Usaha Jualan Produk ATK, Masih Potensial dan Laris, Kah?

peluang bisnis atk

Usaha yang menjanjikan bisa tidak harus berupa bisnis yang terlihat keren dan wah. Anda dapat pula meraih keuntungan besar dengan usaha yang terlihat sederhana. Contohnya adalah ketika Anda ingin memanfaatkan peluang usaha ATK atau alat tulis kantor. 

Peluang usaha ATK merupakan jenis usaha konvensional. Usaha ini biasanya dapat Anda jumpai di sekitar area sekolah maupun pusat perkantoran. Namun, apakah usaha ini benar-benar menjanjikan?

Tren Peluang Usaha ATK

Tren Peluang Bisnis ATK

Banyak orang yang memang mempertanyakan prospek usaha ATK. Apalagi, sekarang sudah memasuki era digital. Namun, tahukah Anda kalau tingkat permintaan terhadap peralatan tulis kantor masih cukup tinggi. 

Saat menjalankan usaha ATK, target pemasaran Anda tidak cuma anak sekolah maupun pegawai kantor. Namun, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan usaha ATK dengan skema business to business (B2B). Jadi, Anda bertindak sebagai penyuplai ATK untuk kebutuhan perusahaan. 

Dengan skema bisnis seperti ini, Anda bisa memperoleh beberapa kelebihan, seperti: 

Tingkat Permintaan yang Lancar

Ketika memilih untuk membuka usaha ATK secara grosir, Anda bisa mendapatkan pesanan secara terus-menerus. Apalagi kalau Anda berhasil menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan tertentu. 

Variasi Produk yang Beragam

Ketika menjalankan peluang usaha ATK, Anda mempunyai keleluasaan dalam memilih produk yang ditawarkan. Apalagi, jenis kebutuhan terhadap ATK sangat beragam. Misalnya, Anda bisa saja menyediakan produk alat tulis, buku, block note, klip kertas, dan lain sebagainya.

Stok Barang yang Bisa Tahan Lama

Kelebihan berikutnya dari usaha ATK adalah daya tahan barang yang Anda jual. Stok barang tidak akan pernah kadaluarsa. Selain itu, cara penyimpanannya relatif cukup mudah. Asalkan tempat penyimpanan tidak terlalu lembap, stok barang yang Anda simpan tidak akan mengalami kerusakan. 

Segmen Pasar Luas

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau segmen pasar yang sangat luas. Apalagi, setiap jenis pelaku usaha memerlukan penggunaan ATK secara rutin. Untuk dapat menjangkau segmen pasar luas tersebut, Anda dapat memanfaatkan sarana pemasaran digital dan sekaligus metode pemasaran secara konvensional. 

Estimasi Modal Usaha ATK

Dalam menjalankan peluang usaha ATK secara grosir, Anda perlu mengalokasikan modal yang relatif cukup besar. Perhitungan kebutuhan modal tersebut di antaranya adalah: 

  • Sewa tempat: Rp10.000.000 per tahun
  • Renovasi tempat: Rp4.000.000
  • Pembuatan website: Rp3.000.000
  • Belanja stok barang: Rp20.000.000
  • Etalase kaca, 3 unit @Rp2.000.000: Rp6.000.000
  • Rak dan meja: Rp2.000.000
  • Kursi: Rp400.000
  • Total: Rp45.400.000

Selanjutnya, kamu perlu pula memperhitungkan biaya operasional usaha ATK seperti: 

  • Gaji pegawai 2 orang: Rp4.000.000
  • Biaya listrik: Rp1.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp500.000
  • Total: Rp5.500.000

Proyeksi Keuntungan Usaha ATK

Proyeksi Keuntungan Bisnis Alat Tulis Kantor

Saat memiliki usaha ATK, Anda dapat menjalankannya dengan fleksibel. Misalnya, Anda dapat melayani penjualan secara grosir dan eceran. Dengan begitu, tingkat penghasilan yang bisa diperoleh bisa cukup maksimal. 

Misalnya, dengan skema tersebut Anda memperoleh omzet per hari sebesar Rp2.000.000. Dari angka tersebut, Anda memperoleh margin profit di angka 20%. Perhitungan margin profit tersebut sudah mencakup biaya operasional. Jadi, keuntungan bersih setiap hari yang Anda peroleh adalah sekitar Rp400.000. 

Maka, dalam satu bulan Anda bisa mendapatkan penghasilan bersih mencapai angka Rp12.000.000. 

Tingkat penghasilan tersebut bisa Anda tingkatkan kalau mampu menjalin kerjasama dengan perusahaan maupun instansi. Selain itu, Anda juga berpeluang memperoleh penghasilan ekstra dengan menyediakan jasa tambahan. Misalnya, membuka layanan fotokopi, pengetikan, maupun desain grafis. 

Risiko dan Tantangan Usaha ATK

Meski mempunyai prospek yang cukup menjanjikan, Anda perlu memahami bahwa ada beberapa risiko serta tantangan dalam usaha ATK, termasuk di antaranya adalah: 

Tingkat Persaingan Tinggi

Usaha ATK termasuk salah satu jenis usaha yang begitu konvensional. Oleh karena itu, Anda akan memperoleh banyak pesaing saat menjalankan usaha ini. Ditambah lagi, pengelolaannya relatif cukup mudah. Jadi, Anda perlu strategi khusus untuk dapat memenangkan persaingan. 

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Perubahan Kebutuhan Pelanggan

Saat menjalankan peluang usaha ATK, Anda perlu berhadapan pada kondisi ketika tingkat permintaan para pelanggan mengalami perubahan. Anda dapat mengantisipasinya dengan melakukan riset serta mengamati tren pasar yang tengah berkembang. 

Suplai Barang

Tak kalah penting, Anda juga perlu cermat dalam memilih supplier barang. Jangan sekadar memilih supplier yang menawarkan harga murah. Namun, cermati kualitas pelayanannya. Dengan begitu, suplai barang yang Anda peroleh tidak mengalami gangguan. Apalagi, ketika Anda berhadapan dengan permintaan dari instansi dan perusahaan. 

Cara Memulai Usaha ATK

Tips Memulai Usaha Alat Tulis Kantor

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tinggi untuk menjalankan peluang usaha ATK, bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut: 

Riset Pasar

Tahap pertama Anda wajib melakukan riset pasar. Hal ini memiliki kaitan erat untuk bisa mengetahui produk yang banyak dibutuhkan dan dicari di pasar. Apalagi, dalam usaha ATK, Anda berhadapan dengan begitu banyaknya variasi barang. Kalau tak mampu menentukan pilihan produk yang tepat, bakal ada stok barang yang begitu banyak di gudang. 

Bangun Jaringan

Langkah selanjutnya adalah membangun jaringan. Keberadaan jaringan dalam bisnis ATK sangat penting. Apalagi, kalau Anda ingin menjalankan usaha dengan skema B2B. Lewat jaringan yang luas, Anda punya kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan dan sekaligus menemukan supplier yang tepat. 

Survei Lokasi

Berikutnya, Anda perlu menentukan lokasi usaha dengan tepat. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, pertimbangkan untuk menentukan lokasi yang berada dekat dengan instansi pemerintah, pusat perkantoran, atau kampus. 

Hadirkan Usaha Secara Online dan Offline

Anda perlu memanfaatkan teknologi digital dengan tepat. Oleh karena itu, manfaatkan teknologi internet untuk meng-online-kan usaha ATK Anda. Dengan begitu, usaha Anda bisa dikenal luas dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan orderan. 

Melakukan pemasaran usaha ATK secara online dapat Anda lakukan dengan banyak cara. Selain lewat pemanfaatan media sosial. Anda juga bisa menggunakan fasilitas gratis Google Bisnisku ataupun membangun website sendiri. Dengan begitu, usaha Anda dapat ditemukan dengan mudah, baik secara online maupun offline. 

Selanjutnya, Anda perlu menjaga konsistensi pelayanan kepada pelanggan. Jangan membedakan antara pelanggan yang melakukan pembelian secara partai maupun eceran. Dengan begitu, usaha Anda akan memperoleh citra yang positif di mata pelanggan. 

Sebagai pelengkap, usahakan untuk memberi kemudahan dalam cara pembayaran. Salah satu metode yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan layanan payment gateway terbaik untuk UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan fasilitas cara bayar yang praktis dan modern kepada para pelanggan.

Baca juga: Gak Abal-Abal, Inilah Tips Memilih Perusahaan Payment Gateway

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry