Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?

Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?
Dua ekor kanguru (Foto: Freepik)

Sama seperti banyak hewan lainnya, kanguru juga punya banyak keunikan. Mamalia ini, seperti dikutip dari ABC News, sangat pintar dalam mencari sumber air. Dia bahkan dapat bertahan hidup di tengah alam yang kering seperti dataran Australia.

Selain itu, keunikannya yang lain adalah karakteristik seksual dan reproduksi. Tidak seperti hewan lain yang hanya memiliki satu alat kelamin, kanguru memiliki lebih dari dua alat kelamin. Seperti dikutip dari Trishansoz, kanguru jantan memiliki penis 2 cabang dan betina memiliki 3 vagina dan 2 rahim.

Pada kebanyakan hewan jantan, alat kelamin terletak di depan. Namun, pada kanguru jantan, alat kelaminnya terletak di belakang skrotum. Dengan penis yang bercabang itu, seekor kanguru jantang bisa kawin dengan kanguru betina pada 2 vagina sekaligus.

Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?
(Foto: Freepik)

Kanguru jantan matang secara seksual pada usia 24 bulan dan betina pada usia 16 bulan. Menariknya adalah kanguru jantan bisa mematikan produksi sperma selama periode kekeringan parah untuk menghemat energinya. Ini adalah bentuk adaptasi yang unik terhadap lingkungan Australia yang keras.

Berbeda dengan mamalia lainnya, kanguru betina memiliki 3 vagina dan 2 rahim (uteri). Dua vagina terluar merupakan sarana transportasi sperma ke dalam dua rahim. Sementara itu, vagina yang terletak di bagian tengah merupakan jalan lahir bayi kanguru.

Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?
(Foto: Unsplash)

Periode perkembangbiakan mamalia ini tidak pasti. Mereka akan lebih sering kawin ketika ada banyak makanan di sekitar mereka. Ketika sedang berahi, kanguru betina akan menunjukkan perilaku tertentu. Jantan yang tertarik akan mulai mengendus urin dan mendekatinya.

Seperti yang terjadi pada binatang lainnya, untuk mendapatkan hak kawin, kanguru jantan harus menunjukkan dominasinya. Dia akan berdiri di atas jari kaki dan ujung ekornya dan membuat suara geraman. Itu adalah tanda kepada kanguru lain bahwa dia bersedia memperjuangkan hak untuk kawin. Jika ada jantan lain yang menantang, maka yang menanglah yang kawin dengan si betina.

Bagaimana mereka bertarung? Dengan menendang satu sama lain menggunakan kaki belakang mereka yang kuat. Lalu mencoba mencakar lawan dengan cakar yang tajam. Sebuah hal yang menarik karena sebenarnya mereka jarang melukai satu sama lain secara serius.

Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?
(Foto: Freepik)

Setelah bersenggama dengan betina itu, pejantan akan langsung berpindah ke betina lain. Hal ini menjelaskan dengan gamblang mengapa jumlah mereka meningkat dengan cepat. Seekor kanguru betina dapat terus hamil, dengan telur yang telah dibuahi di satu rahim dan bayi yang tumbuh di rahim lainnya.

Dalam masa kekeringan dan kelaparan yang ekstrem, kanguru betina dapat mengendalikan kelahiran bayinya dengan cara “menahan” bayi yang sedang tumbuh di rahimnya. Dia menghentikan perkembangan bayinya hingga kondisi alam membaik. Hal ini disebut diapause embrio.

Punya 3 Alat Kelamin, Bagaimana Kanguru Betina Kawin?
(Foto: Freepik)

Baru ketika kantung sang ibu sudah bebas, bayi berikutnya akan lahir dan pindah ke dalam kantung tersebut. Pada saat yang sama, sel telur yang telah dibuahi, yang sebelumnya “ditahan” di dalam rahim, akan mulai berkembang menjadi janin baru.

Telur kanguru sangat unik. Diameternya sekitar 0,12 mm. Telur itu turun dari ovarium ke dalam rahim untuk dibuahi. Setelah dibuahi, telur dibungkus dalam cangkang yang sangat tipis. Cangkang ini hancur ketika telur mencapai fase kehamilan ketiga. Masa kehamilan kanguru berlangsung sekitar 30 hari.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry