Sebaiknya Kapan Memperkenalkan Si Dia kepada Orang Tuamu?

Kapan memperkenalkan kekasih kepada orang tua?
(Foto: google)

Kamu sudah menemukan orang yang bisa kamu jadikan teman untuk menjalani hidup? Orang yang menerima kamu apa adanya? Yang berjanji untuk setia dalam untung dan malang? Jika ya, perkenalkan dia kepada keluargamu. Kepada orang tuamu.

Memperkenalkan dia kepada keluargamu berarti kamu sudah membuat sebuah langkah penting dalam hubunganmu. Itu adalah sebuah “pengumuman” bahwa dia adalah orang yang tepat. Itu juga adalah sebuah “penegasan” bahwa kamu sudah benar-benar siap untuk melangkah ke tahap yang lebih penting.

Kapan memperkenalkan kekasih kepada orang tua?
(Foto: hipwee.com)

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah kapan sebaiknya kamu memperkenalkan si dia kepada keluargamu? Apakah sebulan setelah berkenalan dengan dia dan dia berjanji untuk setia kepadamu? Ataukah tiga bulan kemudian? Enam bulan kemudian? Atau bahkan setahun kemudian?

April Masini, pendiri Relationship Advice Forum, memberikan sebuah saran penting kepada kamu tentang kapan sebaiknya kamu memperkenalkan dia kepada keluargamu. Menurutnya, alangkah lebih baik jika kamu memperkenalkan dia kepada keluargamu setelah kalian menjalin hubungan selama 6 bulan hingga 1 tahun.

Kapan memperkenalkan kekasih kepada orang tua?
(Foto: c.pxhere.com)

“Waktu sebelum durasi waktu itu dianggap terlalu cepat karena hubungan dianggap masih belum jelas. Setelah 6 bulan, kamu dan dia sudah mengenal satu sama lain lebih baik,” ungkapnya seperti dilansir dari Elite Daily.

Tiga bulan setelah perkenalan atau pertemuan pertama bukanlah waktu yang tepat untuk memperkenalkan dia kepada keluargamu karena periode itu masih dianggap sebagai fase perkenalan. Selama tiga bulan itu, kalian masih belajar untuk saling mengenal. Beberapa bulan setelahnya pun masih dianggap sebagai fase saling mengenal. Pada titik itu, kalian melakukan evaluasi apakah tepat saling memperkenalkan diri kepada orang tua masing-masing. Evaluasi ini penting mengingat setelah perkenalan dengan keluarga itu, kalian sudah memikul “beban” masing-masing: menjelaskan kepada keluarga mengapa akhirnya kalian putus di tengah jalan.

Perhatikan tanda

kapan memperkenalkan kekasih kepada orang tua?
Ilustrasi (Foto: google)

Salah satu cara paling baik untuk menentukan kapan sebaiknya kamu memperkenalkan dia kepada keluargamu, setelah lebih dari 6 bulan menjalin hubungan serius, adalah melihat tanda-tanda yang diberikannya. Tanda paling jelas pertama adalah dia bersedia memperkenalkan kamu kepada sahabat-sahabatnya. Mengapa itu menjadi salah satu patokan? Karena sahabat-sahabatnya adalah representasi keluarganya. Sama seperti keluarganya, sahabat-sahabatnya sudah tahu siapa dia luar-dalam.

“Perkenalan itu terjadi karena dia bangga padamu dan hubungan yang dijalin denganmu. Dia ingin memamerkan kamu dan fakta bahwa kalian sekarang adalah pasangan,” katanya.

Kapan memperkenalkan kekasih kepada orang tua?
Ilustrasi (Foto: cineplex.com)

Tanda lain, dan ini adalah yang paling penting, adalah saat dia mengajak kamu untuk menemui keluarganya. Kamu harus sadar bahwa ketika dia sudah mengajak kamu untuk menemui keluarganya, dia sudah memberi penegasan kepada keluarganya bahwa kamu adalah orang yang istimewa. Dan bahwa dia serius.

“Jika kamu merasa bahwa membawanya bertemu dengan orang tuamu hanya akan menekan dia, sebaiknya jangan. Tunggu dia bergerak lebih dulu. Setelah itu, ketika pertemuan dengan orang tuanya terjadi, rasanya alami saja saat dia bertemu dengan orang tuamu,” jelasnya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry