Menikmati Pesona Pasir Timbul di Tengah Laut di Flores Timur

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Wisatawan menikmati keindahan Pasir Timbul Meko (Foto: Instagram/@traveler_ntt)

Pulau Komodo, Pantai Pink, Danau Kelimutu, Taman Laut, Kampung Adat Bena, dan Semana Santa. Mungkin itu adalah beberapa destinasi wisata di Pulau Flores yang sudah sangat familiar. Para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, mungkin akan menyebut nama-nama itu ketika ditanya apa yang menarik dari dan di Flores.

Hanya itu yang menarik? Luangkan waktumu dan terbanglah ke ujung timur Flores. Di Desa Turubean, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, kamu bisa menikmati momen matahari terbenam. Sebuah momen yang mungkin tidak akan bisa kamu bahasakan. Matahari seolah-olah ditaruh di ujung laut dan perlahan bergerak menghilang.

Dari Turubean, kembalilah ke Larantuka. Lalu berlayarlah dengan kapal motor menuju Pelabuhan Tobilota. Pelabuhan ini terletak di Kecamatan Watan Ulu Mado. Kira-kira 10 menit dari Pelabuhan Larantuka.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Keindahan panorama Flores Timur (Foto: Shutterstock)

Tiba di Pulau Adonara, sewalah kendaran roda empat atau dua menuju Dusun Meko. Dusun ini terletak di Kecamatan Witihama. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Tobilota.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Warga Suku Bajo (Foto: Kementerian Pariwisata)

Dusun ini dihuni oleh Suku Bajo. Seperti yang sudah diketahui, mata pencaharian Suku Bajo adalah nelayan. Mereka adalah nelayan tangguh. Mintalah mereka untuk mengantarkanmu ke Pasir Timbul Meko.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Pasir Timbul Meko (Foto: Istimewa)

Pasir Timbul Meko, seperti dirilis oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dalam siaran pers pada Minggu (27/1) lalu, telah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Flores Timur. Selalu saja datang para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk menikmati hamparan pasir timbul di tengah laut.

Hamparan pasir timbul di tengah laut itu disebut Pasir Timbul Meko. Dinamai pasir timbul karena menyerupai gundukan pasir di tengah laut. Tak ubahnya sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Luasnya kurang lebih 1 km2.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Air laut yang bening (Foto: lostpacker.com)

Hamparan pasir putih dan sedikit berwarna pink itu kontras dengan warna laut yang hijau kebiruan. Lepaskan alas kakimu dan rasakan kehangatan pasir putihnya. Sejenak ceburkan dirimu ke dalam laut yang dingin dan menyegarkan itu.

Jangan khawatir bahwa kamu akan terseret gelombang deras ketika kamu berenang. Tak ada ombak di pantai pasir itu. Yang ada hanyalah riak-riak kecil yang menyapu pasir putih yang lembut. Jika air laut pasang, pulau itu akan tenggelam.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
Hanya ada riak kecil (Foto: lostpacker.com)

Sepanjang perjalanan menuju Pasir Timbul Meko itu kamu bisa menikmati keindahan Laut Meko. Airnya jernih bak kaca. Terumbu karang berwarna-warni seolah memanggilmu untuk menikmatinya. Sangat menakjubkan.

Pesona Pasir Timbul Meko di Flores Timur
(Foto: Indonesiamagz.id)

Laut yang biru ini seperti dibungkus oleh sebuah lansekap yang indah. Gunung Boleng berdiri gagah di kejauhan. Bukit Sandosi dan Pulau Lembata berdiri pada sisi kiri dan kanan. Gunung yang lain berdiri di depan. Sebuah lansekap cantik yang seolah-olah diletakkan begitu saja oleh Tuhan di Flores Timur.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry