Pakai Makeup Sebelum Berolahraga? Ini Risikonya!

Pakai Makeup Sebelum Berolahraga? Ini Risikonya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tampil cantik saat berolahraga itu boleh-boleh saja.  Namun, tidak berarti bahwa kamu harus berdandan berlebihan. Apalagi sampai menggunakan riasan tebal.

Kamu tidak disarankan menggunakan riasan sebelum berolahraga karena riasan bisa menimbulkan beberapa risiko kesehatan. Berikut ini beberapa risiko yang bisa muncul seperti yang dikutip YUKK dari Live Strong:

Tersumbatnya pori-pori

Pakai Makeup Sebelum Berolahraga? Ini Risikonya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menggunakan riasan sebelum berolahraga dilarang karena alasan ini: riasan bisa menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, bisa timbul iritasi.

Makeup bisa membuat kulit lemas dan mengunci kelenjar keringat, menjebak kotoran dan iritasi lainnya dalam pori-pori,” kata Lucy Chen, seorang dermatolog.

Setelah berolahraga, segera bersihkan badan dan wajah. Kamu disarankan saran Joshua Zeichner, seorang dermatolog, untuk melakukan double cleansing. Mulai dengan membersihkan riasan dengan pembersih berbahan minyak, lalu pembersih berbahan dasar air.

Kulit rentan berjerawat

Pakai Makeup Sebelum Berolahraga? Ini Risikonya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Salah satu dampak dari tersumbatnya pori-pori adalah munculnya jerawat. Selain itu, bisa juga timbul komedo putih, komedo, dan jerawat seperti kista.

“Dahi dan pipi mungkin lebih rentan berjerawat karena ada lebih banyak kelenjar minyak di sini. Jadi, jerawat dan radang kulit yang paling dikhawatirkan,” terang Chen.

Kamu disarankan untuk menggunakan skincare seperti pelembap dan tabir surya sebelum berolahraga. Pilihlah produk yang paling aman untuk jenis kulitmu. Jika kulitmu termasuk kulit sensitif, kamu disarankan untuk menggunakan produk yang tidak mengandung pewangi. Dan jika kulitmu termasuk kulit berminyak, kamu disarankan menggunakan produk berbahan dasar air.

Iritasi mata

Pakai Makeup Sebelum Berolahraga? Ini Risikonya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jika kamu menggunakan riasa sebelum berolahraga, maka sangat mungkin kamu akan mengalami iritasi mata. Pasalnya, riasan yang menempel pada area mata membuat kelenjar pada kelopak mata tersumbat, sehingga timbul kemerahan dan kekeringan. Jika tidak ada lubrikasi dari minyak alami yang cukup, air mata bisa cepat menguap, sehingga timbul iritasi.

Risiko lainnya adalah bintitan. Bintit timbul akibat infeksi yang berkembang pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata. Bintit bisa timbul pada kelopak mata, di bawah kelopak mata, dan garis bulu mata.

“Keringat dan panas dapat mengakibatkan eyeliner dan maskara masuk ke mata, sehingga mengakibatkan iritasi. Jerawat juga bisa terjadi. Kelopak mata tipis, tapi sensitif dan iritasi di area tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman,” jelas Chen.

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry