Mau Sehat dan Dapat Cuan Gede? Bikin Usaha Gym Yuk!

Tujuan utama seseorang memulai usaha adalah memperoleh kesehatan secara finansial. Namun, bagaimana kalau kamu bisa pula memperoleh manfaat lain berupa tubuh yang sehat dari sebuah usaha? Kamu berkesempatan mendapatkan keduanya secara langsung dengan memanfaatkan peluang usaha tempat kebugaran. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren Peluang Usaha Tempat Kebugaran

Kebutuhan terhadap layanan pusat kebugaran saat ini tengah mengalami peningkatan. Hal ini tak lepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya olahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh setelah pandemi COVID-19. Pandemi pun mendorong masyarakat untuk aktif dalam melakukan kegiatan berolahraga. 

Global Wellness Institute mengungkapkan, terjadi peningkatan sebanyak 6,4% dalam industri kebugaran setelah pandemi. Tak hanya menawarkan tren yang positif. Kamu juga bisa memperoleh beberapa kelebihan bisnis pusat kebugaran dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, seperti: 

Peluang Untung yang Besar

Kalau ingin dapat untung yang besar, peluang usaha tempat kebugaran adalah jawabannya. Usaha ini memungkinkan kamu untuk memperoleh berbagai jenis skema pendapatan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Biaya keanggotaan
  • Walk-in personal
  • Pelatihan pribadi
  • Pelatihan institusional
  • Pelatihan hybrid
  • Berjualan produk kebugaran beserta aksesoris

Mendukung Work-Life Balance

Usaha pusat kebugaran tidak menuntut kamu untuk hadir di lokasi. Sebagai gantinya, kamu perlu merekrut karyawan yang berdedikasi tinggi. Kehadiran karyawan berdedikasi tinggi tersebut membuat usaha tempat kebugaran kamu dapat berjalan lancar dan tanpa banyak gangguan. 

Dengan kondisi seperti itu, kamu mempunyai waktu luang yang cukup banyak. Kamu dapat memanfaatkannya untuk memperoleh work-life balance yang lebih baik. Di samping itu, kamu bisa pula menggunakan waktu luang tersebut untuk mengembangkan usaha lain yang tak kalah potensialnya. 

Baca juga: 22 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan, Tak Perlu Banyak Modal!

Kemudahan dalam Operasional Usaha

Kelebihan selanjutnya adalah terkait kemudahan dalam mengoperasikannya. Kamu tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam bidang kesehatan untuk dapat menjalankan usaha ini. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan kerjasama dengan orang-orang yang mempunyai keahlian dalam bidang terkait. 

Estimasi Modal Usaha Pusat Kebugaran

modal yang harus di keluarkan untuk bisnis tempat kebugaran

Buat kamu yang punya ketertarikan dalam memanfaatkan peluang usaha tempat kebugaran, pasti penasaran dengan kebutuhan modalnya, kan? Secara umum, biaya yang perlu kamu sediakan untuk kebutuhan modal awal dan biaya operasional usaha tempat kebugaran sangat tinggi. Berikut ini adalah estimasi perhitungannya: 

  • Pembelian peralatan fitness: Rp90.000.000
  • Sewa tempat: Rp15.000.000 per tahun
  • Renovasi tempat: Rp10.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp5.000.000
  • Total: Rp120.000.000

Biaya operasional

  • Gaji pegawai: Rp5.000.000
  • Bayar tagihan air dan listrik: Rp800.000
  • Total: Rp5.800.000

Maka, dana awal yang perlu kamu sediakan untuk memulai usaha tempat kebugaran adalah sebanyak Rp125.800.000. Namun, kamu dapat menyesuaikan kebutuhan modalnya dengan situasi keuangan. Misalnya, mengurangi biaya untuk pembelian peralatan atau meminimalkan penggunaan pegawai.

Proyeksi Keuntungan Usaha Tempat Kebugaran

Dengan tingkat kebutuhan modal yang begitu besar, tak heran kalau peluang usaha tempat kebugaran memiliki potensi untung menjanjikan. Namun, seberapa besar nilai keuntungan yang bisa kamu peroleh dari usaha ini? Berikut ini adalah gambarannya. 

Seperti yang telah disebutkan, ada beberapa jenis pemasukan yang bisa kamu peroleh saat menjalankan usaha pusat kebugaran. Misalnya, kamu berhasil memperoleh sebanyak 70 anggota dengan biaya per bulan sebesar Rp100.000 dan walk-in personal sebanyak Rp5.000.000 dan penjualan aksesoris sebesar Rp2.000.000 dalam waktu satu bulan.

Dengan asumsi kamu hanya memperoleh 2 jenis penghasilan tersebut, maka dalam 1 bulan kamu bisa memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp14.000.000. Dikurangi dengan biaya operasional, maka penghasilan bersih yang kamu dapatkan adalah sebanyak Rp8.200.000 dan meraih BEP dalam jangka sekitar 16 bulan. 

Tantangan dan Risiko Usaha Tempat Kebugaran

Tantangan dan Risiko Bisnis Tempat Kebugaran

Kalau mampu menjalankan peluang usaha tempat kebugaran dengan baik, kamu bisa balik modal dengan cepat. Hanya saja, ada beberapa tantangan dan risiko yang perlu kamu perhatikan saat menjalankan usaha ini, di antaranya adalah: 

Tingkat Kompetisi Tinggi

Saat menjalankan usaha pusat kebugaran, kamu perlu siap dalam menghadapi ketatnya persaingan di pasar. Tingkat permintaan yang tinggi terhadap layanan tempat kebugaran di daerah perkotaan membuat banyak pelaku usaha untuk berbondong-bondong menjalankannya. Apalagi, saat ini ada cukup banyak waralaba bisnis pusat kebugaran. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Butuh Modal Besar

Faktor selanjutnya yang menjadi tantangan dalam usaha tempat kebugaran adalah kebutuhan modal. Tak semua orang mempunyai kemampuan finansial yang mencukupi untuk bisa menjalankan usaha ini. Apalagi, tingkat risiko kerugian dari usaha ini relatif cukup tinggi. Jadi, tak semua orang berani untuk mengambil risiko. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Segmen Pasar yang Cukup Kecil

Tingkat permintaan terhadap layanan pusat kebugaran memang mengalami peningkatan. Namun, tren peningkatan kebutuhan terhadap layanan tempat kebugaran yang bagus hanya terbatas di daerah perkotaan. Sementara itu, di wilayah pinggiran kota atau pedesaan, layanan seperti ini masih kurang peminat. 

Cara Memulai Usaha Tempat Kebugaran

Untuk kamu yang memang mempunyai keyakinan untuk mulai menjalankan usaha tempat kebugaran, dapat mengikuti tahapan cara memulainya sebagai berikut: 

Tetapkan Segmen Pasar

Langkah awal yang perlu kamu lakukan saat mulai membangun usaha tempat kebugaran adalah dengan menentukan target pemasaran. Apakah kamu ingin menyediakan tempat tersebut untuk mereka yang termasuk dalam kalangan atas, menengah, atau bawah? 

Tentukan Lokasi

Kalau target pasar sudah kamu tetapkan, maka langkah selanjutnya dalam upaya memanfaatkan peluang usaha tempat kebugaran adalah menentukan lokasi. Tak boleh sembarangan dalam memilih lokasi. Kamu harus mengedepankan pilihan pada lokasi yang luas. 

Setidaknya, kamu perlu mencari tempat dengan luas mencapai 300 meter persegi. Dengan ukuran yang begitu luas, pusat kebugaran tersebut bisa memberi rasa nyaman bagi para pelanggan yang berolahraga di dalamnya. 

Tentukan Peralatan Kebugaran yang Dibeli

Porsi pengeluaran modal awal yang paling besar saat memulai usaha pusat kebugaran adalah pembelian peralatan. Oleh karenanya, pilih jenis peralatan yang tepat. Apalagi, Anda perlu tahu kalau keberadaan peralatan yang ada di sebuah tempat kebugaran memiliki pengaruh secara langsung pada biaya keanggotaan. 

Perhatikan Kebutuhan Tenaga Instruktur

Tak hanya peralatan fitness yang memadai, kamu harus menghadirkan tenaga instruktur yang berkualitas. Kamu perlu mengedepankan pilihan pada sosok instruktur yang punya inisiatif dan cepat tanggap. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan anatomi tubuhnya. 

Dengan kualifikasi yang cukup tinggi, tak heran kalau kamu bakal mengeluarkan biaya cukup besar untuk gaji seorang instruktur. Sebagai tambahan, kamu juga harus memberikan loyalti untuk program pelatihan privat. Untuk menghemat pengeluaran, kamu dapat mempertimbangkan pemakaian jasa instruktur freelance.

Kelola Keuangan dengan Baik

Terakhir, kamu harus melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Apalagi, ada kalanya bisnis pusat kebugaran bakal sepi pelanggan. Salah satunya adalah ketika memasuki momen bulan Ramadhan. Jadi, kamu harus memperhitungkan kebutuhan pengeluaran untuk momen-momen seperti itu. 

Baca juga: Cara Buat Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM, Penting!

Nah, itulah informasi lengkap terkait peluang usaha tempat kebugaran yang menarik untuk kamu manfaatkan. Kalau kamu menjalankannya dengan dedikasi tinggi, usaha ini dapat menjadi fondasi kuat bagi kamu dalam membangun kerajaan bisnis yang besar.

Untuk membantu kamu dalam menjalankan usaha tempat kebugaran dengan lancar, pertimbangkan untuk memakai layanan YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway memberikan solusi cara pembayaran digital yang praktis dan modern. Cukup dengan satu layanan, kamu bisa menghadirkan berbagai cara pembayaran kepada pelanggan. 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry