Tahu Gak Kamu bahwa Main Game Bisa Bikin Otak Lebih Encer?

Main Game bias bikin otak lebih encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pandemi ini membuat begitu banyak orang di berbagai belahan dunia stress. Bahkan ada yang sampai mengalami depresi. Mereka stress dan depresi karena hanya diam di rumah setelah pemerintah memberlakukan karantina wilayah (lockdown) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Efek dari stress dan depresi ini bisa benar-benar fatal. Di Inggris, seorang remaja bernama Emily Owen sampai bunuh diri. Remaja berusia 18 tahun ini, menurut keluarganya, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena tidak kuat menghadapi “dunia yang tertutup karena virus Corona.”

Di Thailand, stress membuat seorang lelaki melemparkan istrinya dari lantai 8 sebuah rusun di Kota Rayong. Lelaki itu stress karena tidak bisa terbang ke Inggris lantaran otoritas Thailand memberlakukan lockdown. Selama lebih dari sebulan terkunci di dalam flat membuatnya benar-benar tertekan. Dan media mencatat bahwa sejak karantina wilayah diberlakukan, banyak warga Thailand bunuh diri lantaran depresi berat.

Main Game bias bikin otak lebih encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Di Indonesia, tidak sedikit orang yang dibuat stress dan depresi oleh pandemi ini. Pembatasan dan pelarangan yang diberlakukan pemerintah daerah dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona membuat banyak orang tertekan. Dinas Sosial DKI Jakarta, misalnya, melaporkan bahwa banyak warga Jakarta yang harus mendapatkan bantuan psikososial lantaran mengalami tekanan yang berat.

Stres, depresi, dan bunuh diri adalah beberapa tanda dari pikiran yang tidak lagi segar selama pandemi ini. Pikiran jadi mandek karena pembatasan dan pelarangan. Mengapa tidak, sepanjang hari berada di rumah, tidak bisa pergi ke mana-mana, dan tidak bisa bekerja membuat banyak orang tidak bisa lagi kreatif. Bahkan tidak bisa berpikir secara jernih.

Main Game bias bikin otak lebih encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Lalu apa yang harus dilakukan agar otak tetap segar dan encer selama pandemi ini mengingat masih tingginya jumlah kasus harian Covid-19 dan masih diberlakukannya PSBB di beberapa daerah? Ada 4 aktivitas sederhana, seperti dikutip YUKK dari Life Hack, yang bisa dilakukan. Jika dilakukan setiap hari, aktivitas ini merangsang otak untuk selalu aktif. Keempat aktivitas itu adalah bermain game, bermain musik, membaca buku, dan berolahraga.

Mengapa main game bisa membuat otak tetap encer? Karena, menurut hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Leiden, main game bisa mengembangkan working memory. Working memory adalah sebuah sistem di otak yang bertugas untuk menyimpan dan memproses informasi, baik informasi baru maupun informasi lama.

Main Game bias bikin otak lebih encer
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil penelitian dari Charite pada 2013 lalu pun menunjukkan sisi positif dari main game. Main gamedisebut bisa memperbaiki performa navigasi ruang, perencanaan strategis, dan performa motorik. Jika dilakukan selama 30 menit sehari, aktivitas ini bisa meningkatkan gray matter di otak yang menjadi pusat saraf.

Saat ini, ada banyak jenis game dalam jaringan (online) yang bisa dimainkan untuk membuat otak tetap segar sepanjang hari. Mulai dari PUBG hingga Mobile Legends. Sekalipun PSBB (pembatasan sosial berskala besar) masih diberlakukan, kamu tetap bisa segar dan sehat dengan main game dalam jaringan.

Main Game bias bikin otak lebih encer
Banyak voucher game di YUKK (Foto: Tangkapan Layar)

Kabar gembira untuk para pengguna aplikasi YUKK. Pada akhir Mei lalu, YUKK merilis beberapa fitur barunya, yaitu Billing, Pulsa & Paket Data, Utilities, Game, dan YUKK Online. Fitur-fitur ini semakin mempermudah aktivitasmu.

Dengan hadirnya fitur “Game”, kamu, para gamers, tidak perlu lagi khawatir kehilangan kesempatan untuk memainkan game seru. Kamu bisa membeli voucher game kesukaanmu di sini.  YUKK menghadirkan voucher dari banyak game unggulan. Sebut saja PUBG, Mobile Legends, Ragnarok Mobile: Eternal Love, Speed Drifters, Garena, Steam, Auto Chess, dan Dragon Nest. Permainan unggulan lain akan segera ditambahkan dalam fitur ini untuk memberikan pengalaman baru dalam memainkan game seru.

Main Game bias bikin otak lebih encer
Kamu bisa beli voucher game dengan YUKK Point (Gratis: YUKK)

Mengapa kamu harus membeli voucher game lewat YUKK? Karena lebih hemat. Di YUKK, kamu bisa beli voucher game menggunakan YUKK Point. Menarik, bukan? Di mana lagi kamu bisa beli voucher game pakai poin kalau bukan di YUKK? Tambahan lagi, prosesnya pun cepat dan mudah.

Tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi YUKK melalui Play Store atau Apps Store. Lakukan registrasi dan isi saldomu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai kemudahan dan keuntungan dari aplikasi YUKK.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry