Sungguh Aneh! Perempuan Ini Mengaku Dirinya Seekor Ayam

News | 4 August 2020
Sungguh Aneh! Perempuan Ini Mengaku Dirinya Seekor Ayam
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sungguh aneh! Perempuan ini mengaku bahwa dia bukanlah seorang manusia. Dia justru mengaku bahwa dia adalah seekor ayam.

Pengakuan perempuan berusia 54 tahun ini membuat para dokter di Rumah Sakit KU Leuven University, Belgia, bingung. Ini jelas adalah sebuah kasus yang aneh. Dan kasus ini harus ditangani secara serius.

Sebelum membuat heboh Belgia, perempuan yang dirahasiakan namanya itu, seperti dikutip dari Oddity Central, menjalani kehidupan yang normal. Dia sudah menikah dan bekerja dalam dunia farmasi. Tidak ada catatan bahwa dia menggunakan obat-obatan terlarang dan sebagainya.

Sungguh Aneh! Perempuan Ini Mengaku Dirinya Seekor Ayam
Ilustrasi seorang perempuan sedang memberi makan ayam (Foto: Freepik)

Segalanya berubah pada suatu hari. Dia ditemukan salah seorang saudaranya tengah mengerucutkan pipinya dan berkokok seperti ayam jantan. Saudaranya benar-benar kaget.

Segera dia dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa. Saudaranya khawatir bahwa telah terjadi sesuatu yang buruk terhadapnya. Namun, dia justru mengatkan bahwa dia adalah seekor ayam.

Hasil diagnosis dokter menunjukkan bahwa dia menderita zoanthropy. Itu adalah sebuah gangguan mental. Orang yang mengidap gangguan ini percaya bahwa dirinya adalah seekor hewan.

Sungguh Aneh! Perempuan Ini Mengaku Dirinya Seekor Ayam
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Zoanthropy klinis merupakan delusi langka yang membuat seseorang berpikir bahwa dia adalah hewan. Ada beberapa pandangan berbeda tentang patogenesisnya. Khayalan ini dapat terjadi dengan gangguan kejiwaan. Kaitannya dari gangguan struktural sampai fungsional otak,” jelas pihak Rumah Sakit KU Leuven University.

Tak beberapa lama kemudian, perempuan itu mengalami kejang-kejang. Ketika terbangun, dia sudah normal. Tidak ingat lagi bahwa dia pernah mengaku dan bahkan berperilaku seperti seekor ayam jantan. Dia sangat malu ketika diceritakan apa yang sudah terjadi padanya oleh dokter dan keluarganya. Dari hasil penelusuran lebih lanjut diketahui bahwa perempuan itu sempat mengalami depresi setelah salah seorang anggota keluarganya meninggal dunia. Namun, depresi itu tidak parah.

Sungguh Aneh! Perempuan Ini Mengaku Dirinya Seekor Ayam
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Perlu diketahui bahwa gangguan mental ini sangat langka. Dari hasil penelitian yang diterbitkan melalui Tijdschrift voor Psychiatrie diketahui bahwa hanya ada 56 kasus zoanthropy yang tercatat antara tahun 1850-2012. Sangat sedikit.

Selain ayam, beberapa orang yang pernah mengalami gangguan mental ini mengaku sebagai anjing, singa, macan, ikan hiu, kuda, dan ular. Bahkan ada yang mengaku sebagai lebah. Gejala gangguan mental ini biasanya bertahan mulai dari beberapa jam sampai beberapa dekade.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry