Pakailah Masker Dobel untuk Cegah Varian ‘Ganas’! Begini Caranya Biar Tak Pengap

Pakailah Masker Dobel untuk Cegah Varian 'Ganas'! Begini Caranya Biar Tak Pengap
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Indonesia harus waspada. Data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes menunjukkan sudah ada 54 kasus varian baru Corona yang tergolong variant of concernt (VoC) di Indonesia. VoC yang dimaksud adalah B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, dan B1617 dari India.

Untuk melawan varian yang memiliki mutasi yang bisa mempengaruhi kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem kekebalan tubuh ini, para ahli kesehatan menyarankan masyarakat untuk memakai masker dobel. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), masker dobel mampu menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga 90%. Pasalnya masker dobel dapat meningkatkan filtrasi udara yang dihirup dan diembuskan.

Yang menjadi persoalan adalah banyak masyarakat tidak mau memakai masker dua lapis lantaran merasa bahwa pernapasan menjadi terganggu. Sulit menghirup udara dengan dua masker sekaligus. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini?

Pakailah Masker Dobel untuk Cegah Varian 'Ganas'! Begini Caranya Biar Tak Pengap
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ada sebuah saran dari dr. Adria Rusli, SpP(K), spesialis paru dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Apabila masyarakat ingin menggunakan masker dobel, sebaiknya masker rutin dilepas setiap 4 jam sekali untuk menghirup udara segar. Namun, ada syaratnya: jangan melepas masker di ruangan tertutup dan di lingkungan dengan banyak orang.

“Kuncinya, kalau memang mau pakai masker dobel, sering-sering melepas (masker). Dalam arti kata, setelah 4 jam. Cari udara yang bersih di ruangan terbuka (untuk) melepas masker,” katanya seperti dikutip dari detikcom.

 Di ruangan terbuka dan tidak banyak orang di sekitar itu, orang bisa melepaskan masker selama 10—15 menit.

Pakailah Masker Dobel untuk Cegah Varian 'Ganas'! Begini Caranya Biar Tak Pengap
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Sepuluh sampai lima belas menit sudah cukup, kok. Atau (jika) mau paling bagus, setengah jam. Namun, jangan banyak orang dan enggak boleh ngobrol karena ketika lepas ‘kan sudah tidak terproteksi,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa sebenarnya memakai satu masker saja sudah cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Syaratnya adalah masker yang digunakan itu haruslah memiliki filtrasi yang baik.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry