Nicki Minaj Sebut Vaksin Corona Bikin Testis Bengkak, Begini Respons Ahli

Nicki Minaj Sebut Vaksin Corona Bikin Testis Bengkak, Begini Respons Ahli
Nicki Minaj (Foto: FilmMagic)

Jumlah orang yang divaksin terus bertambah. Hingga Selasa (14/9) lalu, seperti dikutip YUKK dari Our World in Data, India tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang sudah divaksin, yaitu 181,05 juta orang yang mendapatkan 2 dosis vaksin dan 390,61 juta orang yang mendapatkan 1 dosis vaksin. Amerika Serikat berada pada urutan kedua dengan 179,29 juta orang yang mendapatkan 2 dosis vaksin dan 209.98 juta orang yang baru mendapatkan 1 dosis vaksin.

Memang jumlah orang yang divaksin terus bertambah. Namun, jumlah orang yang belum divaksin pun masih banyak. Di Amerika Serikat, seperti dikutip dari npr.org, banyak orang menolak untuk divaksin karena merasa sehat.

Kamu Harus Tahu: Ini Efek Samping Vaksin Moderna
Vaksin Moderna (Foto: AFP)

Salah satu orang yang hingga hari ini belum mau divaksin adalah Nicki Minaj. Dikutip YUKK dari nbcnews.cm, rapper kelahiran Trinidad dan Tobago berusia 38 tahun itu, pada Senin (13/9) lalu, menolak menghadiri Met Gala 2021 lantaran vaksin Covid-19 dijadikan syarat untuk bisa menghadiri acara itu. Dia mengaku masih ingin mencari tahu banyak informasi lain tentang vaksin Covid-19.

Tambahan lagi, dia mengatakan bahwa teman sepupunya yang berada di Trinidad dan Tobago mengalami pembengkakan testis dan menjadi impoten—yang kemudian membuatnya membatalkan pernikahannya—setelah divaksin. Dengan segera klaimnya ini mendapatkan respons dari warganet. Benarkah vaksin Covid-19 bisa bikin testis laki-laki bengkak dan menjadi impoten?

Menteri Kesehatan Trinidad dan Tobago, Dr. Terrence Deyalsingh, membantah klaim Nicki. Dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip YUKK dari kxan.com, Dr. Deyalsingh mengatakan bahwa dia dan tim sudah membuang banyak waktu untuk menelusuri klaim palsu ini.

Kamu Harus Tahu: Ini Efek Samping Vaksin Moderna
Ilustrasi (Foto: SINDOnews)

“Salah satu alasan kami tidak merespons langsung klaim Minaj adalah karena kamu harus memeriksa dan memastikan apa yang dia klaim benar atau salah. Sayangnya kami membuang banyak waktu kemarin untuk mencari tahu klaim yang salah ini,” katanya.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa tidak laporan terkait efek samping dari vaksin Covid-19.

“Kami membuang-buang waktu untuk mencoba melacaknya karena kami menanggapi klaim ini dengan serius. Tidak ada laporan tentang pembengkakan testis di Trinidad. Tidak juga di dunia,” tegasnya.

Respons ahli
CDC (Centers for Disease Control and Prevention), lembaga pengendalian dan pencegahan penyakit dari Amerika Serikat, menanggapi klaim Nicki Minaj. Mereka mengatakan bahwa hingga hari ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan masalah kesuburan. Mereka mendorong warga Amerika Serikat yang belum divaksin untuk segera divaksin.

Kamu Harus Tahu: Ini Efek Samping Vaksin Moderna
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Dr. Anthony Fauci, ahli penyakit menular ternama, juga ikut menanggapi klaim Nicki. Dia menyayangkan sikap sang rapper yang mencuitkan sesuatu tanpa basis ilmiah.

“Tidak ada bukti bahwa itu terjadi; juga tidak ada alasan mekanistik untuk membayangkan bahwa itu akan terjadi,” jelasnya seperti dikutip dari The Sun.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry