Jadi Pengusaha Produk Kecantikan, Bisa Sukses & Cuan Gede!

Peluang Bisnis Produk Kecantikan

Punya usaha dengan segmen pelanggan yang punya loyalitas tinggi sangatlah menguntungkan. Ada banyak jenis usaha yang mempunyai karakteristik seperti ini. Peluang usaha produk kecantikan adalah salah satu di antaranya. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren Peluang Usaha Produk Kecantikan

Usaha produk kecantikan mempunyai potensi dan peluang yang sangat besar. Apalagi, segmen pasarnya sangat luas. Kamu tidak cuma bisa memasarkan produk untuk wanita, tetapi juga para pria. Apalagi, setiap orang ingin tampil menarik dan bahkan menganggapnya sebagai bagian dari kebutuhan penting. 

Selain itu, Anda juga bisa merasakan beberapa kelebihan usaha produk kecantikan dibandingkan dengan peluang usaha lainnya, seperti: 

Segmen Konsumen yang Loyal

Para pelanggan dari produk kecantikan umumnya memiliki tingkat loyalitas tinggi terhadap sebuah brand. Alasannya, karena tidak semua brand produk kecantikan sesuai dengan kulit mereka. Oleh karena itu, ketika menemukan produk yang cocok, mereka akan setia menggunakannya. 

Bisnis yang Mampu Bertahan Lama

Peluang usaha produk kecantikan bukanlah bisnis yang bersifat musiman. Anda bisa menjalankannya dalam jangka panjang dan terus mendapatkan pelanggan. Apalagi, kalau bisnis Anda mampu menjangkau pelanggan loyal dalam jumlah banyak. 

Operasional Usaha yang Relatif Mudah

Untuk memulai sebuah usaha produk kecantikan, Anda tidak harus menjadi seorang ahli kecantikan. Apalagi, saat ini ada banyak paket maklon produk kecantikan yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha. 

Estimasi Modal Usaha Produk Kecantikan

Estimasi Modal Bisnis Produk Kecantikan

Ketika ingin memanfaatkan peluang usaha produk kecantikan, Anda punya banyak pilihan model usaha. Misalnya, Anda dapat membuka toko produk kecantikan dan menjual berbagai jenis produk dari beberapa brand. Alternatif lain, Anda dapat membangun brand produk kecantikan sendiri. 

Keduanya memiliki kebutuhan modal yang berbeda. Buat Anda yang ingin memiliki produk kecantikan dengan brand sendiri, estimasi kebutuhan modalnya adalah sebagai berikut:

  • Jasa produksi maklon produk kecantikan: Rp30.000.000
  • Sewa tempat: Rp10.000.000 per tahun
  • Renovasi tempat: Rp5.000.000
  • Total: Rp45.000.000

Sebagai tambahan, Anda perlu memperhitungkan biaya operasional usaha yang mencakup beberapa pengeluaran, seperti: 

  • Biaya promosi: Rp300.000
  • Upah karyawan 2 orang : Rp4.000.000
  • Tagihan listrik dan air: Rp500.000
  • Total: Rp4.800.000

Maka, secara keseluruhan biaya modal awal dan operasional yang perlu Anda persiapkan adalah sebanyak Rp49.800.000. 

Proyeksi Keuntungan Usaha Produk Kecantikan

Dengan perhitungan modal yang cukup besar tersebut, berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari usaha ini? Dengan modal Rp30.000.000, Anda bisa memperoleh sebanyak 1.000 produk kecantikan. Jadi, biaya produksi untuk setiap produk adalah  Rp100.000. 

Sementara itu, harga jual dari produk kecantikan bisa berada di kisaran Rp150.000 hingga Rp200.000. Jadi, nilai profit kotor yang bisa Anda peroleh dari setiap penjualan produk bisa mencapai Rp100.000. 

Misalkan, kalau Anda mampu melakukan penjualan sebanyak 10 produk setiap hari. Dalam satu bulan, Anda bisa memperoleh penghasilan kotor sebanyak Rp60.000.000. Dari angka tersebut, profit bersih yang bisa Anda dapatkan adalah sebanyak: Rp60.000.000 – Rp4.800.000 (biaya operasional) = Rp55.200.000. 

Risiko dan Tantangan Usaha Produk Kecantikan

Risiko dan Tantangan Bisnis Produk Kecantikan

Berkaitan dengan peluang usaha produk kecantikan, Anda jangan hanya tergoda dengan besarnya keuntungan. Namun, Anda juga perlu tahu kalau ada beberapa tantangan dan risiko yang harus diperhatikan berkaitan dengan usaha produk kecantikan, yaitu: 

Tingkat Kompetisi

Persaingan bisnis dalam industri produk kecantikan sangatlah ketat seperti menjual produk kosmetik dan produk skincare. Apalagi, Anda harus bersaing dengan produk yang sudah dikenal luas dan mempunyai basis pelanggan yang loyal. Selain itu, pertimbangkan pula keberadaan produk kecantikan ilegal yang menawarkan harga murah. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Kebutuhan Modal yang Besar

Faktor selanjutnya yang dapat menjadi risiko usaha produk kecantikan adalah modal. Anda harus menyiapkan modal dalam skala besar ketika ingin menjalankan usaha ini. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Standar Kualitas

Produk kecantikan harus Anda buat dengan kualitas yang terjaga. Dalam upaya menjaga kualitas tersebut, Anda perlu mendapatkan beberapa standar sertifikasi, termasuk di antaranya adalah: 

Strategi Pemasaran

Hal yang tak kalah penting dan harus menjadi perhatian lebih adalah strategi pemasaran. Anda bakal berhadapan pada kesulitan terkait proses pemasaran produk yang efektif. Apalagi, Anda harus berkompetisi dengan brand yang sudah mapan. 

Di sisi lain, para pelanggan produk kecantikan mempunyai karakteristik yang sangat demanding. Apalagi, mereka rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli produk. Kalau produk yang didapatkan tak memberikan hasil, mereka akan dengan mudah beralih ke produk lain. 

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

Cara Memulai Usaha Produk Kecantikan

Kalau kamu memiliki keinginan kuat untuk mempunyai usaha produk kecantikan sendiri, dapat menerapkan langkah-langkah sebagai berikut untuk memulainya: 

Tentukan Produk yang Akan Ditawarkan

Ada banyak produk kecantikan yang bisa kamu produksi dan jual. Sebagai langkah awal, lakukan riset untuk mengetahui produk kecantikan yang potensial dan bisa balik modal dengan waktu relatif lebih cepat. 

Tentukan Target Pemasaran Produk

Langkah berikutnya dalam memanfaatkan peluang usaha produk kecantikan adalah dengan menentukan target pemasaran. Segmen pemasaran produk kecantikan sangat luas. Apalagi, praktik penggunaan produk semacam ini biasanya dimulai ketika seseorang memasuki usia 20 tahunan. 

Siapkan Modal

Tahapan selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal. Kebutuhan modal tidak hanya berkaitan dengan aktivitas produksi. Namun, pertimbangkan pula aspek lainnya seperti lisensi produk, sertifikasi, serta izin usaha.

Baca juga: Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Tak kalah penting dalam upaya memulai peluang usaha produk kecantikan adalah dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat. Kombinasikan strategi pemasaran offline dan online. Manfaatkan berbagai platform untuk sarana pemasaran seperti media sosial, marketplace serta website

Baca juga: Go Digital Bikin UMKM Laris Manis, Ternyata Ini Alasannya!

Evaluasi Berkala

Terakhir, Anda perlu memberlakukan kebijakan terkait evaluasi dari strategi serta operasional usaha yang telah dilakukan. Dari sini, Anda dapat melakukan perbaikan untuk hal-hal yang sekiranya perlu diperbaiki. Dengan begitu, usaha bisa berkembang dan berjalan lancar. 

Nah, itulah tips serta panduan lengkap yang bisa Anda terapkan ketika ingin memanfaatkan peluang usaha produk kecantikan. Dengan penerapan dan pengelolaan yang tepat, usaha ini bisa menjadi modal Anda dalam meraih kesuksesan. 

Sebagai tambahan, pastikan Anda menggunakan layanan pendukung yang tepat demi kelancaran usaha. YUKK Payment Gateway dapat menjadi salah satu solusi yang bisa membantu Anda sehingga dapat menjalankan usaha secara lancar. 

YUKK Payment Gateway bisa membantu Anda dalam memproses setiap cara pembayaran dari para pelanggan. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa menghadirkan beberapa opsi cara bayar secara online dan digital sekaligus. Praktis dan modern. Bahkan, bisa membantu Anda dalam memproses transaksi secara jarak jauh, lho!

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry