Sekarang Kamu Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp

Sekarang Kamu Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp
Ilustrasi (Foto: The Sun)

Pada Januari lalu, sudah beredar rumor bahwa WhatsApp akan meningkatkan performanya dengan menyediakan fitur pembayaran digital. Namanya “WhatsApp Payments”. Fitur itu, seperti kabar yang beredar beberapa waktu lalu, akan dirilis pada Februari ini.

Rumor itu mulai terbukti. Fitur “WhatsApp Payments” itu sudah mulai diuji coba di India untuk pengguna yang bergabung dalam program beta. Dilansir kompas.com, dalam fitur ini digunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Sistem itu akan memfasilitasi transaksi lintas bank di India. Beberapa bank yang bisa disebut, antara lain, State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Sekarang Kamu Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp
Ilustrasi (Foto: The Independent)

Pihak WhatsApp sudah mendapatkan izin untuk menggunakan UPI dari pemerintah India sejak Juli tahun lalu. Setelah pengembangan selama kurang lebih setengah tahun, hasilnya mulai terlihat. Namun, untuk saat ini, penggunaan fitur itu masih terbatas pada transaksi uang antarpengguna alias peer-to-peer. Pengguna masih belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS atau Android. Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment. Ikon ini juga diklik ketika pengguna hendak mengirim kontak, media, lokasi, dan lain-lain. Setelah diklik, akan muncul opsi payments. Langkah selanjutnya adalah pengguna bisa memilih kontak yang hendak dikirimi uang, memilih akun bank pengguna dan penerima, memasukkan nominal uang, dan memasukkan pin UPI.  Setelah itu, uang akan terkirim secara virtual.

Sekarang Kamu Bisa Kirim Uang Lewat WhatsApp
Fitur WhatsApp Payments (Foto: digit.in)

Di India, fitur ini digunakan untuk mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank. Ketika melakukan transaksi pertama, pengguna akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon seluler. Nomor ponsel untuk mengakses WhatsApp harus sesuai dengan nomor ponsel yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika ternyata pengguna tak punya akun UPI, dalam “WhatsApp Payments” ada opsi untuk membuat akun UPI baru.

Semua transaksi pengguna terekam pada opsi history dalam fitur ini. Lantaran masih dalam bentuk beta, kemungkinan besar fitur ini bisa dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika dirilis secara resmi nanti. Namun, belum jelas kapan “WhatsApp Payments” bisa digunakan di negara lain, termasuk Indonesia.

 

#YUKKpakeYUKK

 

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry