Perempuan Ini Dua Kali Ditipu Pacar “Online” Sampai Kehabisan Uang dan Kehilangan Rumah

News | 3 June 2022
Perempuan Ini Dua Kali Ditipu Pacar “Online” Sampai Kehabisan Uang dan Kehilangan Rumah
Ilustrasi (Foto: Crello)

Simon Leviev mungkin adalah lelaki paling tenar dalam jagat Tinder. Lelaki bernama asli Shimon Heyada Hayut itu diketahui telah menipu banyak wanita cantik untuk berfoya-foya. Salah satunya adalah Cecilie Schrøder Fjellhøy yang sampai harus berutang hingga Rp5 miliar demi lelaki yang mengaku sebagai pengusaha berlian itu.

Selain Simon, ada beberapa nama lagi yang melakukan aksi serupa: menipu perempuan lewat aplikasi atau situs kencan untuk berfoya-foya. Salah satunya adalah Richard Dexter. Dia mengelabui perempuan bernama Amrita Sebastian lewat Tinder. Total kerugian perempuan asal Timur Tengah ini mencapai Rp2,7 miliar.

Kini, muncul lagi nama baru: Kiran. Kebohongan lelaki ini dibongkar oleh perempuan bernama Kuldip dalam program For Love or Money di stasiun BBC1. Ini adalah sebuah kisah tentang kebohongan berkedok cinta.

Perempuan Ini Dua Kali Ditipu Pacar “Online” Sampai Kehabisan Uang dan Kehilangan Rumah
Kuldip (Foto: BBC1 via The Sun)

Peristiwa itu terjadi pada 2013 lalu. Setelah bercerai, seperti dikutip YUKK dari The Sun, perempuan asal Inggris itu terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk memulai kehidupan barunya. Dengan maksud membuka lembaran cinta yang baru, dia mendaftarkan diri pada sebuah situs kencan.

Tidak lama setelah itu, seorang lelaki menghubunginya. Namanya Kiran. Dia langsung tertarik setelah melihat foto dan membaca profil lelaki yang mengaku bekerja sebagai konsultan pemerintah itu. Tinggi, berambut hitam, dan gagah.

“Profil Kiran tampak sangat bagus. Di situ tertulis ‘tidak suka kebohongan’ dan menyukai ‘kejujuran’,” katanya.

Setelah beberapa waktu berkomunikasi lewat e-mail, mereka akhirnya saling menukar nomor telepon. Mulailah mereka berkomunikasi lebih intens. Dan Kuldip menyangka bahwa hubungan mereka akan berjalan baik dan menyenangkan.

Belum sampai sebulan hubungan itu berjalan, Kiran sudah beraksi. Pertama, dia bilang bahwa passport-nya dicuri. Dan dia minta dikirimi uang sebanyak $631. Jumlah itu, pada 2013 lalu, setara dengan lebih dari Rp7 juta.

Perempuan Ini Dua Kali Ditipu Pacar “Online” Sampai Kehabisan Uang dan Kehilangan Rumah
Kym Marsh, host program, kaget ketika mendengar kisah Kuldip (Foto: BBC1 via The Sun)

“Karena dia bilang bahwa passport-nya lumayan mahal. Rasanya seperti dia mendorong saya ke dalam situasi dimana saya tidak bisa bilang tidak,” ceritanya.

Beberapa hari kemudian, Kiran minta uang lagi. Kali ini, dia bilang bahwa dia sedang berada di rumah sakit dan tidak punya cukup uang untuk bayar biaya pengobatannya. Di sini, Kuldip sebenarnya sudah curiga bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Namun, perempuan itu lebih mendengar kata hatinya daripada kepalanya, sehingga dia mengirimkan sejumlah uang kepada lelaki itu.

Ternyata itu bukanlah kebohongan terakhir Kiran. Beberapa waktu kemudian, dia minta uang lagi. Kuldip sebenarnya tahu bahwa ia dibohongi, tapi tetap saja ia mengirimkan uang. Jika dihitung-hitung, ia sudah mengirimkan uang sebanyak 15 kali. Jumlah totalnya $12.636.

Sampai akhirnya Kuldip tidak sanggup lagi. Ia berhenti mengirimkan uang. Pada saat itulah, Kiran menghilang.

“Aku berusaha menghubunginya melalui e-mail, tapi tidak ada balasan sama sekali,” keluhnya.

Perempuan Ini Dua Kali Ditipu Pacar “Online” Sampai Kehabisan Uang dan Kehilangan Rumah
(Foto: BBC1 via The Sun)

Tidak beberapa lama kemudian, sebuah e-mail masuk. Kuldip mengira bahwa e-mail itu dikirimkan oleh FBI (Federal Bureau of Investigation). Isi pesan itu adalah Kiran sudah ditangkap dan ia bisa mendaptkan kembali semua uang yang pernah ia kirimkan kepada Kiran jika ia membayar sejumlah uang.

“Saya kira saya kirim $6.318,” katanya.

Setelah mengirimkan uang itu, ia tidak mendengar apa-apa lagi, baik dari Kiran maupun dari pihak yang mengaku FBI itu. Uangnya tidak pernah kembali.

“Saya benar-benar terpuruk; sakit. Saya tidak bisa makan,” keluhnya.

Lantaran kehabisan uang, ia tidak bisa lagi menyewa apartemennya. Satu-satunya pilihan yang ada adalah kembali ke rumah orang tuanya.

“Saya bangkrut,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
1
sad
0
angry