Mengapa Paru-Paru Yon Koeswoyo Bolong?

Mengapa Paru-Paru Yon Koeswoyo Bolong?
Yon Koeswoyo (Foto: lazone.id)

Yon Koeswoyo meninggal dunia di kediamannya di Jl. Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada Jumat (5/1) pagi. Ia meninggal pada usia 77 tahun.

Menurut Gerry Koeswoyo, putra sulung legenda musik itu, mendiang meninggal dunia karena menderita penyakit komplikasi. Sebelum meninggal dunia, ia sempat dirawat di rumah sakit selama 5 hari.

“Kronologinya memang sebelumnya sakit komplikasi. Sudah dirawat di rumah sakit selama 5 hari, tapi beliau mau pulang. Maunya di rumah saja,” katanya seperti dilansir dari kompas.com.

Mengapa Paru-Paru Yon Koeswoyo Bolong?
Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka (Foto: okezone.com)

Sebenarnya sudah 2 tahun belakangan ini Yon keluar-masuk rumah sakit. Pada tahun 2016 lalu, seperti diberitakan CNN Indonesia, Yon mengatakan bahwa ia sempat diopname di rumah sakit pada bulan Mei—Juni.

“Saya kemarin diopname sebulan lebih. Katanya tidak ada harapan. Tapi karena doa Anda semuanya, saya diberi kesembuhan,” katanya waktu itu.

Salah satu masalah serius yang dialaminya ketika itu adalah sesak napas. Lantaran paru-parunya bolong, ia sering mengalami sesak napas. “Tuhan kasih peringatan kepada saya. Organ tubuh sudah seperti itu. Dihajar satu bulan opname,” katanya.

Mengapa paru-paru bolong?
Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi tentang mengapa musisi senior itu meninggal dunia. Sejauh yang orang tahu, ia meninggal dunia karena penyakit komplikasi. Selain diabetes, ia diketahui menderita paru-paru bolong?

Mengapa Paru-Paru Yon Koeswoyo Bolong?
ilustrasi paru-paru bocor (Foto: google)

Apa itu paru-paru bolong? Mengapa bisa terjadi paru-paru bolong? Paru-paru bolong merujuk pada paru-paru bocor karena adanya gumpalan udara yang sangat banyak di dalamnya. Keadaan ini bisa juga disebabkan oleh peradangan dan infeksi paru-paru.

Dilansir dari alodokter.com, paru-paru bolong merupakan istilah yang menunjukkan adanya beberapa jenis kelainan dan kerusakan paru. Paru-paru bolong bisa disebabkan oleh beberapa penyakit. Salah satunya adalah tuberkulosis paru. Tuberculosis paru adalah infeksi paru oleh mycobacterium tuberculosis.

Penyakit lainnya yang ikut menyebabkan paru-paru bolong adalah abses paru (adanya nanah di dalam paru-paru), bronkiektasis (infeksi pada saluran napas bawah sehingga jaringan paru melebar, dan kanker paru. Penyebab lainnya adalah trauma berat karena patah tulang rusuk.

Mengapa Paru-Paru Yon Koeswoyo Bolong?
ilustrasi sesak napas (Foto: google)

Gejala paru-paru bolong ini, antara lain, adalah cepat lelah, lesu, lemah, dan batuk darah. Nafsu makan penderita paru-paru bolong juga menurun drastis, sehingga berat badan pun turun.  Udara yang berkumpul di sekitar paru-paru juga akan mengganggu kemampuan dan kinerja paru-paru. Ketika gangguan itu terjadi, penderita paru-paru bolong seperti Yon Koeswoyo akan mengalami sesak napas.  Karena sesak napas, penderita akan mengalami masalah lain seperti sakit kepala atau pusing dan mudah lelah.

#YUKKpakeYUKK

 

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry