Ingin Produk Anda Laku? Facebook CPAS Solusinya!

Facebook CPAS (Facebook Collaborative Ads) adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk memungkinkan bisnis kecil beriklan bersama dengan bisnis besar. Dalam CPAS, bisnis besar berkolaborasi dengan bisnis kecil untuk memperluas jangkauan iklan mereka dalam platform Facebook dalam satu kampanye yang sama. Dalam hal ini, bisnis kecil membayar biaya iklan kepada bisnis besar karena diberikan ruang untuk beriklan.

 Hal ini memungkinkan bisnis kecil untuk memanfaatkan audiens yang lebih besar. Dengan CPAS, bisnis kecil dapat mengiklankan produk atau layanan mereka kepada audiens yang relevan tanpa harus mengelola kampanye iklan sendiri. Dengan demikian, bisnis kecil mendapatkan eksposur yang lebih luas tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan yang besar.

Apa Itu Facebook CPAS? 

CPAS (Facebook Collaborative Ads) adalah program kerja sama antara marketplace dengan Facebook untuk menyediakan layanan beriklan. Layanan ini dapat digunakan para pengguna marketplace agar dapat mengiklankan produk-produknya di platform milik Facebook. Melalui kerja sama ini, para pebisnis kecil atau menengah dapat memanfaatkan reputasi dan jangkauan dari beriklan Facebook untuk meningkatkan pengenalan merek mereka.

Untuk dapat melakukan CPAS, pengguna marketplace perlu membuat “Meta Pixel Tracking”. “Meta Pixel Tracking” ini berguna untuk mengawasi aktivitas audiens yang terkena target iklan sehingga dapat mengetahui audiens sudah membeli produk. Dengan demikian, Meta akan mengetahui total pembelian dari iklan yang dijalankan. 

Baca juga: Pahami Dulu Ilmu Dasar Tips Iklan di Facebook Ads

Kelebihan Menggunakan CPAS untuk Bisnis

Ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh dengan menggunakan CPAS, antara lain:

1. Menjangkau Audiens yang Lebih Besar

Mengiklankan produk Anda dengan menggunakan Facebook membuat Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan beragam yang mungkin sulit dicapai jika Anda beriklan sendiri.

2. Eksposur yang Lebih Luas

Dengan iklan yang dipromosikan oleh Facebook, Anda akan mendapatkan eksposur yang lebih luas di platform Facebook, yang dapat meningkatkan kesadaran akan merek Anda di kalangan pengguna.

3. Biaya yang Terjangkau

Dalam CPAS, Anda dapat beriklan dengan biaya yang masih terjangkau. Anda dapat beriklan mulai dengan puluhan ribu rupiah. Dengan biaya yang terjangkau tersebut, Anda dapat mempromosikan produk Anda kepada audiens yang lebih luas.

4. Kredibilitas Meningkat

Beriklan melalui Facebook dapat meningkatkan kredibilitas merek Anda di mata konsumen. Ini karena asosiasi dengan merek yang sudah dikenal secara luas dapat memperkuat persepsi positif terhadap bisnis Anda.

5. Dukungan dan Sumber Daya Tambahan

Facebook menyediakan layanan pelatihan untuk para penggunanya. Dengan pelatihan ini, pebisnis dapat lebih mengoptimalkan biaya dalam beriklan sehingga penjualan akan lebih optimal.

6. Dapat Menggunakan Audiens Target

Anda dapat memanfaatkan fitur audience targeting untuk meningkatkan relevansi iklan dengan para audiens Anda. Misalnya, Anda sedang menjual produk bayi, maka Anda dapat menargetkan para ibu rumah tangga. 

Persiapan Sebelum Menggunakan CPAS 

Sebelum menggunakan Facebook Collaborative Ads (CPAS), ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Tentukan Tujuan Beriklan

Tentukan tujuan spesifik untuk iklan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek, menghasilkan lead, atau meningkatkan penjualan? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda mengarahkan strategi kampanye Anda. Sangat disarankan untuk memilih penjualan sebagai tujuan iklan karena CPAS sudah dioptimasi untuk memaksimalkan penjualan.

2. Tentukan Anggaran

Tetapkan anggaran yang sesuai untuk iklan Anda. Pastikan Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak anggaran sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara menjalankan CPAS agar Anda tidak mengalami kerugian.

3. Persiapkan Materi Iklan

Siapkan materi iklan yang menarik dan relevan untuk iklan Anda. Ini bisa termasuk gambar, video, dan teks iklan. Pastikan materi iklan Anda mencerminkan merek Anda dan menarik perhatian audiens target.

4. Atur Audiens Target 

Tentukan audiens target Anda berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna Facebook. Diskusikan dengan mitra Anda untuk memastikan bahwa audiens target Anda sejalan dengan audiens mereka.

5. Monitor dan Evaluasi

Tetapkan metrik kinerja yang relevan dan pantau kinerja kampanye secara teratur. Evaluasi hasil iklan dan identifikasi area di mana Anda dapat meningkatkan kinerja pada masa mendatang. Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum menggunakan Facebook Collaborative Ads, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan kampanye Anda dan memaksimalkan hasil yang dicapai bersama mitra Anda.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry