Tiga Langkah Membuat Kulit Wajah Sehat dan Halus

Tiga langkat membuat kulit wajah halus dan sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sebelum tidur, wajah harus dibersihkan dari berbagai kotoran dan riasan yang melekat. Jika tidak, kotoran dan riasan itu akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Akibatnya adalah muncul berbagai masalah pada kulit wajah.

Munculnya jerawat adalah salah satu akibat dari tidak bersihnya kulit wajah. Masalah lainnya adalah flek, kusam, iritasi, dan komedo. Itu belum termasuk pigmentasi akibat paparan cahaya matahari.

Lalu bagaimana membersihkan kulit wajah yang benar? Apakah menggunakan sabun wajah sudah lebih dari cukup untuk membuat kulit wajah bersih dan sehat?

Penelitian dalam bidang kesehatan dan kecantikan menunjukkan bahwa mencuci wajah dengan sabun tidaklah cukup untuk membuat kulit wajah bersih dan cerah. Masih ada beberapa perawatan lain yang harus dilakukan agar kulit wajah benar-benar bebas dari masalah.
Berikut ini 3 tahapan perawatan kulit yang tepat:

Bersihkan wajah sebelum dan sesudah make up

Tiga langkat membuat kulit wajah halus dan sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sebelum kamu mulai merias wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah dari berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain supaya hasil riasan menjadi lebih merata, juga supaya kulitmu tetap sehat.

“Membersihkan wajah sebelum make up sama pentingnya dengan membersihkan wajah setelah make up. Ini dilakukan untuk menjamin kulit tetap bersih, sehingga tak ada kotoran yang menyumbat pori,” kata Archangela Chelsea, make-up artist, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Double Cleansing

Tiga langkah membuat kulit wajah halus dan sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan hanya sekali membersihkan wajah. Agar kulit wajahmu halus dan sehat, kamu harus melakukan double cleansing. Itu berarti bahwa kamu harus membersihkan wajah sebanyak dua kali. Dengan cara ini, kamu bisa membersihkan pori-pori lebih dalam, sehingga kotoran yang menyebabkan penuaan, pigmentasi, dan jerawat bisa terangkat.

Double cleansing bisa dilakukan dengan memakai cleansing balm terlebih dahulu, lalu bersihkan dengan micellar water. Barulah bersihkan wajah seperti biasa,” kata Tantri Namirah, seorang beauty & fashion enthusiast.

Gunakan skincare

Tiga langkah membuat kulit wajah halus dan sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Setelah kulit wajah bersih, oleskan skincare secara merata. Skincare akan membuat kulit tidak kering dan kusam, membantu kulit tetap elastis dan awet muda, membuat riasan menempel lebih lama, dan membuat polusi dan kotoran tak langsung menempel pada kulit.

Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan skincare sesuai dengan tahapan. Yang pertama kali digunakan adalah toner. Setelah itu, aplikasikan serum dan pelembab. Tahap terakhir adalah tabir surya. Menggunakan tabir surya sebelum make up dapat membuat kulit wajah terhindar dari pigmentasi karena efek buruk sinar matahari.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry