Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?

Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Payment gateway adalah sebuah sistem transaksi dalam jaringan (online) yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit dan transfer bank, maupun pembayaran langsung lainnya seperti direct debit dan e-wallet (dompet digital). Sistem ini makin banyak digunakan oleh pelaku bisnis seiring dengan makin tingginya minat masyarakat untuk melakukan transaksi dalam jaringan. Entah itu bisnis besar, entah itu bisnis kecil seperti UMKM.

Mengapa sistem ini menjadi pilihan para pebisnis? Karena sistem pembayaran ini menguntungkan. Tidak hanya menguntungkan pelaku bisnis, tetapi juga konsumen atau pembeli. Berikut ini ada 6 alasan utama mengapa payment gateway dapat meningkatkan bisnis online:

Tidak perlu banyak rekening

Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Para pelaku bisnis online sering menghadapi masalah ini: konsumen tidak jadi beli barang atau jasa karena akun bank berbeda. Misalnya, “Tidak bisa pakai kartu bank ini, ya?” Tentu saja ini bukanlah masalah sepele karena ini berhubungan dengan pendapatan.

Dengan adanya payment gateway, sebuah merchant tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening bank. Payment gateway dapat menerima dana transfer dari beragam rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening miliki merchant. Pilihan pembayarannya pun beragam. Mulai dari direct debit, kartu kredit, hingga pembayaran melalui dompet digital.

Data tidak bocor

Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Selain beda akun bank, ada masalah lain yang sering dihadapi pelaku bisnis: konsumen tidak mau bertransaksi dengan kartu kredit karena khawatir akan kebocoran data kartu kreditnya. Hal ini bisa dimaklumi karena sudah sering terjadi masalah kebocoran kartu kredit nasabah yang melakukan transaksi online. Data-data nasabah itu kemudian disalahgunakan untuk melakukan kejahatan.

Dengan payment gateway, nasabah kartu kredit tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan transaksi. Pasalnya, payment gateway telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai. Ada 3 sistem kemanan yang digunakan, yaitu address verification system, card security code, dan 3D secure password.

Tidak perlu repot

Apa Itu Payment Gateway?
Ilustrasi (Foto; Crello)

Manfaat lain dari penggunaan payment gateway adalah pebisnis tidak perlu repot menghitung pajak, ongkos kirim, dan lainnya. Pasalnya, penyedia jasa payment gateway menyediakan program software yang menghitung semua biaya itu secara otomatis segera setelah konsumen melakukan checkout.Jadi, pebisnis tidak perlu lagi menghitung besarnya pajak, ongkos kirim, dan lainnya secara manual.

Meminimalisir kesalahan transaksi

Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Tak jarang terjadi kesalahan dalam transaksi online. Misalnya, kelebihan atau kekurangan bayar. Atau juga transfer ke nomor rekening yang salah. Hal ini bisa terjadi jika pebisnis memilih sistem transaksi perbankan seperti pada umumnya (memasukkan nominal transfer secara manual). Kesalahan ini bisa diminimalisir dengan sistem payment gateway karena yang digunakan adalah virtual account dimana konsumen tidak perlu lagi memasukkan nominal transfer dan nomor rekening tujuan.

Meminimalisir risiko fraud

Mengapa Payment Gateway Dapat Meningkatkan Bisnis Online?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Penipuan sering terjadi dalam transaksi online. Ada oknum mengaku sudah mentransfer sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang atau jasa yang sudah dibeli. Untuk menguatkan klaimnya, oknum itu mengirimkan bukti transaksi yang palsu.

Hal seperti ini tidak akan terjadi jika pebisnis menggunakan sistem payment gateway. Mengapa? Karena payment gateway sudah dilengkapi dengan fraud detection system. Sistem ini akan mencegah terjadinya kecurangan dalam proses transaksi.

Mega Promo: Cashback 90.000 YUKK Point untuk Tagihan Gas
(Foto: dok. YUKK)

Saat ini, sudah tersedia banyak payment gateway. Salah satunya adalah aplikasi YUKK. Melalui YUKK, para pengguna bisa melakukan banyak transaksi. Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Transaksimu melalui YUKK dijamin aman karena YUKK sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia untuk menjadi penerbit uang elektronik, penyelenggara transfer dana, dan penyelenggara QRIS. Selain itu, YUKK juga sudah terdaftar sebagai anggota ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry