Tahukah Kamu Mengapa Setir Mobil Indonesia Ada di Sebelah Kanan?

Tahukah Kamu Mengapa Setir Mobil Indonesia Ada di Sebelah Kanan?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kamu pernah bertanya mengapa letak setir mobil di Indonesia berbeda dengan yang ada di Eropa atau Amerika? Mereka punya mobil dengan setir yang terletak di sebelah kiri. Sementara di Indonesia, setirnya terletak di sebelah kanan. Mengapa?

Perbedaan letak setir ini menjadi pembahasan para warganet pengguna media sosial. Salah satunya dalam video yang diunggah pemilik akun @geraldvincentt melalui TikTok. Kamu lebih suka nyetir di kanan atau di kiri?

Dalam video itu, pemilik akun @geraldvincentt mengatakan bahwa penempatan setir mobil disesuaikan dengan letak bangunan dan posisi kendaraan di jalan.Untuk negara yang menerapkan aturan setir kanan seperti Indonesia, pada umumnya, bangunan-bangunan terletak di sebelah kiri dan kendaraan melaju di lajur kiri. Oleh karena itu, setir mobil diletakkan di sebelah kanan, agar pengemudi tetap bisa melihat kondisi jalan dengan leluasa dan tidak hanya terfokus pada sisi kiri jalan.

Tahukah Kamu Mengapa Setir Mobil Indonesia Ada di Sebelah Kanan?
Lalu Lintas di Indonesia (Foto: NTMC Polri)

Perlu diketahui bahwa sekitar 35% populasi dunia mengendarai mobil dengan setir di sebelah kanan, termasuk Indonesia. Kebanyakan negara itu merupakan bekas jajahan Kerajaan Inggris. Seperti dikutip dari laman World Standards, pada masa feodalisme Inggris, ketika perang masih marak terjadi, menunggang kuda di lajur kiri jalan dianggap sebagai posisi yang paling tepat. Dengan berkuda di sebelah kiri, para kesatria bisa memegang tali kekang dengan tangan kiri dan menggunakan tangan kanannya untuk menyabetkan pedang atau menangkis serangan.

Lalu bagaimana kebiasaan berkendara di sebelah kiri itu bisa sampai ke Indonesia? Dikutip dari Kompas.com, sejarah penjajahan di Indonesia menjadi cikal bakal konsep berkendara di lajur kiri dengan setir kanan. Pertama, Indonesia pernah dijajah oleh Inggris selama 5 tahun (1811—1816), negara yang menerapkan konsep berkendara di lajur kiri.

Tahukah Kamu Mengapa Setir Mobil Indonesia Ada di Sebelah Kanan?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Rupanya konsep berkendara dengan setir di sebelah kanan juga dibawa oleh Belanda, negara yang paling lama menjajah Indonesia. Pada awalnya, Belanda memperkenalkan setir di sisi kanan kepada masyarakat Hindia Belanda, yang kini adalah Indonesia. Namun, ketika Napoleon dari Prancis menjajah Belanda, negara itu kemudian mengubah haluan, yakni menerapkan setir di sisi kiri.

Ternyata konsep kemudi atau setir di sebelah kiri itu tidak diikuti oleh Indonesia. Penyebabnya adalah setelah Belanda hengkang, Indonesia dijajah oleh Jepang yang juga menerapkan konsep setir di sisi kanan dengan lajur kiri. Itulah mengapa Indonesia tetap mempertahankan konsep mengemudi di sisi kanan dengan lajur kiri atau left-driving hingga sekarang.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry