang terpercaya. Salah satunya adalah aplikasi YUKK. Ada cashback besar untukmu. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 25.000 poin. Poin-poin ini bisa digunakan untuk melakukan banyak transaksi seperti membayar tagihan bulanan, membeli voucher gim, dan berbelanja secara online dan offline.

 

#YUKKpakeYUKK 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry