Tahukah Kamu Mengapa Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api

Tahukah Kamu Mengapa Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?
Pengendara motor ini panik karena mesin motornya mati di atas rel kereta api (Foto: Instagram)

Video yang menunjukkan mesin sepeda motor seorang perempuan mati ketika melintasi rel kereta api beredar melalui media sosial. Video itu diunggah oleh akun Instagram @infodepok_id pada Sabtu (25/6) lalu. Dia berusaha menghidupkan dan mendorong motornya, tapi tidak bisa.

Mengapa mesin sepeda motor tiba-tiba mati ketika motor melintasi rel kereta? Mengapa motor tidak bisa digerakkan atau didorong? Ada orang mengatakan bahwa motor tidak bisa digerakkan karena terbenam dalam rel. Yang lain mengatakan bahwa hal itu terjadi karena pengaruh medan magnet karena kereta akan melintas.

Menurut Bagas Senoadji, PPNS Perkeretaapian, tidak selalu mesin kendaraan mati ketika kendaraan melintasi rel kereta api. Dalam kenyataannya, ada banyak kendaraan yang bisa melintasi rel kereta api. Jika mesin kendaraan mati, penyebabnya bermacam-macam.

Tahukah Kamu Mengapa Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?
Rel kereta api (Foto: Crello)

Menurutnya, data Federal Railroad Association (FRA) di Amerika menunjukkan bahwa hanya ada 320 kali insiden dan hanya 6 kali mobil tak bisa dinyalakan.  Ada beberapa faktor penyebab mesin kendaraan mati di atas rel.  Pertama, adanya problem pada mesin secara mekanikal. Kedua, mesin tidak menyala lantaran pengemudinya panik ketika akan menyalakan kembali mesin. Ketiga, kendaraan terjebak di tengah-tengah rel, sehingga tak bisa melewati rel.

Selain ketiga faktor itu, ternyata ada faktor lain penyebab mesin kendaraan mati ketika melintasi rel. Faktor itu adalah dinamo. Perlu diketahui bahwa pada tiap lokomotif terdapat roda kereta atau boggie dengan komponen utama berupa dinamo.

“Di dalam dinamo, ada unsur magnet yang cukup besar. Jika lokomotif seri CC, berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 km dari lokomotif,” kata Bagas.

Tahukah Kamu Mengapa Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?
Ilustrasi (Foto: detikcom)

Hal ini didukung oleh fakta bahwa kendaraan yang melintasi jalur kereta api biasanya bergerak dengan kecepatan rendah. Ketika pengemudi tidak memindahkan gigi mesin ke tingkat yang lebih rendah, mesin bisa mati di tengah perlintasan kereta api.

“Apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnet boggie kereta api yang dihantarkan oleh rel kereta api,” jelasnya.

Petugas Jalur Perlintasan Langsung (JPL) biasanya menutup pintu perlintasan sebelum kereta api mendekat kurang lebih berjarak 3 km. Bila ada pengemudi yang tetap menerobos perlintasan rel kereta padahal kereta sudah dekat atau berjarak kurang dari 1 km, mesin dinamo dan koil yang sudah dalam kondisi lemah akan mati.

Tahukah Kamu Mengapa Mesin Kendaraan Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?
Ilustrasi (Foto: Okezone)

“Bila hal ini terjadi, segera keluar dari mobil Anda karena mesin mobil akan susah untuk di-stater kembali,” sarannya.

Supaya tidak terjadi hal seperti ini, pengendara kendaraan bermotor disarankan untuk tidak melintasi rel kereta api bila rangkaian kereta sudah mulai terlihat meski jaraknya masih cukup jauh. Pasalnya kereta api tidak bisa berhenti mendadak. Pada umumnya, kereta api baru akan berhenti pada jarak 800 m setelah pengereman.

“Ingat, kereta api tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja, sehingga tidak ada friksi,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry