Tahukah Kamu bahwa Menangis Bisa Bikin Kurus?

Tahukah Kamu bahwa Menangis Bisa Bikin Kurus?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Masih ada banyak orang yang berpikir bahwa menangis adalah tanda kelemahan. Cengeng. Ringkih. Padahal tidak seperti itu. Bahkan orang paling kuat dan kejam pun bisa menangis.

Menangis adalah cara alami tubuh meluapkan emosi dari rasa sakit, stress, kesedihan, dan kebahagiaan. Menangis juga menyehatkan tubuh.

“Menangis tidak hanya respons manusia terhadap kesedihan dan frustrasi, tapi juga respons yang sehat,” kata Dr. William H. Frey II, penulis buku Crying: The Mystery of Tears dan pendiri Pusat Penelitian Alzheimer di Rumah Sakit Daerah di St. Paul, Minnesota, seperti dikutip dari Aging Care.

Tahukah Kamu bahwa Menangis Bisa Bikin Kurus?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut ahli biokimia ini, air mata yang disebabkan oleh faktor stres akan menghilangkan berbagai zat beracun dari tubuh. Air mata ini juga sekaligus melepaskan hormon stres yang selama ini menumpuk. Proses ini sama seperti menghembuskan napas, buang air kecil, dan berkeringat.

Penelitian terbaru, seperti dikutip dari ScienceTimes, juga menunjukkan bahwa menangis memang bisa membantu menurunkan berat badan. Menangis diketahui dapat meningkatkan kadar kortisol, yaitu hormon yang berhubungan dengan kewaspadaan tubuh. Ketika kadar kortisol meningkat, tubuh akan menjadi lebih baik dan memberikan energi untuk melakukan sesuatu yang produktif.

Tahukah Kamu bahwa Menangis Bisa Bikin Kurus?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Penelitian lain menunjukkan bahwa menangis dapat menurunkan berat badan karena kesedihan depresi akan membuat nafsu makan hilang. Selain itu, seperti dikutip dari Healthline, yang terjadi pada saat menangis adalah terbakarnya kalori. Jumlah kalori yang terbakar adalah 1,3 kalori per menit. Itu berarti bahwa menangis selama setengah jam bisa membakar sebanyak 30 kalori.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry