Negara Mana Saja yang Paling Menyayangi Perempuan?

negara yang paling menyayangi perempuan
Ilustrasi (Foto: sexyandsparkling.com)

Keamanan dan kenyamanan perempuan masih menjadi masalah besar. Dari tahun ke tahun, angka kekerasan terhadap perempuan, baik kekerasan fisik maupun psikologis, terus meningkat. Dan itu terjadi hampir di seluruh belahan dunia.

Tak bisa disangkal bahwa, sampai saat ini, menciptakan situasi yang aman dan nyaman untuk perempuan adalah pekerjaan rumah hampir seluruh pemimpin bangsa. Sebuah pekerjaan rumah yang tidak ringan. Tidak ringan karena ada begitu banyak faktor yang harus diperhatikan. Namun, itu tidak berarti bahwa pekerjaan rumah itu tidak bisa dilakukan. Tidak berarti bahwa menciptakan situasi yang aman dan nyaman untuk perempuan adalah hal yang mustahil.

Sejarah mencatat bahwa beberapa negara berhasil berbenah, sehingga menjadi tempat yang paling aman untuk perempuan. Mereka melakukan berbagai upaya untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan perempuan. Di negara-negara itu, perempuan dilindungi dan disayangi. Berikut beberapa negara, seperti dilansir dari sofeminine.co.uk, yang sangat menjaga keamanan dan kenyamanan perempuan:

Islandia

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: pinterest.co.uk)

Islandia melakukan refleksi yang dalam tentang efek negatif dari industri seks bagi perempuan. Setelah melakukan penelitian yang menyeluruh, mereka mengambil beberapa langkah tegas. Pada tahun 2010 lalu, mereka melarang hadirnya klub telanjang. Mereka tercatat sebagai satu-satunya negara yang melarang hadirnya klub telanjang bukan karena motif agama.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: bola.net)

Langkah tegas lainnya adalah melarang pornografi internet. Karena beberapa langkah tegas itu, Islandia tercatat sebagai negara paling aman untuk perempuan. Di negara ini, perempuan bisa menjadi pemimpin. Dan sebagian besar anggota parlemen adalah perempuan.

Finlandia

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: www.tes.com)

Tahun lalu, dalam Global Gender Gap Index, Finlandia menempati urutan kedua. Yang pertama adalah Islandia. Sama seperti Islandia, Finlandia juga memperjuangkan hak-hak perempuan. Mereka punya undang-undang kesetaraan. Undang-undang ini mengatur tentang kesetaraan gender perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: Twitter)

Ada 4 badan pemerintahan yang bertugas memastikan bahwa kesetaraan gender selalu dijaga dan dijalankan dalam segala bidang. Pemerintah memberikan cuti melahirkan kepada perempuan selama 263 hari. Pemerintah juga menyediakan tempat penitipan anak. Pada tahun 1906, Finlandia tercatat sebagai negara pertama yang menjamin hak perempuan untuk ikut pemilihan umum dan menjadi anggota parlemen.

Swedia

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: tronador.deviantart.com)

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) memilih Swedia dan Finlandia sebagai negara contoh atas usaha mereka menerapkan kesetaraan gender. Di Swedia, penyumbang pendapatan terbesar adalah perempuan. Mengapa? Karena 77% dari populasi pekerja di Swedia adalah perempuan.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: tronador.deviantart.com)

Dunia mencatat Swedia sebagai negara keempat yang jumlah penduduk perempuannya memegang posisi penting dalam pemerintahan. Mereka bahkan punya badan pemerintahan yang bertugas memastikan kesetaraan gender berjalan baik, yaitu Kementerian Integrasi dan Kesetaraan Gender dan Sekretariat Penelitian Gender. Seorang ibu yang baru saja bersalin diberikan cuti selama 69 minggu.

Norwegia

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: www.forkengine.com)

Norwegia tercatat sebagai negara pertama yang meloloskan aturan tentang kesetaraan gender (1970). Sebagai bagian dari peraturan ini, mereka membentuk badan pemerintah yang bertugas menegakkan peraturan tentang kesetaraan gender dalam bidang bisnis, politik, dan rumah tangga. Mereka membentuk komite yang bertugas mengurus pengaduan masalah tentang kesetaraan gender ini.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: thescreamfromnature.com)

Norwegia juga punya aturan tentang pengasuhan anak. Di sini, para ayah memiliki hak cuti selama 12 minggu untuk mengurus anak mereka. Hak cuti itu bisa mereka ambil kapan saja.

Selandia Baru

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: media.newzealand.com)

Inilah negara pertama di dunia yang memberikan wanita hak untuk memilih dalam bidang politik (1893). Pada tahun 2000 silam, 5 posisi terpenting di bawah Konstitusi Selandia Baru, termasuk ratu, gubernur, perdana menteri, juru bicara parlemen, dan presiden mahkamah konstitusi,  dipegang oleh perempuan.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: www.parliament.nz)

Sheryl Sandberg, seorang tokoh feminis terkenal, sering menyebut Selandia Baru sebagai salah satu negara terbaik yang berpikiran maju untuk masalah kesetaraan.

Britania Raya

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: www.teambath.com)

Benar bahwa Inggris, Skotlandia, dan Wales tidak memiliki aturan yang begitu cemerlang seperti Islandia, Finlandia, Norwegia, dan Swedia. Namun, mereka melakukan usaha konkret untuk memastikan perempuan hidup aman dan nyaman.

Negara yang paling menyayangi perempuan
(Foto: spartansironsandblues)

Mereka, misalnya, memberlakukan aturan persalinan gratis. Biaya kesehatan ditanggung pemerintah. Itulah mengapa angka kematian ibu di Britania Raya terendah di dunia. Sebaliknya angka anak perempuan yang kuliah tinggi. Sekitar 55 persen pendaftar perguruan tinggi adalah perempuan. Dan mereka menjatuhkan hukuman kepada pelaku kekerasan seksual. Hukuman atas kekerasan seperti itu tercatat sebagai yang terbaik di dunia.

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
2
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry