Tahukah Kamu Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS?

Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS
Ilustrasi (Foto: google)

Apa yang terjadi pada tanggal 3 Desember? Sejarah mencatat bahwa ada begitu banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal itu. Mulai dari dimahkotainya Berengar I sebagai Kaisar Romawi oleh Paus Yohanes X pada tahun 915 silam hingga dibatalkannya sejumlah penerbangan dari dan menuju Bali oleh sejumlah maskapai penerbangan pada hari Minggu (3/12/2017) lalu karena gangguan abu vulkanik Gunung Agung.

Dari begitu banyak peristiwa itu, terselip satu peristiwa penting yang terjadi dalam dunia teknologi dan komunikasi. Sebuah peristiwa yang menandai sebuah era baru dalam cara berkomunikasi dan bersosialisasi. Peristiwa itu adalah dikirimkannya SMS (short message service) untuk pertama kalinya di dunia. Bunyi SMS itu adalah “Merry Christmas”.

Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS
Neil Papworth (Foto: google)

Pesan singkat itu dikirim oleh Neil Papworth pada tanggal 3 Desember 1992. Kurang lebih setahun setelah ia bergabung dengan Sema Group Telecoms. Neil mengirim ucapan itu kepada Richard Jarvis, Direktur Vadofone. Saat itu, Jarvis sedang menikmati pesta Natal bersama karyawan kantornya.

Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS
Orbitel 901 (Foto: mybroadband.co.za)

Insinyur asal Reading, Inggris, itu mengirim pesan tidak melalui telepon seluler. Pada tahun itu, belum ada fitur SMS dalam telepon seluler. Neil mengirim pesan singkat itu melalui komputer. Sama seperti Neil yang tidak bisa mengirim pesan melalui telepon seluler, Jarvis pun tidak bisa membalas pesan singkat itu karena Orbitel 901-nya, yang seukuran batu bata itu, tidak punya fitur SMS. Layanan pesan singkat itu baru dirilis dalam ponsel genggam setahun kemudian.

Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS
Ilustrasi (Foto: google)

Kehadiran fitur SMS membuat komunikasi dan interaksi sosial antarmanusia berkembang ke tahap yang baru. Orang bisa berkomunikasi dengan orang lain kapan saja dan di mana saja. Bahkan sebuah pesan singkat itu bisa dibalas keesokan atau beberapa hari kemudian. Bisa juga sebuah pesan dikirim ke beberapa orang sekaligus pada waktu yang sama.

Pada awal tahun 2000-an, fitur SMS mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat signifikan. Saat itu, industri telepon genggam sedang mengalami masa keemasannya. Namun, sejak ponsel pintar masuk dan menyerbu pasar komunikasi, fitur ini menjadi tidak lagi seseksi sebelumnya. Kehadirannya digantikan oleh layanan pesan berbasis jaringan internet (IP) seperti WhatsApp, Line, Messengger, dan lainnya.

Orang Pertama di Dunia yang Mengirimkan SMS
Ilustrasi (Foto: novinite.com)

Saat ini, dalam sehari, pengiriman pesan melalui SMS berjumlah 20 miliar. Sedangkan pengiriman pesan melalui WhatsApp bisa mencapai 30 miliar per hari. Jauh lebih tinggi. Meskipun demikian, fitur SMS tetap dipilih orang, khususnya yang tidak selalu mengandalkan koneksi internet.

 

#YUKKpakeYUKK

3
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry