Mengapa Tulisan Tangan Dokter seperti Cakar Ayam?

Mengapa Tulisan Tangan Dokter seperti Cakar Ayam?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pernah lihat tulisan tangan dokter? Jika sudah, kamu pasti bingung. Apa yang tertulis di situ tidak mudah dibaca. Itulah mengapa orang menyebut tulisan tangan dokter bak cakar ayam. Sampai-sampai ada guyonan bahwa apoteker adalah tenaga yang dilatih hanya untuk membaca tulisan tangan dokter.

Mengapa tulisan tangan dokter bisa sesulit itu untuk dibaca? Apakah memang harus begitu supaya pasien tidak tahu jenis obat atau penyakit apa yang dideritanya? Ataukah karena memang tulisan tangan dokter memang seperti itu?

Menurut Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CISC, tulisan dokter sulit dibaca karena dokter menulis dengan cepat.

Mengapa Tulisan Tangan Dokter seperti Cakar Ayam?
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

“Seorang tenaga kesehatan memiliki volume layanan yang cepat. Maka kecepatan berpikir tidak mampu (menyaingi) kecepatan jari-jemarinya, sehingga kadang penulisannya begitu teramat indah; susah dibaca masyarakat,” katanya seperti dikutip dari ANTARA.

Menariknya adalah tulisan tangan para dokter ini bisa dibaca oleh apoteker dan petugas bagian farmasi.Namun, tidak jarang juga ahli farmasi melakukan validasi atas resep yang mereka terima. Selain itu, pasien juga diberikan penjelasan tentang obat apa yang mereka terima.

Mengapa Tulisan Tangan Dokter seperti Cakar Ayam?
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Saat ini, masalah tulisan tangan dokter yang sulit dibaca itu sudah mulai bisa teratasi dengan adanya layanan telemedicine atau konsultasi dalam jaringan. Semakin banyak orang yang melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Meskipun demikian, apoteker tetap melakukan konfirmasi kepada dokter jika terdapat perubahan dalam resep elektronik.

“Kalaupun ada peralihan antara penggunaan peresepan konvensional yang sifatnya electronic based, maka tetap ada fungsi konfirmasi,” tegasnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry