Tahukah Kamu Bagaimana Kupu-Kupu Kawin?

Tahukah Kamu Bagaimana Kupu-Kupu Kawin?
Kupu-Kupu (Foto: Freepik)

Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). Sayap yang penuh warna adalah salah satu daya tarik serangga ini. Belum lagi kehadiran mereka yang dianggap tidak berbahaya bagi manusia.

Ada banyak hal menarik tentang serangga ini. Salah satunya adalah masa hidup mereka. Serangga ini diketahui memiliki masa hidup yang singkat. Ada yang hanya seminggu.

Jika masa hidup mereka singkat, lalu bagaimana mereka bisa berkembang biak? Menemukan pasangan yang tepat, menurut ilmuwan, adalah misi seekor kupu-kupu. Dia akan menggunakan cara yang cerdas untuk menemukan pasangan yang cocok untuknya. Dan sering terjadi bahwa kupu-kupu jantan “ditolak” kupu-kupu betina.

Tahukah Kamu Bagaimana Kupu-Kupu Kawin?
(Foto: Freepik)

Ada kupu-kupu yang beruntung karena berhasil pada “pendekatan” pertama. Namun, hal seperti ini jarang terjadi. Pada beberapa spesies, kupu-kupu betina lebih suka menunggu beberapa hari setelah kawin sebelum mencari pasangan lain.

Dr. Alberto Zilli, kurator lepidoptera seperti dikutip dari NHM, menjelaskan beberapa hal menarik tentang kupu-kupu. Berubah warna, menurutnya, adalah cara seekor kupu-kupu memberikan sinyal kepada kupu-kupu lain. Dengan cara ini, kupu-kupu mengenali spesies mereka sendiri di habitat yang rumit.

Selain itu, warna juga menjadi unsur pembeda. Dari warna bisa diketahui yang mana kupu-kupu jantan dan yang mana kupu-kupu betina. Namun, pada malam hari, warna tidak akan berguna. Mereka akan mengeluarkan aroma untuk berkomunikasi satu sama lain, melepaskan feromon tertentu untuk menarik pasangan yang tepat.

(Foto: wonderwordz.com)

“Untungnya, bagi kebanyakan kupu-kupu jantan, tidak ada hal lain yang menjadi masalah selama masa hidup mereka yang singkat,” kata Zill.

Dikutip YUKK dari laman resmi University of Kentucky, seekor kupu-kupu jantan punya beberapa metode untuk menunjukkan apakah dia sudah menemukan betina dari spesiesnya atau belum. Salah satunya adalah dengan cara melihat. Kupu-kupu jantan akan mencari kupu-kupu betina yang punya sayap berwarna sama dengannya.

Setelah menemukan betina yang tepat, si jantan akan mendekat. Bisa dengan cara terbang di belakangnya atau di atasnya. Setelah dekat, dia akan melepaskan unsur kimiawi khusus yang disebut feromon.

(Foto: wonderwordz.com)
(Foto: hdnicewallpapers.com)

Cara lainnya untuk menarik perhatian kupu-kupu betina adalah dengan menari. Tarian ini terdiri atas pola terbang yang khas. Jika si betina tertarik, dia akan ikut menari. Lalu mereka akan menyatukan ujung perut mereka. Pada saat itulah, si jantan mentransfer spermanya. Dan biasanya si jantan ini mati tidak lama setelah proses kawin itu.

Kupu-kupu betina kemudian menyimpan telurnya pada spesies tanaman tertentu. Biasanya pada tanaman inang. Dalam beberapa kasus, tanaman inang memiliki sifat racun yang tidak berbahaya bagi serangga, tetapi memberi ulat lapisan perlindungan tambahan dari predator lapar karena mereka dapat menyerap bahan kimia beracun di dalam tubuh mereka.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry