Perempuan Ini Tuntut Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan

News | 25 November 2021
Perempuan Ini Tuntut Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan
Evie Toombes dan ibunya (Foto: Champion News via The Times)

Evie Toombes tidak bisa bebas bergerak lantaran menderita spina bifida. Itu adalah sebuah gangguan yang disebabkan oleh tidak berkembang dengan baiknya tulang belakang dan sumsum tulang belakang ketika janin masih berada di dalam rahim. Kondisi itu membuat Evie harus menggunakan tabung sepanjang hari.

Kisah tentang Evie ini berawal dari sini. Pada Februari 2001 lalu, Caroline datang ke Hawthorn Medical Practice di Skegness, Lincolnshire, Inggris. Perempuan berusia 50 tahun itu datang untuk berkonsultasi dengan dr. Philip Mitchell tentang rencana kehamilannya. Saat itu, mereka sempat berbicara tentang folic acid. Namun, Caroline tidak diberi tahu tentang betapa pentingnya suplemen itu untuk mencegah spina bifida.

Perempuan Ini Tuntut Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan
(Foto: Champions News via Daily Mail)

“Dia bilang itu tidak penting. Aku diberi tahu bahwa jika aku makan dengan baik, aku tidak harus mengonsumsi folic acid,” kata Caroline seperti dikutip YUKK dari Daily Mail.

Pada November 2001, Caroline melahirkan Evie. Kekhawatiran Caroline menjadi nyata. Evie, putrinya, menderita spina bifida. Kondisi itu membuatnya tidak bisa bebas bergerak. Semakin dia bertumbuh, semakin dia tergantung pada kursi roda. Usus besar dan kandung kemihnya pun bermasalah.

Perempuan Ini Tuntut Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan
(Foto: Champion News via Daily Mail)

Dua puluh tahun berlalu. Evie telah tumbuh menjadi seorang perempuan cantik dan seorang atlet palang rintang yang sukses. Pada 2018 lalu, dia sempat bertemu dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle ketika memenangi Young Person Award dalam sebuah acara amal Wellchild.

Setelah mendengar cerita tentang bagaimana dia bisa lahir dengan kondisi demikian, dia melayangkan gugatan kepada dr. Mitchell. Dia merasa bahwa dokter benar-benar bersalah dalam hal ini karena membiarkannya lahir dalam kondisi seperti ini. Sang dokter dianggap gagal meresepkan suplemen yang penting untuk perkembangannya. Jika saja pada waktu itu dokter memberikan folid acid kepada ibunya, dia mungkin tidak lahir dengan spina bifida.

Perempuan Ini Tuntut Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan
Evie bertemu dengan Pangeran Hary dan Meghan Markle (Foto: Getty Images)

Menurut Susan Rodway QC, pengacara Evie, jika Caroline menunda kehamilannya, kisahnya akan berbeda. Caroline mungkin akan punya anak yang normal dan sehat meskipun itu berarti bahwa Evie mungkin tidak akan hadir di dunia. Atas kecacatannya itu, Evie menuntut dr. Mithcell jutaan poundsterling.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry