Penelitian Baru: Anggur Merah Bisa Mencegah Kematian Sel Otak!

Anggur merah bisa mencegah kematian sel otak
(Foto: google)

Jumlah penelitian tentang manfaat anggur merah terhadap kesehatan begitu banyak. Hampir setiap tahun para ilmuwan merilis berbagai temuan menarik tentang manfaat anggur merah. Sebelum hasil penelitian tentang pengaruh anggur merah terhadap kesuburan perempuan diumumkan, para ahli sudah merilis hasil penelitian tentang pengaruh anggur merah terhadap kesehatan sel otak.

Anggur merah bisa mencegah kematian sel Kotak
Ilustrasi (Foto: popsci.com)

Seperti dilansir dari kompas.com, beberapa waktu lalu, para ilmuwan melakukan penelitian tentang hubungan antara anggur merah dengan sel-sel otak. Mereka menyeleksi beberapa senyawa yang terkandung dalam urine dan tinja dari orang-orang yang biasa minum anggur merah dalam jumlah sedang. Senyawa itu kemudian mereka tambahkan pada neuron (sel-sel saraf di otak). Mereka takjub ketika tahu bahwa jika sel-sel itu dihadapkan pada kondisi stres, seperti tahap awal pada penyakit Alzheimer, senyawa dari anggur merah justru melindungi neuron. Karena dilindungi senyawa yang terkandung di dalam anggur merah, sel-sel otak tidak mati.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Nutrition ini menunjukkan bahwa anggur merah mengandung senyawa yang, setelah dicernah tubuh, dapat melindungi otak. Senyawa pelindung itu terbentuk saat makanan dan minuman dicerna dalam usus dengan bantuan mikroba tertentu. Dan apa yang dikonsumsi mempengaruhi ekosistem narkoba di dalam usus.

Anggur merah dapat meningkatkan kesuburan
Ilustrasi (Foto: google)

Saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian tentang makanan apa saja yang, ketika digabungkan dengan anggur merah, dapat mendukung kesehatan otak. Penelitian itu diharapkan dapat menjadi sumbangan penting terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Dan tentu saja penelitian ini meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya membangun pola hidup yang sehat.

Baca juga : Benarkah Anggur Merah Dapat Meningkatkan Kesuburan?

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry