Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul

Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Banten
Menikmati lautan awan di atas Gunung Luhur (Foto: Istimewa)

Dalam beberapa hari terakhir ini, sebuah video viral dalam jagat maya. Tersebar pertama kali melalui aplikasi WhatsApp. Judulnya “Negeri di Atas Awan”.

Dalam video itu terlihat dengan jelas bagaimana orang bisa melihat hamparan awan putih dari jarak yang sangat dekat. Tak ubahnya lautan awan di antara gunung dan bukit. Di situ, orang seperti berada di atas atas awan.

Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Banten
Waktu terbaik untuk menikmati pesona ini adalah pagi hari (Foto: Dok. Humas Pemerintah Banten)

“Negeri di Atas Awan” itu terletak di Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Lebak, Banten. Ditemukan oleh seorang pekerja yang sedang memperbaiki jalan yang menghubungkan Lebak Utara dengan Lebak Selatan pada September 2018 lalu. Sejak saat itu, tempat itu menjadi destinasi wisata baru di kawasan itu.

Setelah mulai ramai dikunjungi wisatawan, Pemerintah Provinsi Banten membangun akses jalan ke kawasan wisata Gunung Luhur. Wahidin Halim, Gubernur Banten, mengatakan bahwa pembangunan jalan menuju Gunung Luhur merupakan bagian dari pembangunan jalan ruas Citorek-Warung Banten. Jalan itu diharapkan dapat memudahkan para wisatawan untuk menikmati sensasi berada di “Negeri di Atas Awan” di Gunung Luhur.

Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Banten
(Foto: Kompas.com)

Dalam sebulan, jumlah wisatawan domestik yang mengunjungi Gunung Luhur mencapai sekitar 10 ribu orang. Jumlahnya terus bertambah. Dan dalam beberapa hari terakhir ini, sejak video itu viral di jagat maya, jumlah pengunjung meningkat menjadi lebih dari 30 ribu.

Sabtu (21/9), seperti dilansir kompas.com, jumlah pengunjung membeludak. Mereka datang dari beberapa daerah di Banten dan dari kawasan Jabodebek, serta Bogor, Jawa Barat. Saking banyaknya, terjadi kemacetan sepanjang 7 km. Pengelola wisata membutuhkan waktu 6 jam untuk mengurai kemacetan.

Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Banten
Para wisatawan berdiri di tebing untuk menikmati lautan awan (Foto: Kompas.com)

Melihat tingginya antusiasme para wisatawan, Pemerintah Kabupaten Lebak tengah mengajukan sebagian wilayahnya sebagai Geopark Nasional, termasuk lokasi wisata Negeri di Atas Awan. Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak, mengatakan bahwa geopark itu benama Bayah Dome. Wilayah tersebut meliputi pesisir Pantai Sawana di selatan Kabupaten Lebak hingga ke kawasan utara.

Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Banten
Pengunjung membeludak (Foto: Kompas.com)

Sebagian besar objek wisata di Geopark Bayah Dome berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Itu berarti bahwa perlu ada izin khusus untuk mengelola pariwisata tersebut lantaran termasuk dalam zona rimba dan konservasi. Namun, untuk Gunung Luhur, Pemerintah Kabupaten Lebak sudah menandatangani MoU dengan Kementerian LHK dan TNGHS dan mendapatkan izin pengelolaan kawasan menyusul direvisinya status zona rimba menjadi zona pemanfaatan.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry