Mau Untung Besar dengan Usaha Klinik Gigi? Menjanjikan Lho!

Usaha di sektor kesehatan akan terus memberikan peluang untung yang menjanjikan. Alasannya, karena kesehatan termasuk salah satu kebutuhan primer setiap orang. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah peluang usaha klinik gigi. 

Memulai usaha klinik gigi relatif lebih mudah dibandingkan dengan klinik kesehatan yang menyediakan layanan medis umum. Di samping itu, kamu juga bisa memperoleh peluang untung yang besar dari peluang usaha ini, lho!

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tren dan Kelebihan Peluang Usaha Klinik Gigi

Klinik gigi saat ini bukan hanya usaha yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Namun, kamu juga bakal menjumpai pasien atau pelanggan klinik gigi yang datang dengan tujuan estetika. Tren penggunaan layanan klinik gigi untuk aspek estetika dapat mendorong seseorang tampil lebih menarik dan penuh percaya diri. 

Tidak hanya mempunyai tren yang positif, peluang usaha klinik gigi juga memberikan beberapa kelebihan, termasuk di antaranya adalah: 

Profit Tinggi

Kelebihan pertama yang bisa kamu peroleh ketika memulai usaha klinik gigi adalah potensi profit tinggi. Sebagai gambaran, klinik gigi di Amerika Serikat bisa mendapatkan omzet mencapai Rp3 miliar sampai Rp7 miliar dalam jangka satu tahun. Margin profit pun cukup tinggi, berada di kisaran 15% sampai 25%. 

Segmen Pasar yang Menjanjikan

Selanjutnya, kamu bisa memperoleh kelebihan peluang usaha klinik gigi dari segmen pasarnya. Seperti yang telah disebutkan, layanan klinik gigi tidak hanya berkutat dengan upaya dalam menjaga kesehatan gigi, seperti melakukan pencabutan atau penambalan gigi. 

Namun, kamu bisa memperoleh segmen pasar yang bersedia membayar mahal untuk memperoleh gigi sehat dan menarik. Kamu pun bisa menyediakan layanan estetika gigi seperti veneer gigi, bleaching gigi, kawat gigi, dan lain sebagainya. 

Perhitungan Estimasi Modal Usaha Klinik Gigi

Estimasi Modal Bisnis Klinik Gigi

Buat kamu yang mempunyai ketertarikan dalam memulai usaha klinik gigi, berikut ini adalah estimasi perhitungan modalnya: 

  • Sewa tempat: Rp20.000.000 per tahun
  • Biaya renovasi: Rp10.000.000
  • Biaya perizinan operasional klinik: Rp10.000.000 per 5 tahun
  • Pembelian peralatan klinik gigi: Rp150.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp5.000.000
  • Total: Rp205.000.000

Tidak cuma perlu modal awal. Kamu harus memperhitungkan pula kebutuhan biaya operasional bulanan. Biaya operasional tersebut meliputi: 

  • Gaji pegawai 3 orang: Rp7.500.000
  • Biaya listrik dan air: Rp500.000
  • Biaya lain-lain: Rp1.000.000
  • Total: Rp9.000.000

Dengan begitu, ketika kamu memulai usaha klinik gigi, setidaknya perlu menyediakan modal sebesar Rp213.000.000. Biaya ini bisa membengkak maupun menyusut kalau kamu merekrut tenaga dokter gigi lain atau melakukan kerjasama dengan dokter gigi lain. 

Proyeksi Keuntungan Usaha Klinik Gigi

Dengan tingkat kebutuhan modal yang begitu besar, bagaimana peluang usaha klinik gigi? Untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang peluang keuntungannya, berikut ini adalah proyeksi profit yang bisa kamu peroleh dari usaha klinik gigi: 

Kamu dapat menyediakan berbagai macam layanan saat menjalankan klinik gigi. Tidak hanya cabut atau tambal gigi. Kamu bisa pula menyediakan layanan lainnya termasuk di antaranya adalah: 

Setiap layanan memiliki biaya berbeda-beda. Misalkan, rata-rata biaya layanan di klinik kamu adalah sekitar Rp300.000. Dalam satu hari, kamu dapat melayani sekitar 10 pasien. Maka, total omzet harian yang bisa kamu peroleh adalah Rp3.000.000. 

Dalam satu bulan, kamu melakukan operasional klinik selama 25 hari. Maka, peluang omzet yang bisa kamu peroleh dalam jangka satu bulan adalah sebanyak Rp3.000.000 x 25 hari = Rp75.000.000. 

Selanjutnya, kamu dapat menghitung besaran penghasilan bersih dari klinik tersebut. Caranya sederhana. Kamu hanya perlu mencari selisih antara penghasilan kotor dengan biaya operasional: Rp75.000.000 – Rp9.000.000 = Rp64.000.000 per bulan. 

Artinya, dalam jangka sekitar setengah tahun, kamu sudah bisa mengembalikan modal awal. Sangat menjanjikan, bukan? Apalagi, kalau kamu berhasil mengembangkan klinik tersebut jadi lebih besar dan mempunyai reputasi yang positif. Jumlah pasien akan terus meningkat dan peluang untungnya bakal terus bertambah. 

Risiko dan Tantangan Usaha Klinik Gigi

Risiko dan Tantangan Bisnis Klinik Gigi

Berkaitan dengan peluang usaha klinik gigi, ada 3 risiko dan tanganan utama yang perlu kamu hadapi, yakni: 

Modal Besar

Tantangan paling utama saat memulai usaha klinik gigi adalah modal. Kamu perlu modal besar untuk pembelian peralatan klinik gigi. 

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Bergantung Pada Kualitas Pelayanan

Kalaupun sudah mempunyai modal mencukupi, kamu harus memperhatikan kualitas pelayanan pasien dengan baik. Apalagi, layanan klinik gigi menuntut kamu untuk melakukan interaksi secara langsung dengan masyarakat. 

Tingkat Persaingan Tinggi

Selanjutnya, kamu bakal berhadapan dengan tingkat persaingan peluang usaha klinik gigi yang sangat tinggi. Kamu tak hanya harus berhadapan dengan sesama klinik gigi. Namun, ada pula kompetitor dari lembaga kesehatan lain, seperti puskesmas atau rumah sakit. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Cara Memulai Usaha Klinik Gigi

Untuk kamu yang mempunyai ketertarikan dalam menjalankan usaha klinik gigi, berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan: 

Sewa Tempat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan lokasi klinik. Pertimbangkan klinik yang berada di pinggir jalan raya sehingga memiliki aksesibilitas mudah. 

Selain itu, pastikan kalau lokasi di sekitar tempat yang diincar mempunyai tingkat persaingan rendah. Artinya, di sekitar lokasi tersebut tidak terlalu banyak klinik gigi atau rumah sakit. 

Renovasi Klinik

Kalau sudah menemukan tempat yang sesuai, langkah berikutnya adalah melakukan renovasi. Renovasi perlu kamu lakukan untuk pemasangan berbagai jenis peralatan medis. Selain itu, pertimbangkan pula untuk menyediakan ruang tunggu pasien yang nyaman. 

Urus Perizinan

Ada berbagai jenis perizinan yang perlu kamu urus ketika ingin memanfaatkan peluang usaha klinik gigi, termasuk di antaranya adalah: 

  • Surat Izin Praktik (SIP) dokter spesialis, dokter umum, dan apoteker
  • Izin lingkungan dari pemerintah daerah
  • IMB dan izin tata ruang
  • NIB

Baca juga: Punya Usaha Sendiri di Rumah? Wajib Tahu Cara Urus Izinnya, Ya

Pembelian Peralatan Praktek Gigi

Tempat sudah siap dan demikian pula perizinan. Maka, tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk operasional klinik gigi. 

Rekrut Petugas Klinik

Kamu tidak bekerja sendiri di dalam klinik. Perlu ada petugas lain yang membantu. Kamu pun dapat melakukan kalkulasi terkait kebutuhan jumlah petugas. 

Itulah panduan lengkap yang bisa kamu manfaatkan ketika ingin memaksimalkan peluang usaha klinik gigi. Biar berhasil meraih untung besar, kamu harus memperhatikan aspek pelayanan yang prima kepada setiap pasien. Selain itu, pertimbangkan pula untuk menerapkan strategi pemasaran digital beserta layanan booking online yang praktis. 

Tak ketinggalan, kamu juga perlu memanfaatkan fasilitas pembayaran digital. Apalagi, saat ini ada layanan YUKK Payment Gateway yang menyediakan solusi praktis dan mudah. Cukup menggunakan YUKK Payment Gateway, kamu bisa menyediakan beberapa opsi cara pembayaran digital sekaligus kepada para pasien.

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry