Merayakan Jazz dalam Keberagaman

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Konferensi pers (Foto: Aldo/Independent Observer)

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 digelar pada 2—4 Maret mendatang. Festival tahunan ini adalah sebuah persembahan berkelas dunia dari PT Java Festival Production untuk Indonesia. Sebuah langkah konkret untuk membangun dan memajukan dunia musik tanah air. Langkah ini sudah dimulai sejak tahun 2005 silam.

Baca juga : Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 Hadir untuk Anak Muda

Kali ini, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dipilih menjadi area penyelenggaraan festival jazz terbesar di Asia ini. Akan ada 10 panggung, indoor dan outdoor, yang dibangun untuk menghadirkan para musisi kelas atas dari seluruh dunia.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Dewi Gontha dan tim yang terlibat dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 (Foto: kompas.com)

“Penyuguhan BNIJJF 2018 kali ini akan berada di 10 panggung, indoor dan outdoor, dengan ragam artis dan jenis musik yang luas, sehingga mampu menyuguhkan festival untuk semua orang dan kalangan,” kata Dewi Gontha, Direktur Utama PT Java Festival Production, dalam konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (18/1) lalu.

Dengan tagline “Celebrate Jazz in Diversity”, Jakarta International BNI Java Jazz Festival ke-14 ini mempersembahkan musik jazz dengan berbagai turunannya dalam sebuah bingkai yang megah. Para penyuka musik jazz akan bisa lebih dekat menikmati berbagai rangkaian komposisi yang renyah di telinga dan mudah meresap ke dalam hati. Mulai dari suara indah Dionne Warwick, legenda jazz dari negeri Paman Sam, hingga kelokan merdu Glenn Fredly, lelaki hitam manis dari Ambon. Mulai dari notasi elegan The Danish Radio Big Band dari Denmark hingga komposisi manis dari Tomorrow People Ensemble dari Indonesia.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Lee Ritenour (Foto: Toshi Sakurai)

“Tidak ada pengurangan unsur jazz pada BNIJJF2018. Yang terjadi adalah kami memperkayanya mulai dari nama Lee Ritenour, pemain gitar jazz asal Amerika, hingga Daniel Caesar yang mendapatkan nominasi ‘Best R&B Performance’ untuk Grammy Awards 2018. Dari Indonesia, kami memiliki legenda jazz, Margie Segers, hingga penyanyi yang selalu digandrungi, Glenn Fredly. Ini adalah festival untuk semua pencinta musik,” jelas Dewi.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Jhene Aiko (Foto: In Style)

Selain Dionne Warwick, Daniel Caesar, Lee Ritenour, dan The Danish Radio Big Band, para musisi dunia yang akan mengisi Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 adalah Lauv, Matthew Whitaker Trio, Avery Sunshine, JP Cooper, Kennedy Administration, Ivan Lins, Newyork Voices, Jhene Aiko, BJ The Chicago Kid, Maysa Leak, The Commodores, Vanessa Williams, Ron King Big Band, The Urban Renewal Project, Curtis Stigers, dan masih banyak lagi nama besar lainnya. Dari Indonesia, selain Glenn Fredly dan Tomorrow People Ensemble, ada juga Kunto Aji, Nonaria, Andien, Dira Sugandhi, Adhitia Sofyan, Java Jive x Fariz RM, Maliq & D’essentials, Tashoora, The Daunas, dan masih banyak lagi.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Glenn Fredly (Foto: Republika)

Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa musisi ternama yang bakal memeriahkan pesta jazz terbesar di Indonesia ini. Namun, Dewi belum mau membocorkan nama-nama musisi itu.

“Akan ada beberapa nama yang sebenarnya belum boleh announced. Seminggu lagi. Sebenarnya kalau kita ngomong program pun sudah lebih dari 100 performer,” katanya.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018
Dionne Warwick (Foto; www.dionnewarwick.us)

Festival musik tahunan bertaraf internasional ini didukung oleh banyak pihak. Selain BNI, Garuda Indonesia, dan Avrist, masih ada banyak sponsor yang ikut mendukung acara yang sangat penting untuk perkembangan dunia musik di Indonesia ini. Salah satunya adalah YUKK, sebuah aplikasi yang mempermudah gaya hidup masyarakat modern.

Baca juga : Goo Goo Dolls Akan Meriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry