Pasanganmu Selingkuh? Perhatikan Tanda-Tanda Ini!

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: Mark Manson)

Dalam beberapa hari terakhir ini, kata “selingkuh” dan berbagai turunannya menjadi kata yang sangat sering dibicarakan dan bahkan mungkin dipeributkan. Selingkuh, berselingkuh, menyelingkuhi, perselingkuhan, dan selingkuhan. Kata-kata itu disebut dengan pandangan nanap, tatapan sinis, senyuman ironis, dan nada yang menjengkelkan.

Sebenarnya kata-kata itu bukanlah kata-kata baru. Sudah diucapkan sejak dulu. Lahir dari realitas yang juga sudah terjadi sejak dahulu kala. Dalam dunia persidangan, khususnya persidangan atas kasus perceraian, kata-kata itu sudah seperti kata kunci: sebuah kasus bisa dibuka atau diselesaikan hanya dengan kata itu. Dalam hubungan sehari-hari, bahkan walaupun tidak dalam kaitannya dengan persoalan asmara, kata itu pun lazim.

Sekali lagi, kata-kata itu bukanlah kata-kata baru. Namun, dalam beberapa hari terakhir, kata-kata itu menjadi momok karena kata-kata itu disebut dalam kaitannya dengan perjalanan seorang figur publik. Dan figur itu bernama Ahok.

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi Ahok dan Vero, istrinya (Foto: detikcom)

Sampai dengan saat ini, kata itu memang belum bisa dibuktikan. Belum bisa dipertanggungjawabkan. Belum ada konfirmasi dari Ahok dan istrinya tentang rumor yang sudah terlanjur berkembang itu.  Belum ada. Orang hanya menduga-duga.

Lepas dari persoalan bahwa apakah memang ada ‘perselingkuhan’ dalam kasus melayangnya gugatan cerai Ahok kepada istrinya atau tidak, kata itu tetaplah kata yang “tidak enak”. Lepas dari Ahok, kata itu tetaplah kata yang menyakitkan. Menyakitkan karena kata itu berhubungan dengan kesetiaan. Lebih tepatnya merujuk pada tindakan “mengoyakkan kesetiaan”. Dan semua orang bisa melakukan dan mengalaminya.

Bagaimana kamu bisa mengetahui bahwa pasanganmu berselingkuh? YUKK merangkum beberapa poin dari berbagai sumber yang bisa kamu jadikan salah satu pegangan.

Lebih mudah marah dan berdebat

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: verywell.com)

Ini salah satu geliat yang paling jelas. Jika tiba-tiba saja pasanganmu menjadi lebih mudah marah dan berdebat dengan kamu tentang apa saja, bahkan tentang hal yang sangat sederhana, kamu harus curiga. Kamu harus cari tahu. Pengalaman menunjukkan bahwa seseorang menjadi mudah marah dan berdebat dengan pasangannya hanya untuk menutupi ketidaksetiaannya. Dia marah secara berlebihan agar dia punya alasan untuk menyalahkan pasangannya ketika hubungan mereka tidak harmonis.

Cari tahu jadwalmu

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: google)

Jika tiba-tiba saja pasanganmu ingin tahu apa saja rencana dan kegiatanmu pada hari itu seperti jam berapa kamu pulang dari kantor, rencanamu setelah pulang dari kantor, dan apa yang akan kamu lakukan pada akhir pekan, kamu harus “berpikir” keras. Bukankah “aneh” bahwa dia, yang biasanya tidak bertanya hal-hal seperti itu secara rinci, tiba-tiba berubah seperti itu? Apakah dia sedang merencanakan sesuatu dengan seseorang yang lain?

Sering melamun dan tidak fokus

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: google)

Biasanya dia penuh perhatian pada apa yang kamu katakan. Sangat fokus pada apa yang kamu lakukan. Jika tiba-tiba saja dia sering melamun dan tidak fokus ketika kamu bercerita atau sedang melakukan sesuatu, berarti ada sesuatu yang “tidak beres”. Kamu harus cari tahu. Ingat, dia melamun atau tidak fokus pada kamu bisa jadi karena ada hal atau orang lain yang lebih menarik perhatiannya. Bisa jadi dia merasa bahwa kamu tidak lagi menarik dan dia ingin pergi.

Menyembunyikan telepon genggamnya

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: google)

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu apakah pasanganmu sedang berselingkuh atau tidak adalah dengan memperhatikan sikapnya: menjadi lebih sering menyembunyikan telepon genggamnya. Jika dia tidak ingin kamu mengambil atau membuka telepon genggamnya, berarti ada sesuatu yang disembunyikannya. Bisa jadi dia sedang menyembunyikan “seseorang”.

Tidak ada lagi diskusi tentang masa depan

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: beliefnet.com)

Pasanganmu mendadak tidak tertarik untuk berdiskusi tentang masa depan kalian? Selalu menghindar ketika diajak berbicara tentang arah hubungan kalian? Jika seperti itu sikapnya, curigalah! Bisa jadi dia sedang menjalin hubungan dengan seseorang. Bisa jadi dia lebih tertarik pada rencana masa depan seseorang.

Lebih suka pergi

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: google)

Salah satu gelagat dari orang yang berselingkuh adalah perubahan perilaku yang sangat jelas. Jika tiba-tiba saja dia lebih suka meninggalkan rumah atau lebih suka berjalan-jalan, bisa jadi dia sedang merencanakan sesuatu dengan seseorang yang lain. Apalagi ketika dia selalu menolak untuk ditemani atau berjalan bersamamu. Itu sebuah alarm!

Selalu punya alasan

Ketahui tanda-tanda pasanganmu selingkuh
Ilustrasi (Foto: mandecoder.com)

Tidak sulit untuk tahu bahwa pasanganmu tidak lagi setia. Kamu cukup memperhatikan hal ini: apakah dia selalu punya alasan yang tidak-tidak? Jika dia selalu punya alasan untuk makan di luar rumah, selalu punya alasan ketika pulang terlambat, dan selalu punya alasan untuk tidak menjawab teleponmu, kamu tidak bisa menutup mata. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa dia sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang lain.

Sekali lagi, selingkuh adalah kata yang menyakitkan. Perselingkuhan adalah peristiwa matinya kesetiaan. Marcus Tullius Cicero, salah satu orator terhebat dalam sepanjang sejarah Roma, pernah bilang begini: “Tidak ada yang lebih indah dan agung daripada kesetiaan. Kesetiaan dan kebenaran adalah keunggulan manusia.” Jadi, jika tidak ada lagi kesetiaan, lalu apa yang membuat manusia pantas diagungkan?

 

#YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry