Mengapa Harus Berbuka Puasa dengan Makanan dan Minuman Manis?

Mengapa harus berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis
Ilustrasi (Foto: womantalk.com)

Ramadan sudah tiba. Seluruh umat muslim berpuasa selama sebulan. Tidak makan sejak subuh hingga matahari terbenam. Berpuasa hingga Idulfitri tiba.

Selama Ramadan ini, salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu adalah berbuka puasa. Bahkan itu adalah salah satu momen yang istimewa setelah menahan rasa haus dan lapar selama seharian. Momen untuk membatalkan puasa.

Mengapa harus berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis
(Foto: Istimewa)

Biasanya yang dimakan dan diminum pada saat berbuka puasa ini adalah makanan dan minuman yang manis. Mulai dari teh manis hingga kolak. Banyak juga yang memilih jus buah-buahan atau sari buah. Mengapa harus makanan dan minuman yang manis?

Harus diingat bahwa sejak terakhir kali kamu makan, yaitu saat sahur, simpanan gula darah dalam tubuhmu akan terus menurun sepanjang hari karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Gula darah adalah sumber energi utama tubuh. Itulah mengapa kamu mudah merasa lemas dan mengantuk ketika berpuasa.

Mengapa harus berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis
Kurma (Foto: Shutterstock)

Untuk menggantikan energi yang hilang itu, kamu harus berbuka dengan makanan dan minuman yang manis. Makanan dan minuman yang manis akan cepat meningkatkan kadar gula darah yang turun. Namun, jangan asal makan atau minum.

Pada umumnya, banyak orang memilih makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan. Sebut saja teh manis atau pisang goreng. Makanan dan minuman itu sebenarnya tidak memiliki gizi yang cukup untuk menggantikan nutrisi dan vitamin yang hilang ketika kamu beraktivitas. Makanan dan minuman manis itu justru bisa menurunkan gula darah dengan sangat drastis setelah makan. Akibatnya adalah kamu akan merasa lemas dan ngantuk setelah buka puasa.

Mengapa harus berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis
Smoothies (Foto: Foxys_forest_manufacture)

Menurut British Nutrition Foundation, tidaklah tepat untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis dengan gula tambahan. Tidak hanya karena bisa menyebabkan gula darah merosot drastis, asupan kalori dan gula yang terlalu banyak bisa membuat berat badan naik. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman manis alami yang mengandung serat dan nutrisi tinggi seperti jus buah atau smoothies, kurma, es buah tanpa pemanis tambahan, buah-buahan segar, buah kering, atau buah yang dibekukan.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry