Tidur Siang Punya Banyak Manfaat

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dua orang PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, terlibat adu jotos. Seorang lelaki dan seorang perempuan. Mereka adalah Jumaintan dan Mahmud.

Adu jotos itu dipicu oleh hal sederhana: tidur siang. Siang itu, Selasa (29/10), Jumaintan ingin tidur siang di gudang. Namun, pintu gudang dikunci oleh Mahmud. Jumaintan marah dan terjadilah perkelahian itu.

Lepas dari persoalan bahwa seorang PNS tidak boleh tidur siang di kantor, ada hal penting yang perlu diketahui: tidur siang. Penelitan demi penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apa saja manfaat untuk tidur. Termasuk di dalamnya tidur siang.

Menurut Andrei Medvedev, asisten profesor di Center for Functional and Molecular Imaging Georgetown University, saat tidur, ada banyak hal yang terjadi pada otak. Salah satu di antaranya adalah otak melakukan organisasi dan pengolahan informasi. Selain itu, seperti dilansir Fox News, masih ada beberapa manfaat tidur siang.

Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 lalu menunjukkan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan daya ingat. Peningkatkan daya ingat ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang. Momen ini sangat bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

Meningkatkan produktivitas

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ketika kamu tidur siang, sebenarnya otakmu melakukan pengolahan sekaligus mengonsolidasi informasi baru. Dengan demikian, kamu akan lebih bisa berkonsentrasi dan lebih produktif ketika bekerja. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

Menurunkan stress

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Manfaat lain dari tidur siang adalah menurunkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres turun secara dramatis setelah tidur siang.

Mengobati insomnia

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Penderita insomnia sulit tidur pada malam hari. Dengan tidur siang, menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 lalu, penderita insomnia bisa lebih bugar karena total waktu istirahatnya menjadi lebih panjang.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat tidur siang
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Perlu diketahui bahwa tidur siang yang pendek, selama sekitar 20—40 menit, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Yunani. Mereka menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen.

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry