Menu Sarapan untuk Mereka yang Menderita Gangguan Lambung

Menu untuk penderita gangguan lambung
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidak ada yang ingin menderita gangguan yang satu ini: gangguan lambung. Sedikit saja terlambat makan, lambung langsung bermasalah. Makanan yang dikonsumsi pun tidak bisa “sembarangan”.

Lalu makanan seperti apa yang cocok untuk para penderita gangguan lambung ini? Live Strong membuat daftar beberapa jenis makanan yang tepat untuk para penderita gangguan lambung. Makanan-makanan ini sangat tepat menjadi menu sarapan.

Kecambah brokoli

Menu untuk penderita gangguan lambung
(Foto: iStock)

Kecambah mengandung banyak serat. Kandungan itu membuatnya menjadi makanan yang sangat tepat dikonsumsi penderita gangguan lambung. Hasil penelitian Cancer Prevention Research menunjukkan bahwa kecambah brokoli dapat mengurangi gejala gastritis karena sulforaphane, senyawa yang ada di dalam brokoli, mempunyai sifat antibakteri. Selain itu, brokoli juga dapat mencegah kanker. Para penderita gangguan lambung dianjurkan untuk makan kecambah brokoli setidaknya satu cup setiap hari selama 8 minggu.

Kentang

Menu untuk penderita gangguan lambung
(Foto: Freepik)

Saatnya untuk mengganti nasi dengan kentang. Kentang bisa menjadi menu sarapan yang lebih sehat. Apalagi kamu adalah penderita gastritis. Penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester menunjukkan bahwa orang-orang yang meminum jus kentang mentah bisa sembuh dari gastritis. Mengapa? Karena dalam kentang ada senyawa yang anti terhadap bakteri Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan infeksi dalam saluran pencernaan dan mendorong timbulnya peradangan di lambung.

Selain jus kentang, penderita gangguan lambung bisa juga mengonsumsi kentang kukus. Teksturnya yang padat dan kandungan karbohidrat yang banyak dapat meredakan rasa perih pada dinding lambung. Namun, hindari kentang goreng karena kandungan lemak dapat membuat radang lambung semakin parah.

Yang mengandung probiotik

Menu untuk penderita gangguan lambung
(Foto: Freepik)

Yogurt organik, kefir, dan makanan yang mengandung probiotik lainnya merupakan menu sarapan yang aman untuk penderita radang lambung. Probiotik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan bakteri baik dan bermanfaat untuk tubuh. Kedua jenis bakteri ini dapat mengatasi masalah pencernaan. Membantu sistem pencernaan untuk menyerap dan mencerna nutrisi.

Pada umumnya, penderita gastritis mengalami kekurangan vitamin B12. Salah satu makanan yang kaya akan vitamin B12 dan mengandung probiotik adalah yogurt. Dilansir American Journal of Clinical Nutrition, rutin mengonsumsi yogurt yang mengandung probiotik setiap hari bisa membantu mengontrol H. pylori.

Teh hijau

Menu untuk penderita gangguan lambung
(Foto: KMNPhoto)

Jangan minum susu, keju, dan krim pada pagi hari karena mengandung kalsium dan asam amino. Kandungan itu bisa meningkatkan asam lambung. Minuman seperti jus jeruk, tomat, dan kopi juga sebaiknya dihindari.

Lalu apa yang sebaiknya diminum? Minumlah secangkir teh hijau yang masih hangat. Teh hijau mengandung senyawa anti peradangan anti bakteri. Menurut studi dari UCLA School of Public Health and Jonsson Comprehensive Cancer Center, teh hijau mengandung antioksidan yang menghambat semakin parahnya gastritis kronis.

Madu alami

Menu untuk penderita gangguan lambung
(Foto: Freepik)

Segelas madu harus masuk sebagai salah satu menu sarapanmu. Mengapa? Karena madu mengandung komponen penting yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Selain itu, madu juga mengandung senyawa antibakteri yang berguna untuk mengontrol H. pylori dan membantu dalam mengatasi masalah gastritis. Meminum madu hangat ketika perut masih kosong ini dapat membantu membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan serta melindungi lambung dari bakteri berbahaya.

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry