Selama Pandemi Ini, Rutinlah Konsumsi Vitamin D

Selama Pandemi Ini, Rutinlah Konsumsi Vitamin D
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memerangi pandemi. Mulai dengan melakukan sosialisasi tentang 5M, yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, hingga menggelar vaksinasi Covid-19. Saat ini, proses vaksinasi masih berjalan.

Pada saat yang sama, masyarakat diminta untuk berperan aktif. Selain dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, juga dengan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Bisa dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan mengonsumsi suplemen.

Selama Pandemi Ini, Rutinlah Konsumsi Vitamin D
Ikan, salah satu sumber vitamin D (Foto: Freepik)

Mengutip Pedoman Tatalaksana Covid-19, edisi 3 tahun 2020, masyarakat dapat mengonsumsi suplemen vitamin D3 dosis 400IU—1.000IU. Pasalnya masih banyak masyarakat Indonesia yang berada pada level defisiensi atau kekurangan vitamin D3. Selain menjaga kesehatan tulang, vitamin D3 juga berperan pentingnya dalam menjaga sistem imun.

Data ilmiah menunjukkan bahwa kadar vitamin D3 yang rendah membuat orang lebih rentan terhadap infeksi virus. Bahkan lebih parah tingkat infeksinya. Oleh karena itu, agar tubuh tidak rentan terhadap virus dan mampu melawannya, masyarakat diminta mengonsumsi vitamin D3.

Selama Pandemi Ini, Rutinlah Konsumsi Vitamin D
Udang mengandung vitamin D (Foto: Freepik)

Vitamin D banyak terdapat dalam makanan seperti ikan, udang, jamur, kuning telur, dan lain sebagainya. Tidak hanya dari makanan, masyarakat juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D3 dari suplemen.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry