Mengapa Jepang Begitu Bersih? (1)

Mengapa Jepang begitu bersih?
Salah satu sudut Jepang (Foto: matcha-jp)

Di Asia, Jepang terkenal sebagai “negara disiplin”. Negara dengan penduduk yang tidak suka terlambat masuk kantor, masuk sekolah, atau ketika bertemu dengan orang. Mereka selalu tepat waktu.

Kedisiplinan orang Jepang tidak melulu berhubungan dengan waktu. Kedisiplinan juga berhubungan dengan kebersihan. Lebih tepatnya berdisiplin dalam menjaga kebersihan.

Lihatlah berbagai sudut kotanya. Bersih dan tertata. Tidak ada sampah yang berserakan. Tidak ada puntung rokok yang berceceran. Bahkan sehelai daun kering pun tidak akan kamu temui di atas trotoar.

Mengapa Jepang begitu bersih?
Salah satu sudut Stasiun Tokyo yang bersih

Sekarang, pandanglah sejenak Tokyo Station. Itu adalah stasiun paling sibuk di Jepang. Sekitar 3.000 kereta datang dan pergi dari stasiun ini. Demikian juga ribuan orang datang dan pergi dari stasiun ini. Namun, kamu tidak akan melihat satu potong sampah pun di setiap sudut stasiun. Bersih.

Mengapa Jepang begitu bersih? Karena mereka hidup dalam disiplin yang tinggi: disiplin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dan kedisiplinan seperti ini, seperti dilansir bbc.com, adalah salah satu isi agama yang mereka anut: Shinto.

Mengapa Jepang begitu bersih?
Salah satu penganut Shinto (Foto: Wikimedia)

Perlu diketahui bahwa sebelum Buddha masuk ke Jepang, Shinto sudah lebih dahulu ada. Shinto berarti jalan para Dewa. Dalam Shinto, kebersihan adalah salah satu ajaran penting. Dengan demikian, menjaga kebersihan adalah salah satu bentuk realisasi kesalehan pribadi.

“Jika suatu individu terpapar kegare (ketidaksucian atau kotoran), seluruh masyarakat akan kena dampak buruknya. Jadi, sangat vital untuk mempraktikkan kebersihan. Ini memurnikan Anda dan membantu menolak bala ke masyarakat. Itulah mengapa Jepang adalah negara yang sangat bersih,” kata Noriaki Ikeda, asistem pemangku agama Shinto di Kuil Kanda, Hiroshima, seperti dilansir bbc.com.

Mengapa Jepang begitu bersih?
Anak-anak sekolah sedang membersihkan ruangan di sekolah (Foto: India Today)

Praktik kebersihan ini lalu dimasukkan dalam pelajaran sekolah. Selama 12 tahun pendidikan berlangsung, para murid diberikan jadwal untuk membersihkan lingkungan. Dan itu dilakukan setiap hari.

“Selama 12 tahun bersekolah, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, bersih-bersih adalah bagian dari jadwal rutin para pelajar,” kata Maiko Awane, Asisten Direktur Kantor Perwakilan Pemerintah Prefektur Hiroshima di Tokyo.

Mengapa Jepang begitu bersih?
Remaja Jepang bahu-membahu untuk membersihkan lingkungan (Foto: iStock)

Ketika sampai di sekolah, misalnya, para murid langsung melepaskan sepatu. Lalu sepatu itu mereka masukkan ke dalam loker masing-masing. Sebagai gantinya, mereka akan mengenakan alas kaki khusus.

Kembali ke rumah, mereka akan diingatkan lagi oleh orang tua mereka untuk menjaga kebersihan. Salah satunya adalah mandi. Bahkan mandi ini menjadi salah satu upacara keagamaan. Menjadi bersih adalah jalan menuju kesucian. Dan tinggal di tempat yang kotor adalah hal yang benar-benar buruk.

Mengapa Jepang begitu bersih?
(Foto: Japanese Station)

“Begitu pula di rumah. Orang tua mengajar kami bahwa kami harus menjaga barang-barang dan ruangan kami tetap bersih,” katanya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry