“Petak Umpet”: Strategi Marketing Sheaffer

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
Sheaffer SGC100 9318 (Foto: Verio Store)

Aktivitas tulis-menulis berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangannya seiring dengan perkembangan teknologi. Dari menulis dengan pulpen, lalu dengan mesin ketik, dan teranyar dengan komputer.

Mesin ketik dan komputer mungkin memang membuat aktivitas tulis-menulis menjadi lebih canggih. Namun, itu tidak berarti bahwa pulpen ditinggalkan. Justru yang terjadi sebenarnya adalah goresan tinta pulpen sangat diperlukan karena nilainya lebih kuat dan mengikat. Dia diperlukan dalam penandatanganan naskah, kontrak, ijazah, surat berharga, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Masalahnya adalah alat tulis ini sering sekali merepotkan. Mulai dari bocornya tinta pada naskah atau dokumen hingga merembesnya tinta pada saku baju atau jas. Itu belum terhitung dengan noda yang ditinggalkan tinta pada tangan dan meja atau permukaan lainnya. Dan sudah sejak dahulu masalah ini dianggap sebagai problema yang harus diterima dengan besar hati karena memang tidak bisa ditolak.

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
Ballpoint Sheaffer (Foto: Catawiki)

Untuk mengatasi masalah ini, Sheaffer, sebuah perusahaan pembuatan pulpen terkemuka di dunia, merancang alat tulis yang lebih canggih. Desainnya lebih elegan. Pemakaiannya lebih praktis dan tidak merepotkan seperti pulpen tradisional.

Pada awal tahun 1950-an, Sheaffer menghadirkan pulpen jenis baru sebagai jawaban atas semua masalah itu. Pulpen ini dianggap dapat menghilangkan semua kesulitan yang ditimbulkan puplen tradisional. Produk itu adalah ballpoint.

Tantangan yang dihadapi Sheaffer ketika itu tidaklah sedikit. Perusahaan yang didirikan Walter A. Sheaffer pada tahun 1913 itu harus menghadapi masyarakat yang masih bersikap skeptis. Mereka masih percaya pada pulpen tradisional sekalipun tintanya bercecer di mana-mana.

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
W. A. Sheaffer, pendiri Sheaffer (Foto: Sheaffer Targa)

Hadir dengan marketing yang biasa-biasa saja tentu tidak akan berhasil. Harus ada gebrakan baru agar masyarakat melirik produk ini. Oleh karena itu, mereka berinisiatif menggelar kampanye untuk membangun product awareness yang lain daripada yang lain. Mereka menggunakan pendekatan public relation.

Kalau biasanya urusan memperkenalkan produk baru adalah tugas divisi periklanan dan divisi PR (public relation) hanya sebagai pendukung, maka untuk misi ini, Sheaffer melakukan perubahan. PR adalah ujung tombak. Baru ketika kesadaran masyarakat akan produk baru itu sudah terbentuk, tim periklanan akan tampil.

Untuk menjalankan misi ini, Sheaffer menyewa firma konsultan terkenal ketika itu, Carl Byoir and Associates. Firma ini memulai kampanye dengan menggelar serangkaian konferensi pers di 10 kota besar di Amerika Serikat. Sebuah kampanye yang besar.

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
(Foto: pens.co.uk)

Dalam konferensi pers ini, tim Byoir menceritakan semua seluk beluk ballpoint Sheaffer. Mereka mendeskripsikan apa saja kelebihan alat tulis ini dibandingkan dengan pulpen tradisional. Salah satunya dengan mendemonstrasikan cara pengisian ulang (refill) tinta. Demonstrasi ini dilakukan seorang anggota Byoir yang memakai sarung tangan putih. Ballpoint terisi dengan tinta baru dan sarung tangan yang putih itu tetap putih. Tidak ada noda tinta di situ.

Presentasi tentang keunggulan ballpoint itu dilakukan sehidup dan semenarik mungkin, sehingga para redaktur dan reporter yang diundang tergerak untuk menulis berita tentang produk baru Sheaffer itu. Dan tulisan para reporter dianggap lebih objektif. Tambahan lagi, mereka sudah melihat dan mencobanya.

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
Sheaffer Switch 9157 (Foto: Verio Store)

Selain dengan menggelar konferensi pers, Byoir juga mengembangkan sebuah strategi promosi yang istimewa. Mereka menciptakan permainan “petak umpet”. Seperti apa permainan itu?

Ballpoint Sheaffer yang belum dijual kepada masyarakat umum itu disembunyikan di tempat-tempat yang dirahasiakan di New York dan kota-kota besar lainnya. Melalui koran, mereka memberikan petunjuk tentang lokasi itu dalam bentuk kalimat teka-teki. Pembaca yang mampu memecahkan teka-teki dan menemukan tempat disembunyikan ballpoint itu diberikan hadiah menarik oleh Sheaffer.

Bermain “Petak Umpet: Belajar Strategi Marketing dari Sheaffer
Sheaffer VFM 9413 (Foto: Verio Store)

Ternyata strategi ini berhasil dengan sangat baik. Berkat strategi ini, Sheaffer mengantongi lebih dari 45.000 pucuk surat dari calon konsumen yang menanyakan kapan dan di mana ballpoint Sheaffer dapat dibeli. Dalam sekejap, ballpoint Sheaffer menjadi alat tulis dengan penjualan paling laris.

Saat ini, kamu bisa mendapatkan produk teranyar Sheaffer melalui aplikasi YUKK. Cukup buka aplikasi YUKK, masuk ke dalam fitur “YUKK Online”, dan cari toko Verio Store. Di situ ada banyak varian ballpoint Sheaffer yang bisa kamu pilih.

Cara Hemat Belanja Produk Makeup Secara Online
Cashback dari YUKK (Grafis: YUKK)

Kabar baiknya adalah jika kamu membayar pesananmu dengan YUKK Cash, kamu akan mendapatkancashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 30.000 poin. Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk melakukan banyak transaksi lainnya dalam aplikasi YUKK. Bisa untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, angsuran, iuran listrik, dan lainnya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry